10 Kelebihan yang Wajib Dimiliki Job Seekers Saat Interview

Pada setiap tahapan proses rekrutmen kerja, salah satu tahap yang penting adalah interview kerja. Dalam langkah ini, pihak perekrut biasanya akan menanyakan tentang kelebihan dan kekurangan kepada calon kandidat pekerja. Kebanyakan dari kita acapkali bingung untuk menentukan apa saja kelebihan dan kekurangan yang Sobat punyai. Untuk itu, kali ini MySkill membahas tentang 10 kelebihan diri saat wawancara kerja yang bisa menjadi para job seekers ungkapkan ketika interview berlangsung! Yuk, simak artikelnya sampai akhir!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Memiliki Pemikiran yang Kreatif

10 Kelebihan yang Wajib Dimiliki Job Seekers Saat Interview
Memiliki sifat berpikir kreatif sangat dibutuhkan dalam dunia kerja

Keterampilan ini sangat penting dalam industri media kreatif dan semacamnya. Jika Sobat MySkill punya kemampuan untuk berpikir kreatif yang baik, hal ini bisa menambah keyakinan perekrut kerja. Jabarkan hasil karya yang sudah pernah kamu buat selama berorganisasi, bersekolah, maupun atau project di kantor lama. Perusahaan akan menyenangi calon karyawan yang mampu menceritakan hasil konkrit alih-alih janji dan kalimat yang terlalu membanggakan diri.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

10 Kelebihan yang Wajib Dimiliki Job Seekers Saat Interview
Kemampuan berkomunikasi merupakan kunci utama dalam dunia kerja

Bisa berkomunikasi dengan baik bisa menjadi keahlian yang menjanjikan dalam dunia kerja. Beritahu kepada perekrut bahwa Sobat mampu mendelegasikan informasi kepada penerima, maupun sebaliknya. Sobat MySkill bisa mempraktikkan poin ini pada saat sesi interview berlangsung. Berikan jawaban yang tepat, tidak bertele-tele, on point, dan gestur yang tepat.

3. Memiliki Inisiatif Tinggi

Berinisiatif tinggi merupakan sebuah kesuksesan dalam bekerja secara profesional
Berinisiatif tinggi merupakan sebuah kesuksesan dalam bekerja secara profesional

Memiliki sifat berinisiatif tinggi sangat perusahaan sukai lo, Sobat MySkill! Sampaikan kepada perekrut bahwa kamu mampu berkontribusi dalam perusahaan ini sebagai bentuk tanggung jawab dan loyalitas.

Contoh dari sifat ini yaitu; Inisiatif membantu rekan kerja, menyampaikan ide/gagasan, dan menyelesaikan pekerjaan tepat sebelum waktunya. Jangan lupa, ceritakan juga apa yang sudah kamu lakukan selama di perusahaan atau organisasi untuk meyakinkan calon tempat kita bekerja.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

4. Bisa Bekerja dalam Tim

10 Kelebihan yang Wajib Dimiliki Job Seekers Saat Interview
Memiliki kemampuan berkolaborasi atau bekerja sama dengan tim sangat dibutuhkan sekali oleh perusahaan saat ini

Dalam dunia kerja, setiap orang akan selalu berhadapan dengan yang namanya sebuah “kerja sama”. Kenapa demikian? Sebab, kita akan sering terlibat dalam situasi bekerja secara tim. Oleh karenanya, kemampuan berkolaborasi dan mudah adaptasi merupakan kelebihan yang bisa kamu sampaikan. Ini juga dapat menunjukkan bahwa kamu orang yang fleksibel, adaptif, dan memiliki interpersonal skill yang baik.

5. Percaya Diri

10 Kelebihan yang Wajib Dimiliki Job Seekers Saat Interview
Memiliki kepercayaan diri yang baik dapat membuat perusahaan tertarik untuk merekrutmu

Percaya diri itu sangat penting, terutama untuk mengembangkan karier di perusahaan. Sifat ini berpengaruh pada peningkatan kemampuan yang ada pada diri sendiri. Kamu bisa memberikan notice perekrut pada saat sesi interview, misalnya di sela aktivitas, Sobat sering dipercaya untuk menjadi pembicara atau moderator pada saat menjalani event tertentu.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

6. Public Speaking

Public speaking akan membantu meningkatkan rasa kepercayaan diri kamu
Public speaking akan membantu meningkatkan rasa kepercayaan diri kamu

Kemampuan ini wajib dimiliki oleh para job seekers. Di zaman sekarang ini, banyak sekali lowongan pekerjaan yang mencatumkan kualifikasi kemampuan sublic speaking, khususnya perusahaan industri media dan kreatif.

Public speaking merupakan sebuah kemampuan berbicara di depan banyak orang. Meskipun begitu, hal ini tidaklah mudah bagi sebagian dari kita, karena adanya rasa takut dan tidak percaya diri. Karena itu, jika Sobat memiliki kelebihan ini, tentu saja perekrut akan menyukainya dan bukan tidak mungkin akan diberikan nilai plus dalam penilaian wawancara kerja.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

7. Leadership

10 Kelebihan yang Wajib Dimiliki Job Seekers Saat Interview
Memiliki kemampuan leadership dapat memotivasi orang lain untuk menyelesaikan tugas yang telah direncanakan demi mencapai tujuan perusahaan

Leadership atau kepemimpinan merupakan kemampuan memberi pengaruh kepada orang lain agar mau mencapai tujuan bersama. Kamu bisa memberitahu kelebihan ini dengan memceritakan pengalaman leadership di pekerjaan sebelumnya atau organisasi selama masa kuliah. Contohnya seperti pernah menjadi ketua BEM Kampus, Ketua Himpunan Mahasiswa, kepanitiaan, dan lainnya.

8. Rapi dan Terorganisir

10 Kelebihan yang Wajib Dimiliki Job Seekers Saat Interview
Memiliki sifat rapi dan terorganisir dapat membuat kamu lebih produktif dalam bekerja

Seseorang dengan karakteristik rapi dan terorganisir dapat menunjukkan seseorang terbiasa hidup teratur, menghargai waktu, dan jarang melewatkan pekerjaannya. Hal ini tentu menjadi poin yang bagus untuk diketahui oleh perekrut.

9. Mudah Beradaptasi

10 Kelebihan yang Wajib Dimiliki Job Seekers Saat Interview
Mampu beradaptasi di tempat kerja penting agar kamu dapat menerapkan pendekatan berbeda untuk melakukan pekerjaanmu

Dalam dunia kerja, tidak ada yang tahu namanya perubahan sistem dalam pekerjaan atau perusahaan bisa terjadi kapan saja. Untuk itu, kemampuan beradaptasi atau mampu menyesuaikan diri dengan perubahan juga termasuk dalam “nilai plus” kita. Berikan penjelasan secara singkat tentang pengalaman yang pernah kamu alami dan bagaimana caramu menyesuaikan dengan perubahan tersebut.

10. Mau Belajar Hal Baru

10 Kelebihan yang Wajib Dimiliki Job Seekers Saat Interview
Belajar hal baru dapat mengembangkan potensi yang ada di dalam diri kita masing-masing

Saat ini kita hidup di era yang serba canggih dan perubahan teknologi berganti secara cepat. Untuk bisa mengikuti perkembangannya, Sobat harus mau untuk terus belajar hal hal baru. Kamu bisa memberikan contoh apa saja yang sudah berhasil kamu pelajari saat ini. Misalnya, Sobat melamar kerja posisi sebagai Content Writer, tambahkan informasi bahwa kamu memiliki wawasan yang luas dan relevan untuk mendukung pekerjaanmu kelak, seperti belajar tentang SEO, cara mencari keyword, paham CMS, dan lainnya.

Itulah tadi 10 contoh kelebihan diri yang wajib dimiliki job seekers pada saat interview kerja. Bagaimana, cukup lengkap bukan? Tetap semangat dan semoga proses wawancaranya berjalan dengan lancar ya, Sobat MySkill!

Oiya, jangan lupa untuk kepoin berbagai program pelatihan, bootcamp untuk meningkatkan skill, informasi lowongan kerja dari berbagai company, hingga review CV kamu dengan HRD yang sudah berpengalaman! Semuanya bisa kamu jangkau hanya dengan satu klik saja, lo! So, tunggu apa lagi?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan