Fathya Tyas Yudila Utami Fathya Tyas Yudila Utami, 20. Sedang dalam masa studi pada tahun ketiga di jurusan Antropologi Sosial. Sengaja tidak belajar berenang agar tetap tenggelam dalam arus sastra yang memabukkan. Menamai dirinya sebagai buruh tulis yang tuna kata, sebab terkadang huruf-huruf jahil tidak pulang ke dalam kepala. Bercita menerbitkan anak-anak kata yang telah lahir sejak lama dalam satu, dua, seribu halaman (bila mampu) agar diketahui pernah berbagi udara yang sama dengan mahluk bumi lainnya.

Belajar dari 4 Contoh Penggunaan CRM Supaya Bisnismu Semakin Outstanding!

2 min read

Masih bingung dalam menentukan strategi digital marketing yang tepat dalam pengembangan bisnis milikmu? Customer Relationship Management (CRM) bisa jadi solusinya, loh. Penggunaan CRM ini akan membantu perusahaanmu menjalin konektivitas dengan para konsumen. Keterkaitan yang terbangun antara keduanya akan bermanfaat untuk menjaga kredibilitas brand dan meningkatkan kadar kepercayaan konsumen terhadap produk.

Untuk menggunakannya, tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu contoh penggunaan CRM dalam berbagai hal. MySkill.id tidak akan membiarkanmu ketinggalan informasi berdaya guna ini. Simak empat contoh penggunaan CRM dalam upayanya membangun relasi dengan para pengguna, yuk! 

1. Menyajikan Layanan Customer Service adalah Contoh Dasar dari Penggunaan CRM

Sediakan customer service yang baik dalam usahamu.
Kritik dan saran lewat layanan customer service

Kamu pasti pernah melihat, bahwa layanan customer service tidak pernah absen keberadaannya pada merk-merk ternama. Percaya atau tidak, hubungan antara perusahaan dengan konsumen dapat terjalin lewat saran juga kritik yang mereka sampaikan lewat layanan tersebut. 

Customer service ini turut membantu perusahaanmu dalam memahami apa yang menjadi kebutuhan para pelanggan untuk lebih tersalurkan. Secara tak langsung, para konsumen turut ikut serta dalam upaya pengembangan produk yang kamu miliki. Jangan pernah bosan mendengarkan masukan dari ocehan para pelanggan ya, sobat MySkill.id.

2. Gunakan Sistem Pengundian Hadiah dalam Membangun Hubungan dengan Konsumen

Gunakan sistem giveaway yang menarik sebagai salah satu contoh penggunaan CRM.
Memancing konsumen lewat tawaran undian menarik!

Undian atau dalam masa ini ramai menjadi perbincangan dengan nama giveaway, juga merupakan salah satu upaya CRM untuk membentuk jaringan bersama pelanggan. Kompetisi ini akan membuat mereka merasa terlibat dengan perusahaanmu lewat berbagai challenge demi meraup hadiah menarik yang kamu sediakan. 

Relasi antara konsumen dan bisnismu akan semakin kuat, terlebih lagi bila mereka berhasil memenangkan undian tersebut. Kondisi ini akan semakin membangun rasa percaya dari pihak konsumen untuk tetap setia berhubungan dengan produkmu, loh!

Baca Juga: Meningkatkan Penjualan? Kenali Dulu Retargeting Ads Strategy

3. Socmed Termasuk dalam Contoh Media Penggunaan CRM, Loh!

Gencar berinteraksi lewat media sosial dengan konsumen.
Gunakan sosial media untuk menjalin interaksi dengan para konsumen

Perkembangan teknologi yang kian matang menawarkan banyak kemudahan bagi pemuka bisnis saat ini. Tak perlu risau lagi mendatangi konsumen secara door to door untuk menciptakan koneksi antara keduanya. Cukup dengan memanfaatkan keberadaan social media, kamu sudah bisa menyapa pelanggan secara luas dan tak terbatas!

Koneksi tersebut dapat terlihat dari ramainya interaksi pada media sosial yang kamu miliki. Semakin intens serta menarik branding suatu produk di kanal sosial, maka semakin ramai pula kunjungan yang terjalin di sana. Penggunaan media sosial dengan tepat akan mendatangkan banyak benefit di dalamnya, loh. Yuk, tunggu apa lagi?

4. Kepemilikan Member Card adalah Bagian dari Contoh Strategi CRM

Member card bisa jadi salah satu contoh penggunaan CRM.
Kartu ajaib ini bisa membuat konsumen terikat

“Sudah punya member cardnya, Bu?” Pertanyaan semacam ini tentu pernah kamu dengar di departement store saat tengah bertransaksi. Ya, secara tak langsung kamu telah terikat hubungan dengan sebuah perusahaan, brand, maupun produk saat telah memegang akses kartu member milik mereka. Keberadaan member card ini tentu akan menawarkan hal-hal menarik, seperti potongan harga khusus bagi setiap pemegang kartu.

Ini merupakan salah satu trik awam dari strategi CRM untuk membuat pelanggan berada dalam lingkaran koneksi yang mereka bangun. Ragam tawaran menarik tentu tidak akan dilewatkan oleh para konsumen, sehingga ini merupakan contoh yang bisa kamu tiru!

Nah, dari keempat contoh di atas mana yang rasanya paling sesuai untuk diterapkan dalam bisnis yang kamu rintis? Setiap strategi, tentu mempunyai kelebihan juga kekurangannya tersendiri. Namun, kamu pasti dapat menghadapi hal ini seiring berjalannya waktu.

Agar lebih matang dalam mengenal Customer Relationship Management (CRM) Marketing ini, kamu dapat mengakses laman MySkill.id untuk mendaftarkan diri pada kelas online tersebut. Jangan ragu untuk mendulang kebermanfaatan bersama MySkill.id, ya! Yuk, langsung checkout pilihan kelas yang kami punya.

Baca Juga: Gunakan 5 Jenis Digital Marketing Ini Supaya Produk Kamu Mudah Dilirik Konsumen

Editor: Agnes Zefanya Yonatan

Fathya Tyas Yudila Utami Fathya Tyas Yudila Utami, 20. Sedang dalam masa studi pada tahun ketiga di jurusan Antropologi Sosial. Sengaja tidak belajar berenang agar tetap tenggelam dalam arus sastra yang memabukkan. Menamai dirinya sebagai buruh tulis yang tuna kata, sebab terkadang huruf-huruf jahil tidak pulang ke dalam kepala. Bercita menerbitkan anak-anak kata yang telah lahir sejak lama dalam satu, dua, seribu halaman (bila mampu) agar diketahui pernah berbagi udara yang sama dengan mahluk bumi lainnya.