Kamu ingin mempromosikan bisnismu menjadi semakin luas? Namun, kamu sedikit ragu untuk memilih di mana kamu akan mengiklankan bisnismu? Tenang, artikel MySkill.id berikut ini akan membahas 2 jenis ads di Facebook dan Google.
Secara umum, Facebook Ads adalah program periklanan digital dari Facebook. Semua iklan yang tampil akan muncul di platform Facebook. Begitu pula dengan Google Ads, sebuah program periklanan online milik Google yang juga menyebarkan iklan di platform Google.
Dengan menggunakan Facebook dan Google Ads, kamu dapat membuat iklan secara digital atau online untuk produk dan layanan yang kamu miliki.
Dari banyaknya jenis-jenis iklan yang ada di Facebook dan Google, ada dua jenis iklan yang sering muncul di masing-masing platform. Apa saja? Yuk, simak bersama!
1. Facebook Feed Ads
Facebook Feed Ads merupakan jenis iklan Facebook yang akan muncul di timeline feed pengguna Facebook. Jenis iklan ini paling umum dan sering muncul di laman linimasa pengguna Facebook karena dapat langsung menjangkau audiens.
Dalam iklan jenis ini, kamu dapat menampilkan iklan video, tulisan, maupun gambar.
2. Facebook Stories Ads

Facebook Stories Ads akan muncul di bagian stories Facebook. Saat pengguna Facebook menggulirkan linimasa story facebook, maka akan muncul satu atau dua story iklan. Iklan jenis ini muncul dalam format gambar maupun video selama beberapa detik.
Jika kamu ingin memanfaatkan jenis iklan Facebook ini, pastikan informasi yang kamu buat singkat dan padat karena keterbatasan waktu yang tersedia.
3. Google Search Ads
Google Search Ads adalah iklan yang muncul ketika pengguna melakukan pencarian menggunakan kata kunci (keyword) tertentu melalui mesin pencari Google.
Misalnya, ketika pengguna melakukan pencarian menggunakan kata kunci “digital marketing”, maka mesin pencari akan menampilkan beberapa iklan mengenai penawaran ataupun penggunaan digital marketing.
Baca juga: Mengenal Google Ads, Mari Ketahui Jenis-jenisnya!
4. Google Display Ads
Iklan jenis ini dapat pengguna temukan di berbagai situs web. Google Display Ads muncul dalam bentuk gambar ataupun video pada beberapa sisi halaman website.
Iklan yang ditampilkan juga akan sesuai dengan berbagai faktor tertentu seperti kata kunci, lokasi geografis, atau minat pengguna.
Itulah beberapa jenis Facebook dan Google Ads. Dari empat jenis platform ads tersebut, kira-kira mana yang paling cocok untuk kamu gunakan? Coba tulis di kolom komentar di bawah, ya!
MySkill.id juga menyediakan sebuah kelas pelatihan mengenai Facebook dan Google Ads. Di dalam kelas tersebut, kamu akan mendapatkan berbagai pengetahuan baru mengenai ads dari kedua platform tersebut. Coba cek, yuk!
Editor: Putrika Annaya Salsabila
Baca juga: Mengenal YouTube Ads dari Definisi dan Jenisnya, Yuk!