Pentingnya Brand Awareness untuk Bisnis, Ini Cara Membangunnya!

Pernahkah Sobat mendengar istilah “Brand Awareness” ? Yup, pengertian ini merujuk pada kesadaran konsumen dalam mengenal sebuah merek. Semakin tinggi tingkat kesadaran brand yang dimiliki konsumen, maka semakin besar juga potensi merek tersebut untuk dibeli dan digunakan berulang oleh pembeli. Untuk itu, brand awareness sangat penting sekali ditanamkan dalam pikiran para user. Tujuannya untuk meningkatkan niat beli mereka akan suatu produk.

Apakah Sobat tahu, bahwa bentuk warna, simbol, maupun logo dapat mengasosiasikan ingatan dan perspektif seseorang terhadap suatu merek pada produk atau jasa tertentu? Sebagai contoh, ketika ada platform e – commerce berwarna hijau, apa yang terlintas dalam pikiran kamu? Atau ketika melihat tampilan laptop yang melambangkan apel yang tergigit, pastilah kalian semua langsung tahu apa merek laptop itu, kan? Nah, poin inilah disebut sebagai brand awareness!

So, pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian brand awareness, manfaat, dan cara membangunnya dalam dunia bisnis!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Pengertian Brand Awareness

Bentuk logo MC Donalds sangat mudah diingat oleh banyak orang
Bentuk logo MC Donalds sangat mudah diingat oleh banyak orang

Dalam bahasa Indonesia, brand awareness adalah kemampuan konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat sesuatu. Hal ini mencakup dari segi warna, logo, image, dan lainnya yang menggambarkan identitas suatu brand

Kemampuan konsumen dalam brand memorizing ini perlu untuk kita ciptakan dan pelajari. Mengapa?Karena akan jadi faktor utama yang menentukan perilaku konsumen pada saat pengambilan keputusan untuk melakukan suatu pembelian.

Manfaatnya dalam Dunia Bisnis

Campaign marketing yang menarik dan memiliki pengembangan yang baik akan selalu menjadi pusat perhatian banyak orang
Campaign marketing yang menarik dan memiliki pengembangan yang baik akan selalu menjadi pusat perhatian banyak orang

Dengan menerapkan strategi branding sekaligus meningkatkan kesadaran merek sebuah produk tertentu, maka akan mendatangkan beragam reaksi dan feedback yang besar untuk perusahaan. Branding yang bagus dapat mengubah dan mendorong perspektif serta opini masyarakat menjadi positif dan akhirnya target pasar pun akan menjadi semakin luas.

Fakta tersebut memberi kesimpulan bahwa brand awareness bisa membuat sebuah produk yang ditawarkan perusahaan melejit di pasaran. Berikut ini beberapa manfaatnya dalam dunia bisnis:

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Dapat Meningkatkan Keberadaan Merek

Perusahaan atau UMKM yang memiliki brand produk yang dikenali masyarakat luas merupakan sebuah pencapaian yang sangat bagus. Buatlah campaign marketing yang unik, berkesan, dan mudah konsumen ingat akan brand itu sendiri.

Nilai Jual Naik

Apabila peningkatan sadar merek imbang dengan kualitas produk yang kita miliki dan layanan pendukungnya baik, maka tidak akan heran jika ada konsumen yang tetap bertahan untuk membeli produk perusahaan/usaha bisnis itu sendiri. Terdapat banyak cara yang bisa kita lakukan, mulai dari packaging yang menarik, menjual paket bundling, dan banyaknya ulasan (review) positif dari pengguna yang setia dengan produk/jasa Sobat.

Menarik Pelanggan Baru

Ada sebuah istilah unik dari konsep marketing yang menyebutkan bahwa “Jika satu konsumen puas, maka ia akan mengajak 10 orang temannya untuk menggunakan produk dari merek yang sama”. konsep pemasaran secara tradisional ini disebut sebagai World Of Mouth yang masih eskis dan banyak orang terapkan hingga saat ini.

