5 Contoh Kampanye Media Sosial yang Bisa Kamu Coba!

Seperti namanya, kampanye media sosial merupakan bentuk usaha marketing yang bertujuan untuk meningkatkan awareness, interest, dan loyalitas pelanggan terhadap suatu produk atau jasa dari sebuah perusahaan melalui media sosial. Campaign tersebut biasanya hadir dalam bentuk tagar dan telah terbukti keefektifannya. Buat kamu yang ingin membuat kampanye di media sosial untuk produkmu, yuk lihat 5 contoh campaign dari berbagai brand ternama berikut!

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

1. Mengajak Pengguna untuk Turut Berpartisipasi

Kampanye media sosial https://www.macrumors.com/2016/06/28/apple-shot-on-iphone-colors-campaign/
Partisipasi adalah kunci

Contoh kampanye media sosial pertama yang bisa kamu coba berasal dari salah satu perusahaan elektronik dan gawai terkemuka, yaitu Apple. Apple mempunyai campaign rutin berjudul “Shot on iPhone” untuk memasarkan produk ponsel cerdas mereka. Di dalam kampanye mereka, Apple mengajak semua pengguna iPhone untuk memotret berbagai gambar melalui gawai pribadi dan mengunggahnya ke internet.

Campaign ini sukses menarik perhatian berbagai kalangan, mulai dari pakar teknologi hingga fotografer terkemuka. Campaign tersebut juga membuat nama Apple dan iPhone semakin meledak, bahkan jumlah foto di Instagram yang menggunakan tagar tersebut mampu menembus angka 13 juta unggahan. Keren banget gak, sih?

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

2. Menunjukkan Kelebihan

Menunjukkan kelebihan untuk menarik pelanggan

Sebagai perusahaan yang sama-sama bergerak di bidang elektronik dan gawai, Samsung tentu saja gak mau kalah dari Apple. Mereka juga memiiliki campaign rutin bertajuk “Galaxy Unpacked”. Genderang perang dari kampanye ini mulai bergaung sejak masa-masa awal ‘perang dingin’ antarperusahaan smartphone pada tahun 2010 dan bertahan hingga saat ini.

Di dalam kampanyenya, Samsung membocorkan berbagai gadget baru dan fitur unggulannya melalui unggahan-unggahan di media sosial resmi milik mereka. Pada tahun 2019 Samsung memperkenalkan produk terbaru sekaligus tercanggih milik mereka, yaitu Galaxy Z Flip dan Galaxy Fold sebagai pelopor ponsel cerdas yang dapat kamu lipat.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Menjadi Berbeda

Kampanye media sosial https://www.youtube.com/watch?v=xxqzrfmvhwA
Gak ada yang salah dengan menjadi berbeda

Contoh kampanye media sosial yang ketiga ini pasti sudah tidak asing lagi di telingamu, kan? Tagar #NyatanyaNyegerin dan #NoBokiS bertebaran di berbagai social media dan memenuhi beranda, mulai dari Facebook, Instagram, hingga Twitter. Lantas apa sih penyebab campaign dari Sprite mampu menarik perhatian setiap orang dan menjadi trending?

Jawabannya tidak lain dan tidak bukan karena keunikannya. Sprite memulai kampanyenya dengan menayangkan sebuah video marketing sederhana dengan suara Cak Lontong yang seperti sedang berbicara dengan penonton. Konsep ini terbilang unik dan berbeda dari kebanyakan video pemasaran yang beredar.

4. Produk sebagai Solusi

Kampanye media sosial https://www.instagram.com/p/CX-ms2aP5t1/
Menjadi solusi bagi pengguna

Contoh social media campaign keempat yang bisa kamu coba datang dari salah satu startup di Indonesia yang bergerak pada bidang penyedia layanan telekomunikasi dan internet, yaitu by.U. Kampanye tersebut berjudul “Jadikan by.U yang kedua”. Loh, kok gitu? Biasanya setiap perusahaan selalu ingin jadi yang pertama. Kok by.U malah ingin jadi yang kedua? Apa alasannya?

Sebenarnya, mereka memulai kampanye tersebut karena menyadari kebanyakan rakyat Indonesia sudah memiliki provider utama. Namun, sebagian besar masyarakat masih merasa kebutuhannya belum terpenuhi dan membutuhkan provider tambahan yang mampu mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Di sanalah by.U hadir sebagai yang kedua dan mampu mengisi kekosongan tersebut. Bagus banget yah idenya!

5. Berikan Nilai-Nilai Khusus

Kampanye media sosial https://www.nunuhalimi.com/2019/05/mudahnya-berbagi-sahur-dengan-sahur-amal-pepsodent-herbal.html
Memberikan nilai dalam kampanye

“Tiap kemasan Pepsodent Herbal yang kita kirim akan jadi santapan sahur bagi yang membutuhkan.” Masih ingat gak dengan kutipan iklan di atas? Kutipan tersebut merupakan bagian dari campaign Pepsodent Herbal yang berjudul “Sahur Amal”. Setiap tahunnya, Pepsodent bersama masyarakat selalu menyemarakkan kampanye tersebut melalui berbagai media sosial.

Dari campaign tersebut kamu dapat belajar bahwa memasukkan nilai kedalam sebuah kampanye merupakan metode yang sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness dan interest dari produk atau jasamu.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Itu dia 5 contoh kampanye media sosial yang bisa kamu coba untuk produk atau jasamu! Buat kamu yang tertarik untuk Merancang Strategi Kampanye dan Media, kamu bisa bergabung di kelas Pemasaran Digital yang telah tersedia di MySkill.id! Di sana kamu akan belajar bersama mentor-mentor berpengalaman, loh! Selain itu, masih ada banyak kelas dan bootcamp lainnya untuk meningkatkan skill-mu! Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera bergabung bersama MySkill.id!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Editor: Bynta Ayu Hanifa