Sudah lama berjualan tapi produkmu gak laku-laku? Alih-alih mendapat profit meroket, keuangan perusahaanmu malah terjun bebas gara-gara harus membayar biaya iklan yang selangit. Branding strategy memiliki peran yang sangat penting pada suksesnya penjualan produk.
Apakah kamu merasakan permasalahan di atas dan membuat perusahaanmu berada di ujung tanduk? Kalau iya, pastinya ada yang salah dengan branding strategy-mu! Untuk mengatasinya, simak 5 rahasia sukses branding strategy ini agar produkmu laris di pasaran!
1. Logo Anti Mainstream
Bagi penggemar otomotif, kata ‘Audi’ pasti sudah tidak asing di telinga. Brand otomotif asal Jerman tersebut sudah terkenal seantero dunia berkat kualitasnya yang gak main-main. Saking terkenalnya, masyarakat awam yang gak ngerti dunia otomotif pun mengetahuinya.
Logo dengan bentuk 4 lingkaran yang saling berhimpitan. Kamu pasti pernah melihatnya terpampang di berbagai baliho berukuran besar dengan gambar mobil mewah. Meskipun gak tahu namanya, logo tersebut sudah melekat di alam bawah sadarmu karena bentuknya yang terbilang unik dan anti mainstream.
2. Produk yang Sarat akan Nilai
Rahasia sukses branding strategy yang kedua adalah membuat produk yang sarat akan nilai. Hal tersebut dapat kita lihat dari brand Supreme. Brand ini memberikan nilai eksklusif di setiap produk mereka. Hal tersebut memberikan dampak besar pada kehidupan sosial. Paradigma masyarakat bergeser menjadi ‘siapa saja yang mengenakan Supreme, dia pasti orang kaya’.
Berbagai produk tiruan muncul bak jamur di musim hujan. Produk-produk tersebut terlihat sangat mirip dengan produk aslinya hanya demi menjaga gengsi. Hal tersebut memang tampak menyedihkan. Namun, kamu bisa mengambil banyak pelajaran darinya.
3. Lakukan PR Campaign
‘Tiap kemasan Pepsodent Action Herbal yang kita kirim akan jadi santapan sahur bagi yang membutuhkan’. Sebagian dari kamu pasti udah gak asing lagi sama penggalan kalimat iklan di atas. Kalimat tersebut sebenarnya merupakan bentuk promosi berupa PR campaign, loh! PR campaign sendiri memiliki tujuan untuk menyelipkan nilai-nilai khusus ke dalam sebuah produk.
Banyak perusahaan yang sudah memakai cara ini karena keefektifannya dalam menggaet banyak konsumen. Hal tersebut dapat terjadi karena konsumen berpikir bahwa diri mereka sudah melakukan perbuatan besar untuk membantu sesama.
Baca juga: Pemasukan Bisnis Gak Akan Tersendat! Ketahui 5 Langkah Membuat Revenue Model!
4. Jadikan Produkmu sebagai Solusi
Transaksi jual beli terjadi karena adanya kebutuhan. Manfaatkanlah hal tersebut sebagai senjata dalam membuat branding strategy. Jadikan produkmu sebagai candu bagi konsumen.
Sudah banyak perusahaan yang menggunakan metode ini dalam melakukan promosi salah satunya adalah Sosro. Mereka mempunyai tagline berbunyi ‘apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro’. Teh Botol Sosro seakan-akan menjadi solusi dari setiap rasa haus yang datang setelah makan.
Selain Sosro, ada Danone dengan produk mereka, yaitu Aqua. Mereka selalu menggembar-gemborkan bahwa manusia sering hilang fokus karena kekurangan cairan tubuh. Maka dari itu, solusinya adalah minum Aqua. Jadi, gimana? Tertarik dengan metode ini?
Baca juga: 5 Teknik Digital Marketing yang Ampuh untuk Memasarkan Produk, Sudah Coba?
5. Jadilah Inovatif
Rahasia sukses branding strategy yang terakhir adalah menjadi inovatif. Artinya, kamu harus mempunyai ide-ide cemerlang sehingga dapat menghasilkan produk baru yang belum ada di pasaran. Dengannya, kamu bisa mendapat berbagai keuntungan, loh! Lihat saja berbagai produk popok bayi yang ada di pasaran. Masih banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan brand Pampers sebagai pengganti kata popok bayi.
Baca juga: Ini Dia 5 Alasan Customer Relationship Management Sangat Penting untuk Bisnis!
Itu dia 5 rahasia sukses branding strategy agar produkmu laris di pasaran. Buat kamu yang masih penasaran dengan branding strategy dan bagaimana cara menyusunnya, kamu bisa mengikuti kelas Merancang Strategi Brand Marketing bersama MySkill.id! Selain itu, kamu juga bisa mengikuti berbagai kelas dan bootcamp mengenai Pemasaran Digital dengan tutor berpengalaman! Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera bergabung bersama MySkill.id!
Editor: Bynta Ayu Hanifa