Value sebagai Bentuk Kepercayaan

Melakukan strategi branding dengan cara yang benar dan profesional dapat mendongkrak banyak sekali kepercayaan orang yang datang. Bisa dari sisi konsumen ataupun investor. Oleh karena itu, perusahaan/usaha bisnis perlu menyusun sekaligus membangun merek yang menekankan pada expertise dalam bidang tertentu.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Membangun Brand Awareness yang Baik untuk Bisnis

Kita wajib selalu berinteraksi agar menjaga kepuasaan, meyakinkan, dan mendapatkan masukan dari para konsumen
Kita wajib selalu berinteraksi agar menjaga kepuasaan, meyakinkan, dan mendapatkan masukan dari para konsumen

Agar bisa membangun brand awareness yang bagus dan menarik masyarakat luas, pebisnis perlu menjalankan kampanye pemasaran yang dapat membuat calon targert market mau mengenal lebih jauh. Bahkan, lebih baik lagi jika ada pembelian produk dari merek tersebut.

Sebelum kita menjalankan strategi iklan di Facebook atau Google, pastikan dulu tim memahami beberapa cara untuk membangun kesadaran yang kuat dan berdampak positif. Hal ini penting agar aktivitas dan biaya pemasaran untuk mempromosikan bisnis mereka tidak menjadi sia-sia. Berikut ini adalah tips yang bisa Sobat ikuti: 

a. Jadilah Sahabat, Bukan Penjual

Kenali calon pelanggan karena berbisnis tidak hanya sekadar menjual produk saja! Identifikasikan mereka mulai dari hobi, keinginan, hingga minatnya. Oleh karena itu, pikirkan bagaimana cara untuk menjelaskan tentang bisnis mereka masing-masing, misalnya dengan kata-kata tertentu yang menjadi ciri khas.

b. Bersosialisasi Mampu Meningkatkan Brand Awareness

Lakukan soft selling sebagai penyeimbang dari hard selling. Berinteraksilah dengan target marketmu, ajukan pertanyaan, berikan komentar, atau retweet atau re-shared konten yang Sobat suka dan masih relevan dengan produk yang kita tawarkan. Dengan menggunakan akun media sosial merek bisnis, kita memposisikan diri sebagai orang biasa ingin mencari teman, bukan hanya berjualan dan menghasilkan uang.

c. Bercerita

Orang sangat menyukai mendengarkan cerita tentang satu sama lain. Namun, hanya narasi yang orisinil yang akan memberikan dampak dan tentunya membantu meningkatkan brand awareness. Bercerita adalah taktik pemasaran yang sangat kuat, baik dalam memasarkan produk atau mempromosikan merek bisnis kamu. 

d. Mudah untuk dijangkau banyak orang

Kesadaran merek merupakan sebuah efek. Bagaimana caraperusahaan berinteraksi dengan para pelanggan dengan cara yang tidak secara gamblang meminta uang, partisipasi, atau loyalitas. Mau apapun produk yang tawarkan maupun marketing champaign yang kita gunakan, selalu ciptakan kesempatkan agar target market mudah bisa dengan mudah membagikan konten.

Konten yang kita buat bisa berupa seperti postingan blog, konten bersponsor, video, feed, atau halaman produk di website. Tak hanya itu saja, pemasaran dengan cara mouth-to-mouth bisa menjadi trik paling efektif untuk membangun kepercayaan dan keakraban dengan konsumen.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Semoga Sobat paham dengan semua penjelasan artikel ini, ya! Apabila Sobat MySkill tertarik bekerja menjadi digital marketer, kalian bisa nih, mengembangkan keterampilan digital marketing di berbagai pelatihan di sini. Nggak hanya itu aja kok, guys! Banyak bootcamp menarik yang bisa kamu apply secepatnya! Mau review CV kamu agar semakin cepat lolos di perusahaan impianmu juga bisa, lo! So, tunggu apa lagi?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Penulis: Arief Budiman

Editor: Alifa Justisia

Tinggalkan Balasan