5 Alasan Berkarier di Sektor FMCG Sangat Menjanjikan

Menurut Pongiannan dan Chinnasamy, Fast Moving Consumer Goods (FMCG) merupakan “produk yang pengguna akhir (end users) butuhkan untuk memenuhi keperluan hidup mereka sehari-hari”. Terdapat 3 kategori produk sektor FMCG, yaitu keperluan pribadi, kebutuhan rumah tangga, serta makanan dan minuman. Di semua penjuru dunia, konsumen mengeluarkan anggaran paling besar pada sektor ini.

Perusahaan-perusahaan bertaraf nasional dan multinasional telah mengoperasikan industri FMCG sehingga, saat ini, industri tersebut sudah bertumbuh pesat di setiap negara. Beberapa contoh perusahaan besar dunia yang menguasai sektor ini, antara lain Unilever, Procter & Gamble (P&G), dan Nestle. Kalau di Indonesia, ada Indofood, Wings Indonesia, Frisian Flag Indonesia, dan lain-lain.

Sejak dulu, perusahaan FMCG sudah menjadi idaman job hunters, mulai dari fresh graduate hingga yang sudah berpengalaman. Kira-kira, mengapa, ya? Supaya gak penasaran, berikut MySkill sajikan 5 alasan sektor FMCG merupakan pilihan karier yang menjanjikan.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Sektor FMCG Dipenuhi Merek-Merek Ternama

5 Alasan Berkarier di Sektor FMCG Sangat Menjanjikan
Punya impian kerja di perusahaan ternama seperti Coca-Cola? Berarti, kamu harus terjun ke dunia FMCG, nih

Apakah Sobat MySkill pernah bermimpi untuk bekerja di perusahaan merek-merek besar dunia? Nah, sektor FMCG adalah tempat yang tepat untuk mewujudkannya.

Bekerja untuk merek-merek ternama dunia, seperti Coca-Cola, Heinz, atau Unilever, pasti mempunyai prestise tersendiri. Sebab, hal ini dapat memberi kepuasan kerja yang luar biasa karena menyadari bahwa pekerjaanmu mampu memengaruhi kehidupan banyak orang.

Selain itu, ketika Sobat benar-benar memercayai suatu produk ternama karena telah menggunakannya setiap hari, muncul dorongan kuat dalam diri untuk berhasil dalam melakukan pekerjaan. 

2. Industri yang Bergerak Cepat dan Inovatif

5 Alasan Berkarier di Sektor FMCG Sangat Menjanjikan
Sobat bisa mewujudkan ide-ide kreatif nan unikmu di sektor FMCG

FMCG berkembang pesat dalam inovasi. Jadi, jika Sobat ingin merasakan bagaimana ide-ide baru dan cara berpikir yang berbeda dapat membuat perubahan besar dalam suatu industri, sektor ini mungkin cocok untukmu.

Industri yang bergerak cepat dan inovatif bisa menjadi wadah pengembangan diri, khususnya mengasah kreativitas. Ada banyak peluang di sektor FMCG jika Sobat ingin mewujudkan ide-ide kreatif dalam pekerjaan. Gimana, apakah kamu tertarik?

3. Perkembangan Karier yang Cepat

5 Alasan Berkarier di Sektor FMCG Sangat Menjanjikan
Karier melesat karena lingkungan kerja sektor ini juga bergerak cepat

Hampir setiap pekerja ingin kariernya melambung dengan cepat, ‘kan? Nah, perusahaan-perusahaan FMCG menawarkan hal tersebut.

Sebab, pada dasarnya, lingkungan kerja sektor FMCG bergerak dengan cepat. Alhasil, kemungkinan besar, kariermu akan berkembang dengan cepat pula.

4. Prospek Kerja Sektor FMCG Beragam

5 Alasan Berkarier di Sektor FMCG Sangat Menjanjikan
FMCG akan selalu populer karena melibatkan penjualan produk sehari-hari

Jika Sobat mencari pekerjaan di sektor yang aman, tidak ada banyak pilihan yang lebih aman daripada sektor FMCG, nih. Industri yang satu ini akan selalu populer karena melibatkan penjualan produk yang orang gunakan setiap hari sehingga penjualan merupakan aspek penting.

Walaupun memegang peranan penting dalam perusahaan FMCG, penjualan tetap tidak dapat berjalan lancar tanpa mereka yang bekerja di posisi pemasaran, analisis, dan manajemen. Oleh karena itu, perusahaan FMCG menyediakan beragam posisi pekerjaan, mulai dari marketing, operations, accounting, hingga manajemen.

5. Skill Lebih Diperhitungkan daripada Kualifikasi

5 Alasan Berkarier di Sektor FMCG Sangat Menjanjikan
FMCG adalah results-based industry sehingga hasil termasuk salah satu aspek yang krusial

Menggaet pekerja dengan gelar akademis dan kualifikasi yang tinggi mungkin akan membawa keuntungan bagi sebuah perusahaan. Namun, hal tersebut kurang berlaku dalam industri FMCG.

Menurut Mike James, dalam tulisannya di Undercover Recruiter, kesuksesan sebuah perusahaan FMCG lebih ditentukan oleh kerja keras dan hasil. Hal ini karena FMCG sendiri merupakan results-based industry atau ‘industri yang berbasiskan hasil’.

Jadi, sekalipun terbatas oleh kualifikasi akademis, Sobat masih punya kesempatan untuk meniti karier di sektor ini, nih.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Itulah 5 alasan sektor FMCG merupakan pilihan karier yang menjanjikan. Soal gaji, tidak perlu khawatir karena perusahaan FMCG berani menggaji tinggi karyawannya, lo! Selain itu, bekerja di bidang ini juga membantumu dalam pengembangan diri.

Nah, buat Sobat yang ingin meniti karier di bidang FMCG, kamu harus membangun skill, nih. Untuk itu, kamu bisa mengikuti e-learning dan bootcamp yang ada di MySkill. Topiknya beragam dan harganya juga terjangkau. Cek sekarang, yuk!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan