Nimas Arum Suryaning Tyas Nimas, 21. Saat ini masih berstatus sebagai Mahasiswi Sastra Inggris di Universitas Negeri Surabaya. Suka menulis sejak kecil, penggemar K-pop yang juga suka baca buku dan nonton film berbagai genre.

Desain User Interface: Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya untuk Bisnis

1 min read

desain user interface

Desain user interface (UI) bukan lagi istilah asing, bahkan desainer UI jadi salah satu profesi yang menjanjikan beberapa tahun terakhir. Desain user interface sering juga disebut UI design. Banyak perusahaan yang mencari profesi ini dan banyak generasi muda yang tertarik dengan bidang desain ini. Apakah kamu salah satunya? 

Nah, sebelum terjun secara profesional, perlu memahami dulu tujuannya dan mengapa desain antarmuka ini dibutuhkan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena MySkill.id mengajakmu untuk tahu lebih dalam terkait desain UI dan mengapa membutuhkannya. Simak selengkapnya di bawah ini! 

1. Definisi dan Tujuan User Interface Design 

desain user interface
Tujuan desain user interface

Apa itu user interface design? Desain UI atau user interface adalah proses membangun antarmuka yang fokus pada gaya dan tampilan yang interaktif bagi pengguna. Tujuannya untuk membuat tampilan antarmuka yang sederhana, mudah diakses oleh pengguna dan menyenangkan secara estetika. 

UI Design mengadaptasi konsep dari desain visual, interaksi, dan arsitektur informasi. Jadi, pengerjaannya mengantisipasi apa saja yang akan user perlukan dan lakukan selama menggunakan aplikasi, website, atau perangkat digital lainnya. Selain itu, desainnya juga harus mengkomunikasi brand value kepada pengguna.

Baca juga: Lingkup Kerja UI UX Designer: Jobdesc, Tugas dan Tanggung Jawabnya 

2. Manfaat dari User Interface

pentingnya desain user interface
Alasan desain UI dibutuhkan

Lalu, mengapa perusahaan membutuhkannya? Berdasarkan definisi dan tujuannya, sebetulnya telah memberikan petunjuk bahwa desain UI  itu dibutuhkan dan tidak boleh terabaikan. Jika perancangannya serius maka perusahaan akan hemat biaya, waktu, dan tenaga, loh!

Selain itu, perusahaan butuh UI design bermanfaat untuk meningkatkan keterlibatan dan retensi pelanggan mereka. Hal ini memberikan tingkat konversi yang lebih tinggi dan kemungkinan bouncing yang lebih rendah sehingga mendorong mereka untuk lebih setia pada brand atau produk.  

User interface design dapat membantu peningkatan produktivitas dan kualitas merek suatu bisnis. Artinya, dengan rancangan yang menarik dan navigasi yang ramah, pengguna tidak perlu membuang-buang waktu dan dapat memenuhi lebih banyak kebutuhannya dengan lebih efisien. Hal ini dapat berdampak pada volume penjualan dan meminimalisir sumber daya. Jadi, sudah tahu kan mengapa desain UI dibutuhkan?. 

Itulah pengertian, tujuan dan manfaat user interface design. Well, hal ini karena desain UI memiliki banyak benefit seperti yang telah MySkill.id sebutkan tadi. Selain itu, desain ini juga perusahaan butuhkan untuk mengurangi biaya pengembangan dan kemungkinan masalah yang terjadi kedepannya akan lebih sedikit, loh

Nah, banyak orang yang mulai merencanakan karier sebagai desainer UI/UX. Untuk kamu yang tertarik terjun ke bidang ini, kamu bisa tingkatkan pemahaman dan skill-mu bersama MySkill.id. Ada berbagai kelas, seperti Fondasi User Interface Design dan Tutorial Figma Untuk UI-UXMelalui kelas tersebut, kamu akan mempelajari elemen-elemen terkait fondasi, proses umum, prinsip dasar, atomic design, dan masih banyak lagi.

 Kamu juga dapat meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karier. Tersedia berbagai pelatihan upskilling melalui e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan metode yang menyenangkan. Menarik dan bermanfaat, kan? Yuk, gabung MySkill.id!

Editor: Alwan Kurnia

Nimas Arum Suryaning Tyas Nimas, 21. Saat ini masih berstatus sebagai Mahasiswi Sastra Inggris di Universitas Negeri Surabaya. Suka menulis sejak kecil, penggemar K-pop yang juga suka baca buku dan nonton film berbagai genre.