Digital Marketing: Definisi, Tugas, Gaji dan Skill yang harus Dikuasai

5 min read

Digital marketing

Sobat MySkill, kamu tahu kan? Saat ini, teknologi sangat berpengaruh untuk membantu banyak aspek kehidupan.

Dalam konteks dunia kerja, pemanfaatan teknologi begitu berguna untuk membantu kegiatan pemasaran. Dengan adanya pemanfaatan teknologi yang baik, perusahaan dan UMKM saat ini dapat menjangkau audiens dengan lebih luas. Selain itu, mereka memiliki kesempatan untuk memasarkan produk dan jasa melalui beragam pilihan platform.

Pada artikel kali ini, MySkill akan membahas serba-serbi profesi Digital Marketing, mulai dari cakupan, tugas, hingga skills yang harus kamu kuasai. Yuk, simak artikel ini!

Apa itu Digital Marketing?

Metode Pemasaran yang dilakukan secara Digital

Digital marketing atau yang biasa disebut sebagai pemasaran secara digital merupakan sebuah upaya pemasaran produk menggunakan internet atau media digital. Aktivitas ini bertujuan untuk menarik calon konsumen yang saat ini banyak menghabiskan waktu dengan media digital. 

Ada berbagai macam akses yang bisa kita lakukan untuk memasarkan produk secara digital, yaitu website, blog, dan juga media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, dan lainnya.

Digital marketing memberikan kemudahan dalam promosi untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dengan biaya yang lebih terjangkau. Hal ini juga bisa kita terapkan di semua jenis bisnis untuk meningkatkan pendapatan secara efektif.

Meskipun praktiknya online, tetapi penjual dan pembeli masih bisa melakukan komunikasi dua arah melalui platform kontak media sosial yang tersedia.

Tugas Digital Marketing

Seorang Digital Marketer perlu membuat perancanaan kampanye pemasaran dengan baik dan benar agar menguntungkan perusahaan

a) Melakukan pemasaran dan branding produk secara digital

Tidak bisa dipungkiri bahwa menjadi seorang digital marketer memang tidak mudah. Ia harus melakukan aktivitas marketing dan branding product perusahaan melalui strategi-strategi channel digital seperti membuat website, mengoptimasi SEO untuk website perusahaan, membuat campaign content marketing, optimasi SEM dalam melakukan iklan di social media, email marketing, dan meningkatkan engagement perusahaan melalui social media marketing.

b) Menyusun rencana promosi produk

Dalam membuat strategi promosi produk yang baik, tentu memerlukan perencanaan yang baik juga. Seorang Digital Marketer bertugas untuk menemukan ide ide yang menarik dalam mengembangkan perencanaan promosi produk itu sendiri.

c) Membuat konsep di berbagai platform sosial media yang digunakan

Dalam memasarkan produk, Digital marketer tak hanya bertanggung jawab untuk melakukan optimasi website perusahaan. Namun, ia juga harus membuat konsep dan merancang distribusi content campaign marketing melalui social media dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan engagement pelanggan.

d) Memelihara dan meningkatkan distribusi konten di media sosial

Pada tugas ini, digital marketer harus aktif dalam mendistribusikan konten melalui channel media sosial. Jika kontennya bagus, maka pelanggan akan tertarik dengan produk yang perusahaan tawarkan.

Setelah membuat dan mendistribusikan konten, mereka yang berkecimpung di dunia digital marketing harus interaktif dalam memberikan respon dari setiap komentar yang pelanggan berikan. Dengan begitu, engagement antara perusahaan dan juga pelanggan di media sosial akan semakin meningkat.

e) Mengoptimasi peringkat laman dengan menggunakan SEO

Apakah sobat my skill pernah mendengar istilah SEO? Yap, ini merupakan teknik optimasi agar website perusahaan dapat muncul di ranking teratas google menggunakan keyword tertentu.

Dalam hal ini, seorang digital marketer harus membuat website user–friendly yang menyesuaikan dengan branding perusahaan, melakukan keyword research, serta mengatur strategi konten sesuai dengan segmen atau audiens perusahaan.

Memang terlihat susah dan rumit, tetapi seorang digital marketer wajib untuk menguasai skills ini. Pasalnya, SEO Optimization terbilang cukup efektif dalam penggunaan bisnis, karena perusahaan akan mendapat hasil dalam jangka panjang.

Contoh kegiatan Digital Marketing

Kegiatan Digital Marketing ada banyak sekali, salah satunya meningkatkan engagement website perusahaan

a) Membuat Website

Hal pertama dan paling penting dalam menerapkan kegiatan Digital Marketing ialah membuat website. Platform ini merupakan identitas bisnis perusahaan untuk membangun citra baik dan reputasi profesional.

Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam membuat sebuah website, salah satunya menggunakan WordPress dengan membeli domain dan berlangganan hosting. Jika sudah mempunyai website, maka digital marketer bisa menerapkan strategi marketing lain di dalamnya.

b) Search Engine Optimization (SEO)

Untuk kegiatan yang satu ini, Digital Marketer memerlukan sebuah website untuk penerapan SEO (Search Engine Optimization). Seperti penjelasan di atas, tujuannya agar website selalu muncul di peringkat atas hasil pencarian google.
Ia juga perlu mempunyai skills research yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimalCara ini sangat efektif dalam meningkatkan jumlah pengunjung atau pembeli dalam jangka panjang.

c) Content Marketing

Aktivitas marketing yang satu ini Content Marketing, yaitu merupakan strategi pemasaran dengan mendistribusikan konten promosi seperti hard selling atau soft selling melalui berbagai channel social media perusahaan.

Seorang digital marketer dapat menggunakan berbagai macam konten digital mulai dari artikel, gambar produk, video dan lainnya harus digunakan pada sosial media perusahaan sebagai bentuk promosi atau berjualan. Konten yang akan dibuat secara berkala dan diposting melalui sosial media, blog, website yang dimiliki perusahaan.

d) Search Engine Marketing (SEM)

Aktivitas selanjutnya adalah beriklan, merupakan salah satu strategi digital marketing yang efektif untuk dalam melakukan promosi produk. Menggunakan iklan di mesin pencari atau search engine marketing merupakan cara untuk memperluas pemasaran digital dengan jangkauan pembeli yang lebih banyak.

Pada strategi ini, digital marketer bisa menggunakan Paid Per Click (PPC) untuk mengarahkan traffic ke website yang kamu miliki dengan sebuah iklan. Cara ini bisa kamu lakukan secara berbayar untuk mendapatkan slot teratas di pencarian Google dengan harga “per click”.

Selain itu, kelebihan lain dari SEM adalah kamu bisa mengukur prospek situs dan bisnismu kedepannya. Sebab, mesin pencari seperti Google biasanya akan memberi tahu berapa banyak klik yang akan perusahaan dapatkan.

e) Email Marketing

Email bisa menjadi salah satu jembatan dalam berkomunikasi dengan konsumen untuk mempromosikan produk perusahaan. Selain itu, perusahaan juga biasanya memberikan potongan harga yang sedang berlaku serta katalog produk yang sedang paling up to date. Dalam pembuatannya, digital marketer harus memakai email resmi perusahaan dan isinya harus mengarahkan calon pembeli untuk berkunjung ke website.

f) Social Media Marketing

Kegiatan Digital Marketing yang terakhir ini ialah Social Media Marketing, yaitu penggunaan platform media sosial untuk terhubung dengan konsumen untuk merek, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan traffic situs website perusahaan.

Social media marketing mengimplementasikan distribusi konten yang berkualitas, interaksi dengan konsumen, menganalisis hasil pemasaran dan memanfaatkan fitur iklan yang ada di setiap social media. Platform yang paling populer dalam social media marketing adalah dari facebook, instagram, twitter, TikTok, dan Youtube.

Skills yang perlu dikuasai seorang Digital Marketing

digital marketing
Mampu menganalisis dan optimasi SEO / SEM adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh Digital Marketer

a) Search engine optimization (SEO)

Skill pertama yang harus kamu kuasai jika ingin menjadi digital marketer adalah SEO. Sebab, SEO akan memudahkan perusahaan untuk mendapatkan ranking pertama di mesin pencarian google.

b) Search engine marketing (SEM)

Kemampuan ini hampir mirip dengan SEO sebelumnya, tetapi SEM ini lebih berfokus pada meningkatkan traffic website dengan sebuah iklan. Seperti penjelasan sebelumnya, SEM dapat kamu lakukan dengan cara berbayar.

c) Google Analytics

Keterampilan yang satu ini sangat dibutuhkan oleh seorang digital marketer, sebab dengan cara ini akan memudahkan ia dalam mengukur keberhasilan sebuah campaign marketing perusahaan.

d) Social Media Marketing

Apakah benar seorang digital marketer harus memiliki pemahaman yang luas terkait social media? Yup, tentu saja! Pasalnya, social media adalah salah satu sarana promosi dan interaksi yang paling berpengaruh dalam meningkatkan penjualan serta citra perusahaan.

Maka dari itu, dalam hal ini, akan lebih baik jika digital marketer tak hanya mampu membuat strategi social media dari segi konten, tapi juga dari sisi marketing

e) Content marketing

Seorang digital marketer wajib memiliki keterampilan ini, sebab dengan membuat konten seperti infografis, video, podcast, social media, website, dan email marketing yang dapat berdampak terhadap peningkatan penjualan produk saja, melainkan juga citra perusahaan.

Ingin Jadi Digital Marketer, Harus Lulusan Jurusan Apa?

lulusan digital marketing
Profesi yang sangat fleksibel sebab bisa di apply dari berbagai jurusan

Apakah hanya jurusan ekonomi, manajemen atau ilmu komunikasi saja yang cocok dan sesuai dengan prospek profesi Digital Marketing ini? Tentu tidak ya, Sobat! Profesi Digital Marketing sangat terbuka untuk semua lulusan dari berbagai jurusan, kok.

Jangan khawatir, saat ini banyak sekali pelatihan, course/bootcamp Digital Marketing online maupun offline yang bisa kamu ikuti guna meningkatkan pengetahuan, praktik serta membuat portofolio dalam bidang yang satu ini.

Gaji Digital Marketing

digital marketing
Mengerjakan pekerjaan yang cukup banyak, Digital Marketer memiliki gaji yang terbilang menggiurkan

Siapa disini yang penasaran dengan gaji seorang digital marketer? Yuk, intip seberapa besar gaji seorang Digital Marketer.  Menurut survei yang ada, berikut ini adalah perkiraan gaji seorang profesional yang bekerja di bidang Digital Marketing :

a) Digital Marketing Manager: IDR 12.000.000 – IDR 18.000.000

b) Digital Marketing Specialist: IDR 6.000.000 – IDR 10.000.000

c) Digital Marketing Staff: IDR 5.000.000 – IDR 8.000.000


Itu dia penjelasan singkat dari MySkill tentang Digital Marketing, mulai dari definisi, tugas, contoh, skill, jurusan kuliah yang cocok, serta gaji seorang digital marketer. Setelah mendapat gambaran melalui artikel ini, apakah kamu berminat berkarier sebagai Digital Marketer? Kamu bisa belajar di Fullstack Intensive Bootcamp Digital Marketing dari MySkill lho. Yuk, segera amankan slotnya dan belajar bersama MySkill!

Penulis: Arief Budiman

Editor: Intan Aulia Husnunnisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *