Divisi yang Tersedia di UFLP: Wajib Kamu Ketahui!

Unilever Future Leaders Programme (UFLP) merupakan program yang berlangsung selama tiga tahun untuk mempersiapkan pemimpin masa depan Unilever.  Para peserta program ini akan berhadapan dengan berbagai proyek dan peran yang menantang untuk menjadi seorang pemimpin masa depan.

Bagi Sobat Myskill.id yang ingin mendaftar UFLP, proses seleksi berlangsung dalam empat tahap. Dimulai dari seleksi CV, tes online, focus group discussion, sampai yang terakhir adalah presentasi individu dan wawancara. Namun, proses seleksi bisa berubah atau berbeda sesuai kebutuhan setiap divisi, ya!

Nah, Sobat Myskill.id mungkin bertanya-tanya divisi apa saja sih yang tersedia pada UFLP? Terdapat lima divisi, yaitu supply chain, marketing, human resources, customer development, dan Finance. Yuk, kenali lebih dalam kelima divisi tersebut!

1. Divisi yang Tersedia di UFLP Ada Supply Chain

Logistik

Sebagai inti dari operasi bisnis Unilever Indonesia, supply chain mencakup seluruh aktivitas operasional. Mulai dari pencarian sumber bahan baku hingga memastikan produk jadi Unilever sampai ke tangan konsumen. Bergabung di divisi supply chain, akan memberikan kesempatan bagi Sobat Myskill.id yang ingin terekspos ke semua area unit bisnis terbesar Unilever.

Divisi Supply Chain UFLP terbagi menjadi empat subdivisi, yaitu planning, procurement, manufacturing, dan logistics & customer service. Terdapat empat persyaratan umum bagi pendaftar divisi ini. Pertama, merupakan fresh graduate dari jurusan teknik atau yang berhubungan. Kedua, memiliki pengalaman bekerja kurang dari dua tahun. Ketiga, mempunyai IPK minimal 3,30.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Marketing, Pastinya Ada Juga Dong di Divisi UFLP

Divisi yang Tersedia di UFLP
Digital marketing

Jika Sobat Myskill.id bergabung dalam divisi marketing, Sobat Myskill.id akan bekerja dengan brand-brand Unilever. Sobat Myskill.id akan mengatur elemen-elemen esensial dari marketing mix dan bisa mengikuti World-Class Marketing Academy. Wah, keren banget ya!

Terdapat empat pengalaman yang Sobat Myskill.id bisa dapatkan ketika memegang peran di divisi marketing. Pertama, brand building. Sobat Myskill.id akan belajar untuk menerjemahkan visi sebuah brand dalam konteks local market. Kedua, brand development. Sobat Myskill.id akan membuat visi brand yang menarik dan mengembangkan berbagai rencana berdasarkan marketing mix. Ketiga, digital media. Sobat Myskill.id akan bekerja dengan salah satu partner creative agency Unilever untuk belajar mengenai proses pengiklanan, terutama di platform digital. Keempat, customer development. Sobat Myskill.id akan sangat memerlukan pengalaman ini jika ingin berkarir di marketing and customer development.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Human Resources

Divisi yang Tersedia di UFLP
Suasana meeting

Dengan bekerja di divisi HR, Sobat Myskill.id akan mempunyai kesempatan untuk mendukung dan mengembangkan aset Unilever yang paling penting, yaitu sumber daya manusia. Terdapat enam pengalaman yang Sobat Myskill.id bisa dapatkan ketika memegang peran di divisi ini.

Pertama, business partnering. Sobat Myskill.id memastikan bahwa bakat, organisasi, keterampilan, kemampuan, dan budaya yang tepat terbangun untuk membina hubungan kerja yang positif. Kedua, HR services. Sobat Myskill.id akan mempelajari bagaimana mengatur layanan seperti gaji, rekrutmen, pensiun, dan benefit lainnya. Ketiga, factory HR. Sobat Myskill.id akan mendapatkan pemaparan sistem HR dan proses di suatu pabrik. Keempat, expertise. Sobat Myskill.id akan mempelajari bagaimana mengembangkan kebijakan, proses, sistem, dan alat untuk mendapatkan sumber daya manusia terbaik. Kelima, customer development. Sobat Myskill.id akan mempelajari hubungan antara divisiĀ  customer development dengan divisi HR. Keenam, HR partner organization. Sobat Myskill.id akan berkesempatan untuk merasakan rotasi singkat ke salah satu HR consulting organization terbaik.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

4. Customer Development

Divisi yang Tersedia di UFLP
Supermarket

Customer development bertanggung jawab untuk menjual, mempromosikan, dan memastikan keempat puluh brand Unilever terlihat di pasar tradisional, toko obat, toko kelontong, hypermarket, supermarket, dan minimarket.

Tidak hanya memelihara relasi dengan pelanggan, CD juga bekerja untuk memberikan solusi bisnis terbaik untuk Unilever Indonesia dan para pelanggan. Dengan ICC (Indonesian Collaboration Center), CD Unilever Indonesia berkolaborasi dengan pelanggan sebagai konsultan bisnis profesional dalam menyelesaikan masalah dan mengelola bisnis yang berkelanjutan.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

5. Finance

Accounting

Finance di UFLP mempunyai peran untuk membentuk peserta mahir dalam membuat rencana keuangan menengah dan jangka pendek. Selain itu, di divisi ini Sobat Myskill.id akan mempelajari program memperkecil biaya dan proyek inovasi lainnya. Terdapat empat pengalaman yang Sobat Myskill.id bisa dapatkan ketika bergabung di divisi ini.

Pertama, business partnering. Finance Business Partner bekerja sama dengan departemen untuk membantu membuat keputusan keuangan yang sehat. Kedua, finance transactions. Sobat Myskill.id akan belajar mengenai accounting dan proses informasi manajemen untuk membuat nilai lebih dalam bisnis. Ketiga, expertise. Expertise bertanggung jawab dalam mengurus asuransi dan risiko untuk hubungan investor dan pensiun. Sobat Myskill.id juga akan akan mempelajari audit dan perbendaharaan. Keempat, customer development dan supply chain. Sobat Myskill.id akan membangun pemahaman yang lebih dalam mengenai customer development, sourcing, dan supply management.

Nah, itu lah lima divisi yang tersedia pada UFLP! Pengalaman-pengalaman yang ditawarkan sangat menarik dan menjanjikan ya Sobat Myskill.id? Untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai program ini, Sobat Myskill.id dapat mengikuti akun Instagram @kami.unilever. Tunggu apa lagi Sobat Myskill.id? Segera daftarkan diri kalian, ya! Yuk, komen di bawah divisi mana yang membuat Sobat Myskill.id sangat tertarik!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Silvilla Sani