Di era serba digital ini kita perlu mengetahui pengertian digital marketing, karena hal ini mulai memegang peran krusial dalam setiap perusahaan. Bagaimana pengertian dan kelebihan digital marketing? Simak penjelasannya.
Pengertian Digital Marketing
Digital Marketing atau pemasaran marketing adalah cara pemasaran yang memanfaatkan media internet guna berinteraksi dengan calon konsumen secara online. Melalui cara ini suatu brand akan lebih mudah terhubung dengan calon pelanggannya melalui media sosial, website, maupun email.
Berdasarkan American Marketing Association (AMA) pemasaran marketing merupakan kegiatan berbasis teknologi digital yang bertujuan untuk mengkomunikasikan dan menyampaikan nilai-nilai pada pelanggan dan pihak berkepentingan lainnya.
Kelebihan Digital Marketing dalam Era Digital
1. Jangkauan Pasar yang Luas
Digitalisasi memudarkan garis batasan antar wilayah, sehingga penerapan pemasaran dalam dunia digital dapat memudahkan suatu brand untuk menjangkau pelanggan dari berbagai wilayah. Bahkan, dapat menjangkau pasar internasional.
Selain itu, pemilik usaha dapat menggunakan berbagai platform digital untuk mempromosikan produknya sekaligus. Oleh karena itu, dengan penggunaan pemasaran digital suatu perusahaan dapat menjangkau berbagai audiens dalam waktu singkat.
2. Pengeluaran Biaya yang Lebih Sedikit
Pada majalah, koran, TV dan billboard, harus mengeluarkan biaya mahal untuk melakukan promosi. Berbeda dengan media digital yang lebih terjangkau. Melalui harga yang terjangkau ini, siapapun dapat mengiklankan produknya di platform digital. Contohnya seperti Instagram, sesuai dengan target jangkauan audiens, tarif pemasangan iklan berkisar antara Rp. 16.000 sampai Rp. 50.000/hari.
3. Waktu yang Lebih Fleksibel
Pemasaran digital memiliki jangkauan wilayah yang sangat luas. Internet juga memungkinkan pemasaran digital dapat berjalan kapan saja, tidak terbatas oleh waktu. Pelanggan dapat mengakses informasi dan melakukan pembelian kapan pun. Hal ini membantu pelaku usaha dalam menyebarkan informasi dan menjalankan usahanya setiap saat.
Dalam marketing tradisional yang berjalan secara offline hal ini sulit dilakukan, karena konsumen sering kali tidak dapat membeli barang pada malam hari saat toko tutup. Adanya waktu yang fleksibel juga memberikan waktu lebih banyak pada konsumen untuk mengenal suatu produk.
Baca juga: 5 Pekerjaan Digital Marketing yang Sebaiknya Kamu Ketahui
4. Efektivitas dari Strategi Pemasaran yang Lebih Terukur
Efektivitas strategi marketing pemasaran digital lebih mudah diukur, berbeda dengan pemasaran tradisional yang sulit diperhitungkan. Setelah memasang dan menggunggah iklan, pemilik usaha dapat dengan mudah memantau secara berkala berapa banyak audiens yang melihat dan menyukai iklan tersebut. Jumlah tersebut dapat menunjukan efektivitas keberhasilan dari suatu strategi marketing, sehingga perusahaan dapat mengetahui strategi yang paling efektif dan berdampak.
Pihak perusahaan juga dapat mengetahui beberapa hal. Seperti usia, jenis kelamin, minat dan perangkat yang digunakan oleh audiens yang tertarik dengan iklan produk perusahaan tersebut.Data ini dapat menjadi bahan analisis untuk menerapkan strategi marketing selanjutnya.
Baca juga: Kursus Digital Marketing Gratis, Dapat Sertifikat
5. Komunikasi yang Lebih Efisien
Adanya ketidakterbatasan dalam waktu dan tempat, mendorong adanya komunikasi yang lebih efisien dalam digital marketing. Penjual dan pelanggan dapat mempertahankan komunikasi melalui penggunaan internet. Hal ini membuat para penjual dapat menghampiri para pelanggan. Selain dapat melakukannya dimanapun dan kapanpun, biaya pengeluaran juga lebih rendah.
6. Target Audiens yang Tepat Sasaran
Pada digital marketing perusahaan dapat dengan menentukan target Audiens yang lebih spesifik dan tepat sasaran. Beberapa platform digital juga banyak yang menyediakan fitur untuk menetapkan target audiens. Hal itu membuat perusahaan dapat mengarahkan konten dan iklan yang diunggah akan ditampilkan pada audiens yang menyesuaikan dengan segmen pasar produk tersebut.
Adanya akses pada data audiens yang dijangkau juga dapat membantu perusahaan untuk menentukan target pasar yang sesuai dan mencari pendekatan yang tepat untuk calon konsumennya. Hal ini membuat pekerjaan menjadi lebih lebih efektif dan efisien.
Baca juga: Sejarah Digital Marketing dan Perkembangannya Hingga Sekarang
Pentingnya Peran Digital Marketing
Setelah mengetahui pengertian dan 6 kelebihannya di masa modern, marketing melalui daring terasa memiliki peran yang sangat besar untuk membuka peluang sebuah perusahaan di tengah persaingan yang semakin ketat.
Merujuk pada data di tahun 2021 terdapat 73.3% penduduk Indonesia yang menggunakan internet. Jumlah ini setara dengan 202,6 juta orang dan sebanyak 170 juta penduduk Indonesia aktif di sosial media. Data ini menunjukan dunia digital sudah memerankan posisi penting di kehidupan masyarakat.
Orang-orang banyak menghabiskan waktunya di dunia maya. Ini adalah salah satu akibat dari masa digitalisasi. Masyarakat juga enggan banyak menghabiskan waktu di luar rumah, karena efek pandemi ini.Oleh karena itu, digital marketing memiliki peran penting saat ini dan di masa yang akan datang.
Ilmu mengenai pemasaran digital menjadi penting untuk dipelajari sebagai bekal menuju kesuksesan. Bagaimana sudah tertarik belajar mengenai digital marketing? Yuk, ikut pelajari lebih dalam Digital Marketing melalui kelas Mengenal Digital Marketing Framework bersama Myskill.
Editor: Wida Kurniasih