Public Speaking Kurang Percaya Diri? Ketahui 6 Tips Ini!

Pernahkah kamu mengikuti seminar atau workshop? Kalau pernah, adakah di dalam benak kamu bagaimana seorang speaker bisa begitu jago dalam menyampaikan materi kepada peserta? Kok bisa ya, dia pintar sekali membawa suasana keceriaan sehingga materi yang disampaikan tidak membosankan? Sebenarnya setiap orang memiliki rasa takut saat harus melakukan public speaking. Namun, bagi mereka yang mempunyai tugas untuk berbicara menyampaikan materi atau presentasi, mau tidak mau mereka harus mampu untuk mengatasi rasa cemas dan takut saat berbicara dengan orang banyak.  

Bagaimana sih, kiat agar kita lebih percaya diri saat berada di depan khalayak? Adakah cara agar public speaking berjalan lancar? Untuk itu, yuk, simak artikel berikut!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Menguasai Materi

Public Speaking Kurang Percaya Diri? Ketahui 6 Tips Ini!
Memahami apa yang ingin kita sampaikan akan menambah informasi agar terserap kepada lawan bicara

Sebelum memulai kegiatan, ada baiknya kamu memanfaatkan waktu untuk menguasai materi yang ingin disampaikan. Tentunya materi tersebut sudah kamu siapkan beberapa hari sebelumnya dan isi pesannya bisa tersampaikan dengan baik kepada audiens. Tips agar memudahkan untuk menguasai materi, coba gunakan keynote untuk latihan public speaking kamu dan gunakan bahasa yang kamu rasa mudah untuk memahaminya. Hal ini akan melatih improvisasi kita, terutama saat akan interview kerja atau presentasi kerja. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Menganggap Layaknya Sedang Berbicara 

Public Speaking Kurang Percaya Diri? Ketahui 6 Tips Ini!
Pembawaan yang baik dan santai lebih efektif untuk dipahami bagi orang lain

Pernahkah kamu melihat speaker melakukan interaksi kepada audiens? Hal tersebut bermanfaat untuk mengurangi rasa takut saat dirinya dalam menyampaikan materi. Teknik ini juga berguna untuk membangun rasa kepercayaan diri secara instan.

Saat kamu akan presentasi, cobalah perlakukan presentasi itu seperti layaknya sedang berbicara dengan pendengar. Dengan demikian, cara ini akan membantu menurunkan rasa nerveous kita, lo!

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Tanamkan Terus Self-Affirmation 

Public Speaking Kurang Percaya Diri? Ketahui 6 Tips Ini!
Sesuatu yang baik dimulai dengan cara kita berpikir positif sehingga butuh dukungan dari dalam diri 

Berpikir positif adalah hal yang paling sulit, tetapi justru manfaatnya sangat baik. Sebelum dan setelah presentasi, berikan sugesti kepada diri kamu untuk terus menambah kepercayaan diri selama presentasi berlangsung. Contohnya, “Ini akan berjalan lancar,” “Audiens akan dengerin, kok! “ atau “Udah tenang, materinya udah oke.”

Menanamkan self-affirmation secara terus menerus dalam diri kamu akan membantu membangkitkan mood saat sedang public speaking. 

4. Menganggap Audiens Berada di Pihak Kita

Proses aktivitas akan berjalan lancar manakala kita fokus dengan apa yang ada dihadapan kita
Proses aktivitas akan berjalan lancar manakala kita fokus dengan apa yang ada dihadapan kita

Saat sedang presentasi, anggaplah audiens berada di pihak kamu. Buanglah asumsi-asumsi bahwa khalayak tidak mendengarkan materi yang kamu sampaikan atau reaksi buruk yang seringkali membuat kamu merasa down. Jika kamu tidak bisa mengabaikan pikiran negatif yang timbul, maka hal ini akan membuat kamu nerveous saat menyampaikan materi.

Apabila kondisi itu terjadi, kembalikan fokus kepada apa yang ingin kamu sampaikan dan alihkan perhatian dari distraksi ketika kamu sedang menyelesaikan materi.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

5. Breathe!

Public Speaking Kurang Percaya Diri? Ketahui 6 Tips Ini!
Penyampaian menjadi lebih mudah dipahami jika kita juga pandai mengatur intonasi

Ketika di tengah-tengah presentasi kamu gugup, tidak ada salahnya kamu mengambil jeda untuk bernafas dan mengumpulkan energi sebelum menyampaikan pidato kembali. Setelah itu, selesaikan speech-mu dan tampilkan yang terbaik!

6. Perbanyak Latihan

Public Speaking Kurang Percaya Diri? Ketahui 6 Tips Ini!
Berlatih adalah kunci utama sebuah keahlian mencapai prestasi tertingginya

Seorang pembicara tidak terlepas dengan yang namanya latihan. Oleh sebab itu, para public speaker biasanya memang sudah sangat bagus. Sebelum pidato, latih kembali keynote yang sudah kamu tulis sebagai poin-poin dari materi, belajar cara-cara penyampaian isinya, dan manfaatkan waktu 30 menit sebelum tampil untuk fokus membangkitkan mood kamu. 

Lakukan sebelum dan setelah melakukan public speaking dengan langkah-langkah penting seperti melatih vokal, struktur kalimat, dan gestur. Temukan cara yang tepat untuk melatih keahlian pidato dari berbagai opsi, seperti lewat video di YouTube, baca buku, dan menulis untuk membantu menstimulus strukturisasi. Public speaking juga bisa kita latih melalui percakapan sehari-hari.

Nah, seperti yang sudah dibahas di atas, dalam mengasah skill berbicara, yang terpenting bukan hanya speak a lots, tetapi isi pembahasan yang tersampaikan kepada audiens dengan baik. Tentu saja, kamu sebagai pembicara akan sangat senang jika apa yang kita bicarakan dapat audiens terima. Jadi, buat kamu yang ingin public speaking-nya mahir, maka perbanyaklah latihan untuk bisa membangun kepercayaan diri dalam berbicara di depan umum.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Oiya, agar kemampuan berbicara kamu semakin canggih, perlu banget nih, untuk check berbagai pelatihan, bootcamp, dan mentoring yang tersedia hanya di MySkill.id! Nggak hanya itu aja, kamu juga bisa medapatkan banyak informasi seputar lowongan kerja dan blog yang berisi segudang artikel tentang pengembangan diri.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan