5 Cara Mendapat Promosi Jabatan bagi Karyawan, Sudah Tahu?

Dalam dunia karier, siapa pun pasti menginginkan yang namanya promosi jabatan. Kerja keras yang telah kamu lakukan selama ini seolah terbayar lunas dengan adanya harapan kenaikan jabatan. Tak mengherankan jika hal ini menjadi suatu motivasi setiap karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Salah satu keuntungan dari setiap promosi biasanya berupa kenaikan gaji dan fasilitas yang diterima, walaupun tugas dan tanggung jawab yang harus diemban juga lebih besar. Kali ini, MySkill akan membagikan informasi mengenai cara mendapat promosi jabatan bagi karyawan. Yuk, simak!

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

1. Menjaga Sikap dan Perilaku Saat Bekerja

cara mendapat promosi jabatan
Menjaga attitude merupakan aspek penting dalam bekerja

Hal dasar dan paling penting yang harus selalu kamu ingat adalah menjaga sikap dan perilaku saat bekerja. Pasalnya, ini bisa menjadi salah satu poin penilaian dari atasan. Jangan berbuat macam-macam atau sesuatu hal yang nyeleneh, apalagi melanggar aturan. Sebab, meskipun memiliki skill yang memadai, tetapi jika attitude-mu buruk, maka atasan cenderung tidak akan melirik untuk mempromosikanmu.

Selain itu, hindari membicarakan hal-hal negatif atau mengeluhkan segala sesuatu terkait perusahaan tempatmu bekerja, pada rekan kerja terdekat sekalipun. Hal ini bisa menularkan energi negatif ke lingkungan kerja dan menciptakan kesan yang kurang baik di mata atasan.

Pada akhirnya, hal tersebut juga bisa membuat poin penilaian leadership-mu berkurang karena seorang pemimpin yang baik seharusnya bisa memotivasi bawahannya. Intinya, sebisa mungkin ciptakanlah kesan-kesan yang positif saja dari dirimu.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

2. Bangun Komunikasi dan Relasi yang Baik

menjalin hubungan dengan rekan kerja
Jalinlah hubungan yang baik terutama dengan rekan satu tim

Membangun komunikasi dan networking juga merupakan salah satu cara mendapat promosi jabatan di kantor. Komunikasi merupakan aspek penting dalam dunia kerja, terutama ketika sudah naik jabatan nanti, mengingat kamu akan memiliki bawahan yang perlu dibimbing sewaktu bekerja. 

Oleh karena itu, mulai dari sekarang, kamu perlu membina komunikasi yang baik dengan bos, rekan satu tim, maupun rekan kerja lain di divisi yang berbeda. Bukan hanya dari cara bicara, tetapi juga tutur bahasa dan bagaimana kamu aktif menjalin komunikasi dengan semua karyawan di lingkungan kantor dalam konteks yang positif.

Selain cara berkomunikasi, kamu juga perlu belajar untuk membangun relasi atau networking. Jika kamu sudah memiliki banyak relasi, atasan akan melihat kamu sebagai karyawan yang supel dan mampu berkomunikasi dengan baik pada banyak orang, sehingga ketika dipromosikan ke jabatan lebih tinggi, kamu dapat memanfaatkan relasi tersebut untuk kemajuan perusahaan.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Asah Skill Kepemimpinan

cara mendapat promosi jabatan
Berpendapat dalam rapat adalah salah satu cara menunjukkan skill kepemimpinan

Setiap atasan pasti ingin mengangkat seseorang yang punya leadership skills yang baik dan cocok untuk memimpin orang lain. Sikap ini mencakup cara kamu berkomunikasi, mengambil keputusan, hingga menghadapi masalah-masalah tertentu.

Kamu bisa mengasah skill kepemimpinan ini mulai dari hal-hal kecil, seperti berani mengeluarkan pendapat dalam rapat, berani mengkritik dengan tata bahasa yang baik, hingga problem solving. Jika kinerjamu bagus, bukan tidak mungkin kamu akan mendapat promosi jabatan lebih cepat.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

4. Bekerja dengan Optimal

bekerja dengan sungguh-sungguh
Tunjukkan pada atasan bahwa kamu orang yang gigih

Bekerja seadanya adalah salah satu kesalahan yang mungkin tanpa sadar kamu lakukan dan menjadi penghambat bagimu untuk naik jabatan. Bukan hanya ogah-ogahan, mencuri waktu untuk menjelajahi media sosial maupun menonton serial favorit di tengah bekerja juga termasuk di dalamnya.

Alih-alih melakukan hal-hal tersebut, cobalah untuk memanfaatkan waktu santai dengan meng-upgrade diri dan membantu pekerjaan lain. Sebab, kinerja juga menjadi salah satu faktor yang akan menjadi penilaian atasan, di samping skill dan attitude. Oleh karena itu, bekerja dengan optimal juga merupakan salah satu cara mendapat promosi jabatan yang harus kamu perhatikan.

5. Sampaikan Keinginan Kamu dengan Alasan yang Tepat

menyampaikan keinginan untuk naik jabatan
Atur pertemuan dengan atasan dan sampaikan keinginanmu dengan baik

Perlu kamu tahu, tidak ada salahnya untuk menyampaikan keinginan terlebih dahulu tanpa menunggu atasan menawarkan kenaikan jabatan. Namun, tentunya kamu harus mengiringi hal ini dengan alasan yang tepat.

Kamu bisa mencoba untuk mengatur meeting dengan atasanmu dan mengungkapkan bahwa kamu menginginkan kenaikan jabatan. Selain itu, kamu juga bisa meminta feedback supaya tahu apa yang perlu kamu tingkatkan agar pantas untuk posisi tersebut.

Saat menyampaikan keinginan, hindari terlalu banyak menuntut dalam satu waktu, seperti naik gaji dalam rentang tertentu, benefit tambahan, hingga peningkatan fasilitas kantor. Hal semacam ini justru bisa membuat manajemen dan atasan jadi mempertimbangkan ulang tawaranmu untuk naik jabatan. Tentukan prioritasmu terlebih dulu, kemudian seiring berjalannya waktu, kamu bisa mendapatkan hal tersebut dengan menunjukkan kinerja terbaikmu.

Itulah 5 cara mendapat promosi jabatan bagi karyawan. Agar targetmu bisa lebih cepat tercapai, kamu bisa mengasah skill-mu dengan mengikuti E-Learning atau Bootcamp bersama MySkill.id!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Arin Khurota