Absensi online merupakan suatu sistem yang berfungsi untuk merekam dan mencatat kehadiran karyawan melalui website atau aplikasi.
Semenjak berlakunya work from home, banyak perusahaan di Indonesia yang mulai beralih menggunakan cloud computing dalam mengelola presensi anggota perusahaan.
Nah, bagi kamu yang ingin beralih menggunakan absensi digital, berikut adalah 5 aplikasi dan situs absensi online yang mudah dan tepercaya!
1. Situs Absensi Online Hadirr

Rekomendasi platform absensi online yang pertama adalah Hadirr. Aplikasi berbasis web (e-absensi) dan reimbursement ini berfungsi untuk memantau kinerja karyawan khususnya bagi pegawai work from home (WFH), pekerja lapangan, dan tim sales.
Dalam hal ini, karyawan bisa merekam kehadiran serta durasi overtime (lembur) hanya dengan perantara gadget atau smartphone. Berikut adalah keunggulan menggunakan aplikasi Hadirr:
- Menggunakan teknologi berbasis GPS (Global Positioning System) sehingga di manapun karyawan berada tetap bisa terdeteksi.
- Memiliki sistem pengenalan wajah (face recognition) untuk mengurangi kecurangan absensi.
- Minim kontak dengan orang lain karena tidak perlu bergantian menggunakan absen fingerprint.
- Terintegrasi dengan software Gadjian.
Adapun beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi Hadirr antara lain:
- Absensi Digital
Pada fitur ini, karyawan cukup melakukan selfie agar kedatangan mereka bisa terdeteksi oleh sistem.
- Client Visit
Fitur berikutnya, dalam aplikasi Hadirr ialah client visit yang dapat dimanfaatkan oleh tim sales dan pekerja lapangan untuk mencatat jadwal kunjungan klien secara real time.
- Timesheet Online
Kemudian, selain absensi Hadirr juga memungkinkan para karyawan untuk mencatat list pekerjaan harian pada smartphone sehingga HR dapat memantau produktivitas mereka.
- Reimbursement Online
- Lend App
Berikutnya, salah satu kegunaan dari fitur Lend App adalah memudahkan seorang HR ketika lupa membawa telepon genggam. Adanya Lend App membuat HR tetap bisa memantau karyawan melalui ponsel rekan kerja yang lain.
- Shifting
- Lembur Karyawan
2. Aplikasi Absensi Online Talenta

Platform absensi online berikutnya adalah Talenta. Diprakarsai oleh perusahaan Mekari, Talenta menghadirkan berbagai fitur yang dapat mempermudah pekerjaan HR, salah satunya dalam hal absensi.
Melalui menu attendance, seorang HR dapat mengelola kehadiran mulai dari penjadwalan shift, mobile check in, real time monitoring, dan rekap laporan kehadiran secara otomatis. Berikut adalah keunggulan fitur attendace dari Talenta:
- Sistem penjadwalan yang lengkap.
- Dapat memantau kehadiran secara real time.
- Meminimalisir kecurangan dalam absensi.
- Cuti dan lembur yang telah terhubung dengan sistem payroll.
Baca juga: Mengenal Software Talenta: Definisi, Fitur, dan Cara Menggunakannya
3. SmartPresence

Aplikasi SmartPresence merupakan platform absensi online berbasis cloud yang dapat diakses melalui browser untuk dasbor dan melalui aplikasi seluler untuk record data karyawan. Hingga saat ini, SmartPresence memiliki fitur pola pengenalan wajah, pelacakan GPS, notifikasi, dan pengambilan foto saat proses absensi.
Berikut adalah beberapa fitur dan keunggulan SmartPresence:
- Melacak Waktu
Melalui fitur ini, pelacakan waktu dapat dilakukan dengan mudah melalui smartphone, serta para karyawan dapat melakukan rekam absensi dari mana dan kapan saja.
- Mengelola Waktu
Fitur berikutnya dari SmartPresence ini berfungsi untuk menghitung waktu keterlambatan, pulang mendahului, absen, lembur, lama kerja, dan pengelolaan waktu lainnya.
- Mengelola Jadwal
Kemudian, sesuai namanya, melalui fitur ini para pengguna dapat mengelola jadwal kerja shift maupun full time, serta jam kerja khusus dan pengaturan jam kerja lainnya.
- Laporan Waktu
Terakhir, dengan fitur ini pengguna bisa mengakses berbagai macam laporan melalui aplikasi mobile maupun web secara realtime. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mengekspor laporan dalam bentuk Microsoft Excel atau CSV.
4. AbsenKu

Setelah Talenta dan SmartPresence, AbsenKu merupakan aplikasi yang recommended untuk mencatat kehadiran karyawan. Berikut adalah fitur-fitur menarik yang terdapat dalam aplikasi AbsenKu:
- Geolocation, yakni untuk mempermudah absensi dari mana saja.
- Permohonan izin dan cuti.
- Laporan kehadiran.
- Mengelola shift.
- Pengajuan jam lembur.
- Laporan aktivitas karyawan secara real time.
- Anti fake GPS, yakni karyawan tidak dapat memanipulasi lokasi.
- Informasi gaji.
Baca juga: CRM: Definisi, Komponen, dan Manfaatnya untuk Perusahaan
5. Appsensi

Bagi pemilik bisnis kecil atau UMKM, aplikasi absensi online yang satu ini dapat menjadi alternatif untuk meringankan pekerjaan. Selain mudah untuk digunakan, Appsensi telah memiliki berbagai testimoni positif dari berbagai perusahaan yang pernah menggunakan fitur-fitur mereka. Oleh karena itu, aplikasi ini cocok untuk digunakan karena fitur-fiturnya yang sangat membantu.
Berikut adalah beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi Appsensi:
- Laporan aktivitas.
- Pengajuan klaim.
- Manajemen shifting.
- Face recognation.
- Penanda lokasi.
- Pengajuan cuti.
- Payroll.
- Earned Wage Access.
Itulah 5 rekomendasi aplikasi dan situs absensi online yang mudah dan tepercaya. Nah, selain penggunaan aplikasi yang mendukung, yuk, tingkatkan pula kemampuan mengelola perusahaan maupun bisnis dengan mengikuti E-Learning dan Bootcamp dari MySkill!
Editor: Deden Usman Hafidi