Kamu pasti pernah mendengar mengenai Kaskus, kan? Di sana, orang-orang yang memiliki minat atau interest yang sama saling berinteraksi dalam sebuah forum digital. Seperti itulah digital community. Tapi, kamu tahu gak kalau kamu bisa menerapkan konsep tersebut ke dalam bisnis atau perusahaanmu dan mendapat untung darinya? Nah, MySkill.id akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh mengenai 7 manfaat digital community untuk bisnismu!
1. Menjalin Koneksi
Dalam praktiknya, digital community menjadi alat penghubung antara konsumen dengan perusahaan. Selain itu, konsumen dapat saling memberikan berbagai pertanyaan dan jawaban di dalam sebuah forum diskusi. Rasa keterikatan yang kuat itulah yang menjadi sumber kepercayaan mereka baik kepada sesama konsumen maupun perusahaan.
2. Kepuasan Pelanggan Meningkat
Dengan digital community, kamu bisa memberikan berbagai bocoran informasi mengenai pembaruan fitur atau produk baru yang akan kamu rilis. Hal tersebut dapat membuat konsumenmu merasa spesial dan secara tidak langsung akan mendongkrak tingkat kepuasan mereka terhadap perusahaanmu.
3. Menarik Pelanggan Baru
Jika kamu ingin menggaet lebih banyak konsumen, membuat dan mengembangkan digital community merupakan pilihan yang sangat tepat untukmu. Loh kok bisa? Emang apa pengaruhnya?
Digital community dengan basis konsumen yang kuat dapat melambungkan nama perusahaanmu. Hal tersebut mampu menjadi magnet bagi konsumen baru yang masih kepo dengan perusahaan dan produkmu. Selain itu, kompetitor akan menjadi lebih berhati-hati dan gak bakal ngeremehin kamu, deh!
Baca juga: Ini 5 Revenue Model yang Paling Banyak Diterapkan dalam E-Commerce
4. Mendapat Ide Baru dan Feedback dari Konsumen
Manfaat keempat yang bisa kamu dapat dari digital community adalah memperoleh berbagai feedback dari konsumen. Kumpulan umpan balik tersebut nantinya dapat kamu kembangkan menjadi sebuah ide baru. Jadi, kamu gak perlu bersusah-payah memeras otak untuk mencari ide! Mantab banget gak, sih?
5. Anggaran semakin Efisien
Sebuah forum di dalam digital community berisi berbagai macam artikel informatif yang akan membantu konsumen dalam mengatasi masalah. Mereka juga bisa turut berkontribusi secara aktif di dalam forum tersebut.
Oleh karenanya, kamu gak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk mempekerjakan seseorang sebagai customer service. Kamu bisa mengalokasikan dana di bagian yang lebih krusial agar rencana anggaranmu menjadi lebih efisien.
Baca juga: Produk Laris di Pasaran! Simak 5 Rahasia Sukses Branding Strategy Ini!
6. Mendapat Promosi Gratis
Konsumen loyal yang udah terlanjur jatuh cinta dengan berbagai produk atau jasa yang kamu tawarkan bakal terus-terusan membahasnya di dalam forum dan secara tidak sadar akan mempromosikan perusahaanmu kepada orang lain. Mereka bahkan melakukannya dengan gratis tanpa imbalan apapun!
Oiya, kamu bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk mendapat keuntungan lebih banyak. Berikan sedikit reward atas loyalitas mereka dengan cara mencantumkan badges kecil di sebelah username mereka di dalam forum digital community. Mereka bakal cinta mati dan menjadi fans garis keras perusahaanmu! Menarik banget, bukan?
7. Pendapatan Meningkat
Kalau kamu bisa mengembangkan digital community dengan cakap, pendapatan perusahaanmu akan meningkat secara perlahan tapi pasti. Dengannya, kamu bisa terus mengembangkan perusahaanmu, loh! Gak percaya? Coba aja buktikan sendiri!
Baca juga: Awas! Ini Dia 5 Kesalahan Digital Marketing yang Wajib Kamu Hindari
Itu dia penjelasan singkat mengenai 7 manfaat digital community untuk bisnismu. Buat kamu yang ingin tahu bagaimana cara Merancang Strategi Pemasaran Komunitas dan seluk-beluknya, kamu bisa bergabung bersama MySkill.id! Selain itu, kamu bisa bergabung dengan berbagai kelas mengenai Pemasaran Digital, loh! Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera bergabung bersama MySkill.id!
Editor: Bynta Ayu Hanifa