Profesi Jurnalistik, Kamu Wajib Tahu Ketujuh Jenisnya!

Bekerja di bidang jurnalistik merupakan impian banyak orang. Pasalnya, profesi jurnalistik menawarkan banyak tantangan dalam pekerjaannya. Selain itu, bidang ini juga sangat cocok dengan orang yang memiliki hobi berpetualang, menulis, dan berinteraksi dengan banyak orang.

Namun, di mata kebanyakan orang, profesi jurnalistik lebih identik dengan orang yang melakukan liputan berita atau yang membacakan berita di layar kaca. Padahal, profesi di bidang jurnalistik mempunyai cakupan yang sangat luas, bukan hanya reporter dan news anchor. Beberapa jenis pekerjaan lain ini juga memiliki peranan penting dalam menciptakan sebuah produk jurnalistik. Akan tetapi, karena bekerja di belakang layar membuat mereka menjadi kurang terekspos.

Nah, jika kamu tertarik berkarier di bidang ini, pastikan ketahui dulu apa saja jenis profesinya. Berikut penjelasan yang telah dirangkum oleh MySkill.

1. Wartawan

Profesi Jurnalistik, Kamu Wajib Tahu Ketujuh Jenisnya!
Wartawan bertugas untuk mencari berita dan melaporkannya

Profesi yang satu ini biasa kita kenal juga dengan sebutan jurnalis atau reporter. Wartawan bertugas untuk mencari berita, meliputnya berdasarkan data, observasi, melakukan wawancara, hingga melaporkannya secara langsung maupun melalui tulisan yang diterbitkan di media, koran, atau majalah. Wartawan juga perlu memastikan berita yang akan mereka sampaikan adalah sebuah kebenaran.

Untuk bisa menjadi wartawan yang andal, terdapat beberapa keterampilan yang mesti kamu miliki, seperti menulis, mewawancarai orang, kemampuan analitis, komunikasi interpersonal, dan berpikir kritis.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Profesi Jurnalistik: News Anchor

Profesi Jurnalistik, Kamu Wajib Tahu Ketujuh Jenisnya!
Pembawa berita harus memiliki artikulasi yang jelas

News anchor adalah orang yang biasa kita lihat di layar kaca untuk membawakan berita. Ia bertugas untuk membacakan berita di screen berjalan. Profesi ini adalah tahap lanjutan yang didapatkan setelah menjadi wartawan. Jika saat menjadi wartawan memiliki kinerja yang baik, kamu berkesempatan untuk menjadi seorang pembawa berita.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Editor

Profesi Jurnalistik, Kamu Wajib Tahu Ketujuh Jenisnya!
Penyunting memeriksa hasil kerja wartawan atau penulis

Editor adalah profesi yang bertugas untuk mengulas sebuah tulisan agar layak dibaca. Jadi, sebuah tulisan berita yang akan terbit perlu melewati editor untuk pengecekan. Tak hanya itu, dalam rangka memenuhi standar penerbit, biasanya editor juga terlibat dalam proses membuat desain, ilustrasi, hingga layout publikasi.

Untuk dapat melakukan pekerjaannya dengan baik, seorang editor harus menguasai beberapa keterampilan, seperti pemahaman tentang kebahasaan hingga skill ketelitian tingkat tinggi.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

4. Profesi Jurnalistik: Script Writer

Profesi Jurnalistik, Kamu Wajib Tahu Ketujuh Jenisnya!
Naskah berita adalah salah satu naskah jurnalistik

Ketika seorang news anchor sedang membawakan berita, mereka pasti membaca sebuah naskah dari screen yang berjalan. Nah, profesi yang bertugas menuliskannya adalah script writer . Profesi ini tentu membutuhkan kemampuan menulis yang bagus, jelas, logis, dan informatif.

5. Fotojurnalis

Profesi Jurnalistik, Kamu Wajib Tahu Ketujuh Jenisnya!
Selain basic fotografi, fotojurnalis juga harus menguasai etika jurnalistik

Ini juga merupakan salah satu pilihan dalam profesi jurnalistik. Fotojurnalis bertugas untuk menggunakan fotografi dalam melaporkan sebuah kejadian kepada publik. 

Dalam melakukan pekerjaannya, fotojurnalis bekerja sama dengan wartawan dan editor untuk menyajikan berita yang menarik dan akurat. Untuk kamu yang memiliki hobi fotografi, profesi jurnalistik yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

6. Profesi Jurnalistik: Penulis Perjalanan

Profesi Jurnalistik, Kamu Wajib Tahu Ketujuh Jenisnya!
Melakukan perjalanan untuk membuat tulisan

Profesi jurnalistik yang satu ini bertugas untuk mencarat perjalanan hidup seseorang atau mengunjungi tempat-tempat bersejarah kemudian menuliskannya ke dalam sebuah artikel yang menarik. 

Selain itu, ia juga bertugas untuk mewawancarai orang-orang yang ditemui selama perjalanan. Setelah itu, hasil tulisannya akan menjadi sebuah laporan kisah perjalanan yang menarik untuk dibaca.

7. Pemimpin Redaksi

Pimpinan redaksi jurnalistik
Pemimpin redaksi adalah jabatan tinggi dalam suatu media

Terakhir, pemimpin redaksi atau editor in chief. Profesi ini biasa kita temukan di berbagai macam media, seperti cetak, online, dan televisi. Pemimpin redaksi merupakan jabatan yang tinggi di suatu media. Jadi, seseorang yang mengisi posisi tersebut harus memiliki pengalaman yang banyak di bidang jurnalistik.

Profesi ini bertugas untuk memimpin redaksional sebuah berita. Ia juga harus mampu mengatur konten jurnalistik dari sebuah media. Di media online dan cetak, biasanya mereka juga bertugas untuk menulis editorial yang merupakan tulisan jurnalistik berisi opini suatu media terhadap sebuah isu.

Itulah penjelasan tentang 7 jenis profesi jurnalistik. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba karier di bidang ini? Jika iya, kamu perlu mempersiapkan diri dengan menguasai skill yang dibutuhkan. Nah, MySkill menyediakan berbagai kelas yang membahas berbagai macam ilmu yang bisa kamu akses dengan harga terjangkau. Yuk, beli kelasnya sekarang juga!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan