Intip EPS TOPIK yang Wajib Kamu Ikuti Bila Ingin Bekerja di Korea Selatan

4 min read

“Aku belum minat kuliah di Korea Selatan, tapi ingin bekerja di sana. Kira-kira ada tempat daftar secara resmi nggak, ya?”

Tentu ada! Sobat MySkill bisa kok, bekerja di Korea Selatan! Asalkan Sobat MySkill sudah bisa mencari berbagai informasi atau perusahaan yang menyediakan program untuk berkarier di sana.

“Wah Serius? spill of the tea dong!”

Baiklah, sepertinya Sobat MySkill ngeklik judul artikel ini karena penasaran gimana caranya agar bisa kerja di Korea Selatan. So, kamu harus benar-benar paham mengenai detail program yang kamu pilih agar bisa mempersiapkan diri dengan matang. Dari sekian modal utama untuk melangkah berkarier di Negara Gingseng ini, menguasai bahasa Korea sangat penting. Nggak mungkin dong, Sobat MySkill ingin bekerja di sana, tetapi tidak bisa memahami bahasa mereka! Yang ada, misscommunication mungkin terjadi secara terus menerus.

Sama hal-nya dengan TOEFL atau IELTS yang sering kita perlukan sebagai bukti kepiawaian berbahasa Inggris, di Korea Selatan, mereka memiliki TOPIK. Sertifikat TOPIK memiliki batas tertingginya, yakni level 6. Namun, meskipun Sobat sudah mencapai tingkatan tertingginya, hal tersebut tidak berlaku bagi dunia kerja, lo! Mengapa, karena program kerja ini memiliki jenis sertifikatnya tersendiri. Nah, pada artikel ini, mari kita bahas bersama-sama mengenai tes bahasa Korea yang bernama TOPIK ini!

Pengertian EPS TOPIK

Sobat MySkill harus paham dulu definisi EPS TOPIK sebelum lanjut ke tahap berikutnya
Sobat MySkill harus paham dulu definisi EPS TOPIK sebelum lanjut ke tahap berikutnya

EPS merupakan singkatan dari Employment Permit System, sedangkan TOPIK adalah Test of Proficiency in Korean. Penjelasan yang lebih detail lagi, EPS TOPIK berarti tes kemampuan berbahasa Korea yang ditujukan bagi mereka yang ingin bekerja di Korea Selatan untuk perizinan ketenagakerjaan. TOPIK sendiri yakni tes kemampuan bahasa Korea yang bagi orang asing yang ingin melanjutkan studi ke Korea atau hanya sekedar mengukur kemampuan bahasanya.

Sobat MySkill yang berminat untuk bekerja ke Korea Selatan harus mengikuti role model rekrutmen menggunakan sistem poin di bawah Mekanisme Employment Permit System (EPS). Penilaian tersebut dilakukan oleh Human Resources Development Service of Korea (HRD Korea) dari Kementerian Ketenagakerjaan Korea Selatan. Di Indonesia sendiri, penyelenggaraan ujian bekerja sama dengan lembaga BNP2TKI.

EPS TOPIK pernah mengalami perubahan nama, yang mana sebelunya bernama KLPT (Korean Language Proficiency Test). Setelah beberapa saat, berganti lagi menjadi EPS KLT (Employment Permit System Korean Language Test), dan akhirnya EPS TOPIK hingga sekarang. 

Baca juga: 5 Jenis TOEFL, Ketahui Cara Belajarnya Bersama MySkill!

Apa Saja Jenis-jenis EPS TOPIK?

Dulu EPS TOPIK masih menggunakan PBT dan CBT. Sekarang EPS TOPIK hanya menggunakan CBT
Dulu EPS TOPIK masih menggunakan PBT dan CBT. Sekarang EPS TOPIK hanya menggunakan CBT

Ujian ini memiliki dua jenis, yaitu Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT). Untuk jenis PBT biasanya diadakan satu kali dalam setahun, sedangkan CBT berlangsung empat kali satu tahun. Sebelumnya, PBT ada untuk warga umum (pemula). Adapun, CBT sendiri khusus bagi mereka yang pernah bekerja di Korea Selatan dan hendak memperpanjang kembali kontrak kerjanya melalui sistem EPS.

Namun, setelah tahun 2016, tes EPS TOPIK jenis PBT tidak ada lagi, sehingga seluruh kandidat bersama-sama melaksanakan jenis tes CBT saja.

Saat ini, syarat kelulusan tes EPS TOPIK tidak cukup dengan mengikuti jenis tes CBT saja. CPMI (Calon Pekerja Imigran Indonesia) harus menyelesaikan uji kompetensi keahlian juga. Keduanya sangat menunjang kelulusan Sobat MySkill karena nilai skor akan dijumlahkan kemudian disesuaikan dengan nilai standar kelulusan saat itu, berdasarkan jumlah kuota pekerja dari HRD Korea.

EPS TOPIK ini terdiri dari dua sektor, yaitu Manufaktur (industri) dan Perikanan (khusus bagi pelamar yang memiliki pengalaman pada bidang budidaya perikanan dan penangkapan ikan). Jadi, dari sedikit penjelasan di atas, Sobat MySkill sudah mulai paham dong ya, bahwa EPS TOPIK berbeda dengan TOPIK?

Kapan Jadwal Ujiannya, ya?

Jangan lupa untuk selalu mengecek jadwal ujian EPS TOPIK agar tidak ketinggalan, ya!
Jangan lupa untuk selalu mengecek jadwal ujian EPS TOPIK agar tidak ketinggalan, ya!

Pada tahun 2022 berdasarkan surat HRD Korea, per tanggal 1 April 2022 akan ada “Pendaftaran Program G to G ke Korea Sektor Manufaktur dan Perikanan” dengan sistem poin dan hanya berjalan untuk jenis CBT saja. Periode prapendaftaran online akan mulai pada tanggal 2-5 April 2022, sedangkan pelaksanaan ujian akan berjalan pada 28 Juni 2022. Namun, jadwal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Silahkan untuk mengecek informasi lebih lanjut pada http://g2g.bp2mi.go.id.

Bagaimana Persyaratan Pendaftaran EPS TOPIK?

Jangan lupa cek persyaratan sebelum mendaftar, apakah Sobat MySkill termasuk sebagai CPMI yang sesuai dengan persyaratan
Jangan lupa cek persyaratan sebelum mendaftar, apakah Sobat MySkill termasuk sebagai CPMI yang sesuai dengan persyaratan

Apapun jenis pendaftarannya, hal yang perlu Sobat perhatikan adalah apa saja syarat yang harus kita penuhi dan apakah Sobat MySkill memenuhi kualifikasi tersebut.Berikut adalah penjabarannya agar kamu dapat mempersiapkan diri secara matang:

Kualifikasi umum:

  • Berusia 18-39 tahun saat mendaftar (kelahiran antara tanggal 12 April 1982-11 April 2004);
  • Pendidikan minimal SLTP atau sederajat, lebih utama lulusan SMK atau SMA;
  • Dilarang mempunyai buta warna dibuktikan dengan surat keterangan dokter;
  • Tidak cacat jari atau amputasi;
  • Tidak sedang bermasalah untuk bepergian ke luar negeri;
  • Belum pernah dihukum penjara atau hukuman yang lebih berat;
  • Tidak memiliki catatan deportasi atau keberangkatan dari Pemerintah dari Republik Korea;
  • Tidak memiliki riwayat penyakit Tuberkulosis (TBC), Hepatitis, dan Syphilis;
  • Memiliki alamat e-mail pribadi yang masih aktif;
  • Memiliki nomor rekening tabungan atas nama pribadi yang masih aktif;
  • Tidak pernah bekerja di Korea Selatan lebih dari 5 tahun, termasuk penggabungan dengan menggunakan Visa E-9 dan Visa E-10.

Baca juga: Mengenal CCNA, Sertifikasi dari Cisco yang Siap Nge-boost Kariermu!

Tambahan kualifikasi untuk sektor perikanan:

  • Lebih utama lulusan SUPM (Sekolah Usaha Perikanan Menengah)/ SMK Perikanan/ Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran/ Sekolah Tinggi Perikanan;
  • Memiliki pengalaman kerja bidang perikanan (lengkap dengan tanda tangan bermaterai Rp 10.000) atau sertifikat pelatihan bidang perikanan atau sertifikat nasional/kompetensi bidang perikanan.
  • Mempunyai sertifikat keselamatan kerja atau Basic Safety Training (BST) Bidang Perikanan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan/Lembaga lain yang terakreditasi dari Kementerian Perhubungan (daftar lembaga/tempat penyelenggara pelatihan BST terlampir pada pengumuman ini).
  • Untuk lebih jelasnya, Sobat MySkill bisa mengecek melalui website http://g2g.bnp2tki.go.id/  

Pelaksanaan Ujian EPS TOPIK

Untuk mengikuti EPS TOPIK tentunya Sobat MySkill perlu belajar bahasa Korea dan mengenal bagaimana bentuk soal yang akan ditampilkan
Untuk mengikuti EPS TOPIK tentunya Sobat MySkill perlu belajar bahasa Korea dan mengenal bagaimana bentuk soal yang akan ditampilkan

Setelah melihat persyaratannya dan merasa yakin bahwa Sobat memenuhi kualifikasi, langkah selanjutnya adalah mencari jadwal pelaksanaan tes EPS TOPIK agar tidak ketinggalan. Ujian dilakukan sebanyak dua tahap, yaitu:

A. Ujian Tahap Pertama (EPS-TOPIK)

  • Membaca (Pilihan ganda), 20 pertanyaan, selama 25 menit.
  • Mendengar (Pilihan ganda), 20 pertanyaan, 25 menit.
  • Skor minimal kelulusan EPS-TOPIK adalah 55 poin dari 100 (sektor Manufaktur), 60 poin (sektor Perikanan) dari 200 poin.

Hanya pelamar yang lulus Ujian Tahap Pertama (EPS-TOPIK) yang dapat mengkuti Ujian Tahap Kedua (Ujian Keterampilan dan Kompetensi).

B. Ujian Tahap Kedua (Skill Test + Competency Test)

Tes Keterampilan (Skill Test) terdiri dari 3 bagian:

  • Kekuatan Fisik
  • Wawancara
  • Kemampuan Dasar

Untuk sektor Perikanan Uji Kompetensi meliputi penilaian sesuai dokumen yang pendaftar punyai, yaitu:

  • Sertifikat Pengalaman Kerja Bidang Perikanan
  • Piagam Pelatihan Vokasional/ Kejuruan Bidang Perikanan.
  • Sertifikat Bidang Perikanan yang dikeluarkan oleh Pemerintah

Dalam sistem poin, calon pekerja migran Indonesia (CPMI) akan dinilai bukan hanya pada kemampuan bahasa dan skill saja, tetapi termasuk juga pengalaman kerja, kemampuan, atau keterampilan pada bidang manufaktur dan perikanan.

Baca juga: 5 Tips Sukses TOEFL IBT untuk Kuliah di Luar Negeri!

Biaya Ujian EPS TOPIK

Jangan lupa menabung ya, Sobat MySkill, karena untuk bekerja ke luar negeri juga memerlukan biaya!
Jangan lupa menabung ya, Sobat MySkill, karena untuk bekerja ke luar negeri juga memerlukan biaya!

Peserta membayar biaya ujian sebesar 24 USD = Rp. 346.291,- (tergantung dengan nilai tukar/kurs dolar) melalui Bank BNI. Pembayaran menggunakan kode bayar yang tertera pada hasil cetak pembayaran prapendaftaran (online).

Lokasi Ujian EPS TOPIK

Jangan lupa selalu perhatikan lokasi dimana Sobat MySkill akan melaksanakan ujian EPS TOPIK
Jangan lupa selalu perhatikan lokasi dimana Sobat MySkill akan melaksanakan ujian EPS TOPIK

Setelah melakukan prapendaftaran (online) dan melakukan transaksi pembayaran ujian, pastikan kamu melakukan verifikasi dokumen pendaftaran dan pengambilan kartu ujian (tanpa diwakilkan) pada lokasi berikut ini:

1. Universitas Koperasi Indonesia (Ikopin University) Bandung: Kawasan Pendidikan Tinggi Jatinangor, Jl. Jatinangor KM. 20,5 Cibeusi, Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363 Telp. (022) 7794444

2. Universitas Negeri Semarang: Jalan Sekaran Gunungpati, Semarang 50229. Telp/Fax. (024) 8508019

Adapun tempat pelaksanaan ujian di antaranya adalah:

1. UPT BP2MI Jakarta: Jl. Pengantin Ali I No. 71 Ciracas, Jakarta Timur, DKI Jakarta (dekat Terminal Kampung Rambutan-Jakarta Timur)

2. UPT BP2MI Semarang: Jl. Kalipepe III/64, Pudak Payung, Semarang, Jawa Tengah

Bagi Sobat MySkill tidak perlu khawatir apabila terlambat mengikuti tes ini. Kamu bisa mempersiapkan diri sematang mungkin sembari menunggu ujian selanjutnya. Jangan lupa untuk selalu memantau jadwal di website www.eps.go.kr atau www.eps.hrdkorea.or.kr atau www.bp2mi.go.id/.

Eh, kamu sudah tahu belum kalau MySkill punya di E-learning dan Bootcamp menarik yang bisa kamu ikuti untuk pengembangan diri! Mau konsultasi dan Review CV kamu dengan HRD berpengalaman juga ada, lo! Btw, semoga artikel ini membantu ya, Sobat MySkill!

Penulis: Nia Veronica Agustin

Editor: Alifa Justisia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *