Muhamad Farel Lufiara Muhamad Farel Lufiara, 21. Penggemar pop-culture dan game. Penggiat sejarah teknologi dan politik. Hobi membaca komik dan menonton film. Saat ini aktif menulis di blog pribadi dan menjadi anggota badan legislatif kampus.

Ingin Beriklan di Facebook? Kenali Beragam Jenis Iklannya!

1 min read

Agar dapat memperkenalkan usaha atau produk yang saat ini menjadi bisnismu, kamu dapat memanfaatkan iklan. Dengan iklan, kamu dapat menjangkau audiens lebih banyak dan lebih mudah.

Banyak media yang menawarkan tempat untuk beriklan dan Facebook menjadi salah satunya. Hal ini karena Facebook memiliki banyaknya pengguna dan jangkauannya pun luas. Kamu juga ingin memanfaatkan Facebook untuk beriklan? Mari kenali terlebih dahulu jenis-jenis iklannya!

1. Iklan Gambar

Jenis iklan paling simpel dan sering terlihat di Facebook.
https://www.pexels.com/photo/person-using-a-smartphone-5082579/
Jenis iklan paling simpel dan sering terlihat di Facebook.

Jenis iklan yang pertama adalah iklan gambar. Dengan iklan ini, kamu dapat menggunakan post bergambar yang sudah kamu unggah dan membagikannya. Usahakan desain gambar yang kamu buat menarik. Dengan begitu, produk atau bisnis yang kamu miliki akan menarik perhatian pengguna Facebook dengan lebih mudah.

2. Iklan Video

Dengan iklan video produkmu akan semakin menarik.
https://www.pexels.com/photo/black-camera-recorder-66134/
Dengan iklan video produkmu akan semakin menarik.

Iklan selanjutnya adalah iklan video. Dengan iklan video, kamu dapat menjajakan bisnismu melalui feeds dan stories yang ada di Facebook. Dengan begitu para pengguna akan melihat produk yang kamu tawarkan dengan mudah.

Video yang kamu gunakan juga tidak harus video rekaman profesional yang sulit. Kamu dapat mengkreasikan video-video unik. Jangan lupa untuk buat sebaik dan secantik mungkin agar kamu dapat menarik perhatian pengguna Facebook.

3. Iklan Polls

Iklan polls memberikan interaksi antara kamu dan para pengguna Facebook.
https://www.pexels.com/photo/person-holding-a-card-7581108/
Iklan polls memberikan interaksi antara kamu dan para pengguna Facebook.

Polls merupakan tipe iklan yang hanya dapat dilihat di versi mobile Facebook. Kamu dapat menggunakan iklan gambar atau video dan menambahkan polling. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan tautan di polling yang kamu buat dan melihat berapa total hasil polling-nya.

Tipe iklan ini sangat kreatif dan dapat kamu manfaatkan untuk menarik minat para pengguna Facebook.

4. Iklan Carousel

Iklan ini dapat menampilkan kelebihan masing-masing produk.
https://www.pexels.com/photo/carousel-with-lights-1403653/
Iklan ini dapat menampilkan kelebihan dari masing-masing produk.

Kamu dapat menggunakan jenis iklan ini untuk menampilkan 10 gambar atau video yang merepresentasikan produk atau bisnismu. Kamu dapat menggunakan bentuk iklan ini untuk menampilkan kelebihan masing-masing produk yang kamu tawarkan.

Masing-masing gambar dapat kamu sematkan dengan tautan yang langsung menuju ke etaase produkmu. Dengan begitu, para pengguna Facebook tidak akan kesulitan jika mereka ingin membeli produk yang kamu tawarkan.

Baca juga: 8 Istilah Penting Facebook Ads yang Wajib Kamu Tahu

5. Iklan Collection

Kamu dapat langsung membeli dari Facebook dalam jenis iklan ini.
https://www.pexels.com/photo/pile-of-covered-books-159751/
Kamu dapat langsung membeli dari Facebook dalam jenis iklan ini.

Jenis iklan yang terakhir adalah collection. Dengan jenis iklan ini, kamu dapat menawarkan barang dengan lebih kreatif lagi. Iklan collection hanya dapat kamu lihat melalui versi mobile Facebook. Jenis iklan ini juga memberikanmu tempat untuk membagikan gambar atau video kepada pengguna Facebook. Perbedaannya iklan ini menggabungkan instant experiences, sehingga para pengguna Facebook tidak perlu keluar dari Facebook untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Misalnya video yang kamu gunakan adalah video memasak, dengan jenis iklan ini barang yang kamu gunakan dalam video akan dapat langsung dibeli oleh pengguna Facebook.

Kamu tertarik untuk beriklan di Facebook? Dengan penggunanya yang begitu banyak, kamu dapat menawarkan produk dan bisnismu dengan jangkauan yang sangat luas. Hebatnya, MySkill memiliki Kelas Dasar Facebook Ads. Dengan begitu, kamu akan semakin siap untuk memahami bagaimana Facebook Ads bekerja dan meningkatkan bisnismu dengan cepat!

Baca juga: Mana yang Lebih Efektif, Facebook Ads atau Google Ads? Ini 5 Perbandingannya!

Editor: Resti Hanafiani

Muhamad Farel Lufiara Muhamad Farel Lufiara, 21. Penggemar pop-culture dan game. Penggiat sejarah teknologi dan politik. Hobi membaca komik dan menonton film. Saat ini aktif menulis di blog pribadi dan menjadi anggota badan legislatif kampus.