Internet Marketing? Cari Tahu Strategi dan Manfaatnya!

Internet marketing menjadi salah satu jenis teknik pemasaran yang paling populer di era digitalisasi. Banyak orang mengakses berbagai informasi melalui internet. Selain itu, hampir semua sektor terhubung ke internet. Tidak terkecuali sektor bisnis yang mulai melakukan perubahan dalam strategi pemasaran.

Pada artikel ini, MySkill.id akan membahas mengenai apa itu internet marketing, tujuan penggunaannya, manfaat, hingga strategi yang efektif untuk mengembangkan bisnis. 

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Pengertian Internet Marketing

Pengertian Internet Marketing
Internet marketing adalah strategi pemasaran dan beriklan produk atau jasa menggunakan internet

Internet marketing adalah strategi memasarkan dan mengiklankan produk atau jasa dengan menggunakan jaringan internet. Strategi ini berfokus kepada pengguna internet dengan memanfaatkan berbagai platform dan tools berbasis online. Misalnya, situs web, e-mail, Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), dan media sosial. 

Tujuan Internet Marketing

Tujuan Marketing
Promosi jadi salah satu tujuannya!

Internet marketing bertujuan untuk promosi, meningkatkan penjualan, serta mendapatkan lebih banyak konsumen. Melalui jaringan internet, produk atau jasa yang suatu bisnis tawarkan dapat menjangkau berbagai sumber dan konsumen yang lebih luas. Bahkan, jangkauannya tidak terbatas pada suatu wilayah, tapi berskala global.

Melakukan promosi akan meningkatkan awareness sehingga konsumen lebih tertarik untuk mengetahui dan menggunakan produk atau jasa tersebut. Semakin banyak konsumen yang datang ke situs web atau platform lainnya, maka trafik pengunjung akan semakin baik. Hal ini kemudian akan merambah pada meningkatnya penjualan dan konsumen yang lebih banyak. 

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Manfaat Pemasaran Internet untuk Bisnis

Manfaat internet bagi pemsaran
Berbagai manfaat internet marketing untuk menunjang bisnis

Terdapat berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan internet marketing. Berikut ini MySkill.id telah merangkum beberapa di antaranya. 

1. Biaya Marketing Lebih Murah

Tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk mengembangkan bisnis melalui internet. Sebagai contoh, pemilik bisnis bisa memanfaatkan media sosial dengan maksimal. Alasannya, pembuatan akun media sosial dan proses penggunaannya tidak dipungut biaya sepeser pun. Meskipun beberapa media sosial menerapkan iklan berbayar, pemilik bisnis bisa memilih untuk beriklan di akun media sosial saja dan menjual produknya di beberapa situs e-commerce

Sementara itu, untuk beberapa strategi pemasaran internet yang memerlukan biaya, pemilik bisnis tetap dapat berhemat. Misalnya, membuat situs web dengan bantuan WordPress dan memasang iklan dengan konversi biaya yang sesuai budget di Google ads. Selama menggunakan strategi yang tepat sasaran, pengeluaran biaya untuk internet marketing akan jauh lebih murah.

2. Komunikasi dengan Konsumen Lebih Mudah 

Dengan penggunaan internet, pemilik bisnis dapat lebih mudah untuk terhubung dan berkomunikasi dengan konsumen. Sebagai contoh, pemesanan produk atau jasa bisa melalui media sosial, e-commerce, dan situs web toko. Selain itu, konsumen juga mendapat fasilitas layanan pengaduan yang waktunya fleksibel. Hal ini menjadi salah satu poin krusial untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen agar mereka puas. 

3. Jangkauan Konsumen dan Peluang Penjualan

Pengguna internet yang tidak terbatas menjadikan pemasaran melalui internet sangat potensial. Pemilik bisnis dapat memperoleh relasi tidak hanya dalam skala nasional saja, melainkan secara global. Dengan jangkauan yang luas tersebut, peluang penjualan pun akan meningkat. Sebab, konsumen dapat memperoleh informasi seputar produk atau jasa tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Strategi Penggunaan Pemasaran Internet

Strategi internet marketing untuk bisnis agar lebih berkembang

Berikut adalah beberapa strategi internet marketing yang bisa dicoba!

1. Membuat Blog dan Situs Web

Membuat sebuah blog pribadi atau perusahaan menjadi salah satu strategi internet marketing yang cukup efektif untuk memperoleh trafik pengunjung. Sebab, halaman blog akan menampilkan berbagai informasi dalam bentuk artikel. Untuk menjangkau trafik secara organik, perlu dengan mengoptimasi SEO agar dapat masuk pada SERP (Search Engine Result Page) dari Google. Hal ini juga berlaku untuk artikel di situs web. Secara umum, situs web akan memberikan berbagai pelayanan dan informasi mengenai bisnis serta perusahaan.

2. Meningkatkan Trafik Pengunjung dengan SEO

SEO atau Search Engine Optimization bertujuan untuk meningkatkan trafik pengunjung dan melakukan optimasi agar blog atau situs web dapat muncul di halaman utama mesin pencari. Ada banyak cara optimasi yang dapat pemilik bisnis lakukan dengan menggunakan prinsip SEO, seperti On Page, Off Page, dan riset keyword (kata kunci).

3. Menggunakan E-mail Marketing dan Media Sosial

E-mail marketing biasanya berisi konten dalam bentuk artikel maupun iklan terkait jasa atau produk yang perusahaan kirimkan melalui e-mail. Strategi ini menggunakan bantuan platform seperti Gmail dan Yahoo. Maraknya pengguna media sosial menguntungkan pebisnis untuk mempromosikan barang dan jasa yang ditawarkan. Saat ini, Facebook, Instagram, dan Twitter menjadi media sosial yang paling sering digunakan.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Itulah beberapa pembahasan mengenai internet marketing, mulai dari pengertian, tujuan, manfaat, dan strategi agar bisnis bisa lebih cepat berkembang. Sudah siap untuk mengembangkan bisnis yang kamu punya dengan internet marketing? Semoga bermanfaat! 

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Diah Ayu Chairani