6 Alasan Kenapa Membuat Rencana Karir Itu Penting

Mencapai karir impian tidak sebatas belajar yang rajin di sekolah atau universitas, kita juga perlu untuk membuat rencana karir. Tujuannya apa? Agar lebih fokus dan terarah demi masa depan yang indah. Pasti setiap orang memiliki goals-nya masing-masing kan?

Melalui perencanaan karir ini, kamu akan tahu langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan atau target posisi impian. Lalu, apa saja manfaat lain ketika membuat rencana karir? Yuk, simak bareng MySkill.id ya!

1. Menetapkan Tujuan yang Jelas Pada Rencana Karir

menulis rencana karir
Setting your goals

Kita selalu diajarkan untuk memiliki tujuan dalam melakukan sesuatu. Ketika sudah memiliki tujuan sejak awal, tentu selanjutnya kita menjadi lebih fokus untuk mencapai hal tersebut. Kemungkinan untuk mengalami kecemasan atau stres juga berkurang. Kenapa begitu? Karena kita akan mengetahui apa yang sedang kita kerjakan itu benar atau tidak, sesuai atau tidak, dan berhasil atau tidak.

2. Membuat Diri Menjadi Lebih Produktif

mengetik tujuan rencana karir di laptop
It leads you to productivity

Semakin sering melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan, maka akan semakin cepat langkah kita untuk mencapai tujuan karena memiliki tekad yang jelas. Misalnya  tujuan kamu adalah mengumpulkan pekerjaan rumah pada hari Rabu minggu depan, maka tugasmu tentu saja mengerjakan PR tersebut. 

Buatlah jadwal untuk mengerjakannya, kesampingkan dahulu kegiatan-kegiatan yang bukan prioritas, dan kurangi distraksi. Mau selesai dalam satu hari atau beberapa hari itu tergantung diri sendiri. Melalui timeline yang jelas, kamu akan menjadi lebih produktif dan terhindar dari hal-hal yang mungkin menghambat terselesaikannya suatu kegiatan.

3. Rencana Karir Untuk Mendapat Pekerjaan Impian

karir impian
Reach your dream job

Jika tujuan kamu adalah menjadi seorang general manager, maka rencana karir akan sangat membantu untuk mencapai posisi tersebut. Dalam mengejar karir impian, tentu kamu akan memulainya dari bawah. It takes time dan mungkin saja butuh waktu bertahun-tahun. Sehingga, bekerja keraslah untuk mendapatkan peluang menjadi kandidat pada pekerjaan yang benar-benar kamu impikan. 

4. Have Plenty of Time to Prepare

jam pasir
You have plenty of time to prepare yourself

Setelah memiliki rencana karir, pasti kita akan memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Misal ketika ingin menjadi seorang dosen, maka setelah lulus kamu harus mempersiapkan diri lagi untuk melanjutkan S2. Kalau ingin masuk melalui jalur beasiswa, kamu perlu belajar lebih giat lagi atau berlatih untuk membuat paper jauh-jauh hari.

5. Berperan Penting Dalam Perencanaan Pensiun

pasangan lanjut usia di pantai
Rencanakan tabungan untuk pensiun

Rencana karir memang tepat untuk mencapai posisi impian. Namun, tidak muluk-muluk bahwa perencanaan pensiun juga harus ikut kita pikirkan. Maka dari itu, pemikiran tentang keuangan juga harus ikut andil dalam perencanaan karir. Hal ini perlu untuk kita lakukan demi mempersiapkan tabungan masa tua atau setelah pensiun nantinya.

6. Rencana Karir Membantu Mengevaluasi Diri Sendiri

menyusun rencana karir
Self-evaluation

Dalam merealisasikan rencana karir yang telah dibuat, kita dapat mengevaluasi minat dan gaya kerja diri sendiri. Seseorang akan tahu di mana kemampuannya atau hal apa yang ternyata tidak works baginya. Sehingga kedepannya, kita akan fokus untuk memperbaiki hal tersebut. 

Ketika ternyata kamu merasa memiliki minat lain di luar pekerjaanmu sekarang, cobalah untuk mengikuti kursus atau sertifikasi lainnya. Hal ini akan membantu kamu untuk menemukan minat tambahan. Namun, tetap ingat untuk tidak melakukan sesuatu yang mengganggu pekerjaan saat ini ya!

Itu dia 6 alasan kenapa menyusun rencana karir itu penting. Suatu perencanaan pasti akan mengarahkan ke tujuan yang telah kita tetapkan. Biar nanti nggak bingung ketika ada yang bertanya “mau jadi apa?” atau “setelah lulus kuliah mau ngapain?”. Kira-kira ada lagi tidak alasan kenapa perencanaan karir itu penting? Boleh drop jawaban di kolom komentar ya teman-teman.

Sudah punya target karir impian tapi masih bingung harus mulai dari mana? Tenang-tenang, MySkill.id ada penawaran bagus buat kamu yaitu gabung belajar bareng di kelas Mempersiapkan Karir Profesional. Di kelas ini, kita akan membahas mengenai persiapan akademik, kebutuhan industri saat ini, soft skill dan hard skill, serta proses pencarian kerja. Informatif dan bakal bermanfaat banget kan? Ayo buruan gabung! 

Editor: Valentina Yasyfa