Ghulam Farras Muhammad Ghulam Farras, 22 tahun. Saat ini sedang menempuh kuliah Jurusan Sastra Jerman UNESA dan bercita-cita menjadi dosen. Sangat mencintai bahasa dan tertarik dengan dunia jurnalistik dan kepenulisan. Waktu luangnya dihabiskan untuk membaca, menulis, dan mengantuk.

Ini Dia 5 Tips Mengoptimalkan YouTube Ads, Sudah Tahu Belum?

2 min read

Mengoptimalkan YouTube Ads

Video menjadi salah satu strategi pemasaran digital yang paling ampuh. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, video mampu menyajikan visual dan audio yang dapat menarik atensi penonton. Saat ini, banyak pengusaha yang memilih YouTube Ads sebagai sarana memasang iklan berbentuk video. Apakah kamu juga tertarik untuk memasang iklan menggunakan YouTube Ads? Kalau iya, yuk ketahui 5 tips berikut ini untuk mengoptimalkan YouTube Ads!

1. Tujuan Iklan Harus Jelas

Mengoptimalkan YoTube Ads https://www.pexels.com/photo/221181/
Jangan asal-asalan dalam membuat iklan

Membuat iklan gak boleh asal-asalan, artinya kamu harus menentukan tujuan akhir yang jelas. Untuk membantumu dalam menentukan tujuan akhir, kamu bisa melihat jumlah persentase keyword dan target yang kamu pilih melalui Google Analytics. 

Ada beberapa target yang bisa kamu pakai, seperti leads, brand awareness, konversi, dan views. Nah, dari berbagai target tersebut, buatlah iklan yang sesuai agar kamu bisa menggapainya dengan lebih cepat dan efektif.

2. Buat Iklan secara Kreatif

Mengoptimalkan YoTube Ads https://3dbo2q210xna3qs2hvkeqtr1-wpengine.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2021/07/Untitled-2-01.jpg
Kreativitas akan meningkatkan brand awareness produkmu

Kamu pasti pernah merasa kesal karena iklan yang muncul mendadak saat tengah asyik nonton video, kan? Tapi, pernahkah kamu malah jadi tertarik dengan iklan yang sempat membuatmu kesal tersebut dan menontonnya hingga selesai?

Sebenarnya, kamu bisa mengambil pelajaran dari kejadian itu, loh! Iklan dengan ‘kemampuan’ tersebut tentunya memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri sehingga mampu menarik perhatian penonton. Kamu bisa menirunya dengan cara membuat iklanmu secara kreatif.

Buatlah video iklan dengan konsep sebuah cerita. Kamu juga bisa menambahkan sedikit humor di dalamnya. Metode ini terbukti keampuhannya, bahkan sudah banyak perusahaan ternama yang menggunakannya dalam mempromosikan produk mereka melalui YouTube Ads. Maka dari itu, jangan ragu untuk mencobanya, yah!

3. Jangan Lupa Call to Action

Mengoptimalkan YouTube Ads https://www.incompasshs.org/wp-content/uploads/2020/04/Guide-to-create-a-social-media-call-to-action.jpg
Jangan sampai terlewat, yah!

Untuk dapat mengoptimalkan iklan YouTube Ads, kamu gak boleh melupakan hal yang satu ini, yah! Kamu bisa membuat banner Call to Action (CTA) dan mengarahkannya ke halaman produk utama, landing page, atau halaman promosi lainnya.

Oiya, jangan ragu-ragu untuk memperpendek durasi video dan meletakkan banner tersebut sepanjang video iklan berlangsung, yah! Loh, emangnya kenapa? Sekitar 20% penonton lebih memilih untuk melewati iklan video dengan durasi lebih dari 1 menit. Maka dari itu, memperpendek durasi dan meletakkan banner CTA sepanjang video akan meningkatkan kemungkinan penonton untuk menekan banner tersebut.

Baca juga: 5 Istilah Dalam Google Display Ads yang Harus Kamu Ketahui

4. End Screen Itu Wajib

Segera buat kanal YouTube dan gunakan tips ini!

Kalau kamu mempunyai kanal YouTube, kamu bisa menambahkan end screen pada akhir video. Fitur dari YouTube tersebut memungkinkan kamu untuk menampilkan thumbnail video, kanal YouTube-mu, maupun website perusahaan. Kamu juga bisa mempromosikan media sosial perusahaan dan mengarahkan ke video lain untuk meningkatkan brand awareness

Selain itu, buatlah iklan video dengan tema yang seirama dengan berbagai video di kanal YouTube-mu sehingga dapat menaikkan traffic pengunjung kanal YouTube dan website perusahaan secara bersamaan. Menarik sekali bukan?

Baca juga: 7 Istilah YouTube Ads yang Wajib Banget Kamu Ketahui!

5. Mengelola Keywords dengan Baik

Mengoptimalkan YouTube Ads https://pexels.com/photo/2882629/
Mengelola keywords akan membantumu mengatasi permasalahan anggaran

Kamu bisa menentukan dan mengelola target serta keywords untuk iklan video melalui YouTube Ads, loh! Hal tersebut tentunya dapat membuat anggaran perusahaanmu lebih efisien karena kamu hanya menargetkan pengguna tertentu.

Baca juga: YouTube Ads adalah: Definisi dan Jenisnya

Itu dia 5 tips untuk mengoptimalkan iklan melalui YouTube Ads dari MySkill.id! Berbagai tips di atas akan sangat membantu kamu, baik yang ingin menjadi YouTuber maupun yang ingin ngiklan dengan maksimal menggunakan YouTube Ads.

Nahbuat kamu yang ingin ngiklan di YouTube, kamu harus memiliki pemahaman mengenai YouTube Ads secara komprehensif terlebih dahulu. Oleh karena itu, kamu bisa mengikuti kelas Youtube Ads Dasar bersama MySkill.id! Selain itu, kamu juga bisa mengikuti berbagai kelas mengenai Online Marketing dan belajar cara memasang iklan di berbagai platform, loh! Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera bergabung bersama MySkill.id!

Editor: Bynta Ayu Hanifa

Ghulam Farras Muhammad Ghulam Farras, 22 tahun. Saat ini sedang menempuh kuliah Jurusan Sastra Jerman UNESA dan bercita-cita menjadi dosen. Sangat mencintai bahasa dan tertarik dengan dunia jurnalistik dan kepenulisan. Waktu luangnya dihabiskan untuk membaca, menulis, dan mengantuk.