Skill Data Scientist ini Perlu Dikuasai untuk Menjadi Expert

Data scientist merupakan profesi yang memiliki permintaan yang begitu besar, terutama di era digital seperti sekarang. Terlebih lagi, profesi ini terkenal dengan bayarannya yang cukup tinggi sehingga banyak orang yang tertarik bekerja di bidang ini. Oleh karena itu, kamu perlu menguasai beberapa skill data scientist untuk mendukung kariermu.

Dalam artikel ini, MySkill akan memberikan 7 skill yang perlu kamu kuasai agar dapat menjadi seorang data scientist yang andal. Bagi kamu yang tertarik berkarier di bidang ini, pastikan untuk memperhatikan daftar di bawah ini, ya!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Statistika dan Ilmu Peluang

Data scientist harus menguasai ilmu statistika
Statistika dan peluang merupakan kemampuan dasar seorang data scientist

Dalam melakukan pekerjaannya, data scientist memiliki tugas utama untuk mengolah data menjadi informasi yang penting. Informasi ini akan sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk mengambil keputusan bisnis. Oleh karena itu, penting sekali untuk menguasai statistika dan ilmu peluang. Keterampilan ini merupakan kunci untuk mengolah data dan membuat perkiraan yang terukur untuk menentukan keputusan perusahaan.

2. Data Scientist Skill: Programming

Menguasai bahasa pemrogrman mempermudah untuk membuat grafik dan data minning
Phyton dan R adalah bahasa pemrograman yang sering digunakan

Skill selanjutnya yang harus kamu kuasai agar menjadi expert dalam data science adalah memahami bahasa pemrograman. Memiliki kemampuan programming bisa membantumu dalam mengatur dan merapikan data yang tidak terstruktur. Berikut ini adalah beberapa jenis bahasa pemrogaman yang biasa digunakan:

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

a. Phyton

Bahasa pemrograman yang satu ini tidak hanya berguna bagi para web developer, tetapi sangat bermanfaat bagi para data scientist. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakannya untuk data mining, menampilkan data menjadi sebuah grafik, mengimpor data dari Microsoft Excel, dan lain sebagainya.

b. R

Bahasa pemrograman lainnya yang mesti kamu kuasai adalah R. Programming jenis ini biasa mereka gunakan untuk data manipulation dan pembuatan grafik. Beberapa perusahaan besar menggunakan R untuk para data scientist mereka. Beberapa perusahaan besar itu adalah Google, Firefox, dan perusahaan teknologi lainnya.

3. Mengolah Big Data dan Query (SQL)

Data scientis perlu menguasai skill mengolah big data dan SQL
Data scientist akan berhadapan dengan big data

Data scientist membutuhkan banyak pemahaman mengenai SQL (Structured Query Language) untuk mengolah data terstruktur yang ada pada database sehingga menjadi lebih mudah untuk melakukan analisis. Pemahaman mengenai SQL, meliputi Data Manipulation Language, Data Query Language, Data Definition Language, dan Data Control Language.

Profesi ini juga harus mampu memiliki kemampuan untuk mengolah big data agar bisa mempermudah proses analisis data. Big data merupakan data dengan volume yang begitu besar. Data besar perlu mendapat pengolahan dengan menggunakan tools tertentu.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

4. Data Scientist Skill: Data Visualization

Data scientist harus memiliki kemampuan memvisualisasikan data
Visualisasi data merupakan salah satu kemampuan terpenting

Skill keempat yang mesti kamu kuasai adalah memvisualisasikan data. Data scientist yang baik harus menyadari bahwa data mengandung pesan tertentu dan mereka wajib menerjemahkan pesan itu.

Data yang sudah dianalisis harus disajikan dalam bentuk yang mudah dimengerti ketika seseorang membaca laporannya. Maka dari itu, kemampuan visualisasi sangat penting karena dapat berimplikasi terhadap pengambilan keputusan perusahaan. Beberapa tools yang bisa membantu dalam memvisualisasikan data adalah Tableau dan Power BI.

5. Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Kemampuan untuk belajar dan rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu yang tinggi berpengaruh terhadap pengetahuan seseorang

Data science merupakan bidang yang selalu berkembang dan cepat mengalami perubahan. Oleh karena itu, kamu harus selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan rasa ingin terus belajar.

Selain itu, kamu juga harus memiliki pikiran yang terbuka. Karena dengan berpikir terbuka, kamu akan menerima segala masukan dan menjadikan dirimu lebih baik lagi.

6. Data Scientist Skill: Communication

Ahli data harus pandai berkomunikasi
Data scientist perlu menyampaikan pesan dengan baik

Komunikasi merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap orang di dunia kerja, termasuk sebagai data scientist. Mereka juga perlu menyampaikan informasi dengan efektif. Data yang tersampaikan dengan buruk akan menghasilkan keputusan yang kurang baik bagi perusahaan.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

7. Kerja Sama

Ahli data harus pandai bekerja sama
Kerja sama diperlukan setiap pekerjaan

Kemampuan terakhir yang mesti kamu kuasai adalah kerja sama dengan baik. Profesi data scientist akan berkolaborasi dengan tim dan divisi lainnya. Kerja sama tim sangat diperlukan dalam rangka mewujudkan visi dan misi bersama.

Itulah daftar skill yang wajib kamu kuasai jika ingin menjadi data scientist yang andal. Jika kamu ingin mengetahui kemampuan-kemampuan lain, MySkill punya kelas Data Science: Intensive Bootcamp bersama dengan para tutor berpengalaman.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Wahda Nur Lestari