Intip Gaji Management Trainee, Kamu Tertarik Daftar?

Posisi Management Trainee di berbagai perusahaan merupakan incaran bagi banyak orang, khususnya untuk para fresh graduate. Bagaimana tidak, pasalnya posisi ini menawarkan gaji yang lumayan tinggi. Penasaran dengan besar nominalnya? Simak informasi di bawah ini dulu, yuk!

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Apa itu Management Trainee?

Apa itu Management Trainee?
Apa itu Management Trainee?

Management Trainee atau yang biasa kita kenal dengan sebutan MT merupakan suatu program percepatan karier yang perusahaan selenggarakan untuk para fresh graduate. Di dalam program ini, para trainee akan mendapatkan pelatihan dan pengetahuan tentang unit bisnis dan profil perusahaan yang tujuannya untuk mempersiapkan karyawan baru menjadi future leader.

Selain mendapatkan materi berupa teori, kamu juga akan terjun langsung ke dalam beberapa unit bisnis perusahaan yang sudah ditentukan (on job training).

Durasi program ini bervariasi sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan, biasanya memiliki rentang waktu 1-2 tahun sampai kita resmi menjadi karyawan tetap.

Setiap perusahaan pun mempunyai penamaan yang berbeda-beda untuk posisi Management Trainee (MT), seperti: Officer Development Program (ODP), Management Development Program (MDP), dan lain-lain.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Berapa sih, Gaji Manajement Trainee?

Besar gaji Management Trainee
Besar gaji Management Trainee

Menurut penelitian dari hrdbacot di tahun 2021, rata-rata gaji untuk posisi ini adalah Rp 9.369.444 dengan gaji minimum Rp 6.300.000 dan gaji maksimum Rp 11.625.000. 

Nominal tersebut termasuk tinggi untuk para fresh graduate, lo! Hal ini karena selain gaji sudah pasti berada di atas UMP dan UMR, masih ada berbagai tunjangan yang bisa Sobat dapat sesuai dengan perusahaan yang kamu tuju.

Keuntungan kamu jadi MT

Fasilitas lengkap dan tunjangan lain bisa kita dapatkan saat menjadi MT
Fasilitas lengkap dan tunjangan lain bisa kita dapatkan saat menjadi MT

Walaupun seorang Management Trainee selalu mendapat tuntutan untuk mempelajari dan mengerti berbagai hal baru secara cepat, tetapi ada banyak keuntungannya juga, lo! Berikut adalah daftarnya!

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Melatih Skill Kepemimpinan

Program MT terselenggara dengan tujuan untuk mencari future leader perusahaan! Jadi, kamu akan dilatih untuk menjadi pemimpin yang baik sejak awal program. Ada beberapa skill yang sangat penting sebagai modal untuk menjadi seorang pemimpin, seperti: pandai mendengarkan orang lain, menjadi penengah, tegas, problem solver, mampu bernegosiasi, hingga presentasi.

Meningkatkan Soft Skill dan Hard Skill

Untuk menjadi pemimpin yang baik, tentunya kamu membutuhkan berbagai hard skill dan soft skill. Berbagai kemampuanmu akan terasah selama mengikuti program ini. Mulai dari kemampuan berkomunikasi yang baik dengan rekan kerja, menyelesaikan masalah, hingga pengambilan keputusan. 

Bisa Mencoba Berbagai Posisi Pekerjaan

Di beberapa perusahaan, ternyata ada lo, yang mengharuskan para trainee untuk mencoba bekerja di berbagai unit bisnis. Nah, dengan demikian, kamu bisa memiliki experience pada bermacam-macam pekerjaan dan mencari posisi yang sesuai bakat dan minat kamu.

Fasilitas Lengkap

Selain gaji, akan banyak benefit yang bisa kamu dapatkan jika bergabung menjadi MT. Mulai dari asuransi, bonus, tempat tinggal, link pertemanan, hingga yang lainnya. Hal tersebut tentunya bergantung pada kebijakan setiap perusahaan.

Percepatan Karier

Kamu ingin memiliki jenjang karier yang jelas? Management Trainee jawabannya! Mengapa? Karena Sobat berkesempatan untuk naik level lebih cepat, berbeda karyawan biasa yang biasanya memerlukan waktu lebih lama. 

Bahkan, lulusan Management Trainee memiliki peluang besar untuk mendapatkan promosi mengisi posisi penting di perusahaan lo, jika memiliki track record yang baik!

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

So, gimana nih? Sobat jadi semakin tertarik untuk daftar program Management Trainee setelah lulus nanti? Gaji yang kita dapat untuk posisi ini memang menggiurkan. Namun, jangan lupa juga, bahwa dibalik gaji yang tinggi akan selalu ada tanggung jawab dan resiko yang harus ditanggung.

Oiya, jangan lupa untuk kepoin berbagai program pelatihan, bootcamp untuk meningkatkan skill, informasi lowongan kerja dari berbagai company, hingga review CV kamu dengan HRD yang sudah berpengalaman! Semuanya bisa kamu jangkau hanya dengan satu klik saja, loSo, tunggu apa lagi?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Penulis: Anindya Diajeng Prameswari

Editor: Alifa Justisia