Jurnalis: Definisi, Tugas, dan Skill yang Harus Dimiliki

Perkembangan dunia digital yang semakin pesat membuat kebutuhan akan jurnalis juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Profesi ini cocok untuk kamu yang menyukai tantangan, punya rasa ingin tahu tinggi, suka membaca, menulis, serta mengikuti berita. 

Di samping itu, sebagai penganut sistem demokrasi, pers merupakan salah satu aspek terpenting dan pilar keempat dari negara ini. Melalui jurnalistik, kamu dapat mengenal banyak orang, mulai dari rakyat kecil hingga tokoh-tokoh penting, seperti presiden, menteri, dan seniman legendaris. Yuk, kenalan lebih jauh dengan profesi keren yang satu ini lewat penjelasan berikut!

1. Definisi Jurnalis dan Perbedaannya dengan Wartawan atau Reporter

Jurnalis: Definisi, Tugas, dan Skill yang Harus Dimiliki
Jurnalis memiliki fokus yang sama dengan wartawan dan reporter

Menurut KBBI, jurnalis merupakan seseorang yang pekerjaannya mengumpulkan serta menulis pemberitaan, baik di media massa cetak, maupun elektronik. Pada dasarnya, inti pekerjaan jurnalis, wartawan, dan reporter itu sama, yaitu mencari, meliput, dan memproduksi berita untuk disebarkan kepada masyarakat. 

Perbedaannya hanya terletak pada penggunaan istilah saja, bergantung pada perusahaan media yang menaunginya. Sebab ketiga profesi tersebut tetap memiliki makna yang sama, yakni pencari berita.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Apa Saja Tugas Jurnalis?

Jurnalis: Definisi, Tugas, dan Skill yang Harus Dimiliki
Wartawan membantu menyuarakan aspirasi masyarakat

Selain sebagai pencari berita, berikut merupakan tugas seorang jurnalis dalam kehidupan masyarakat:

a. Memberikan Informasi, Pendidik, dan Agen Pembaru

Media berperan sebagai pemberi informasi melalui beberapa hal, seperti berita, feature, reportase, atau karya-karya lainnya. Informasi tersebut bisa memengaruhi, mengubah pikiran, bahkan menggerakkan masyarakat untuk berbuat suatu hal, baik positif maupun negatif. Oleh karena itu, seorang wartawan harus menyajikan informasi yang bersifat mendidik dan bermanfaat untuk meningkatkan nilai kehidupan pembacanya.

b. Memberi Hiburan pada Masyarakat

Selain menyampaikan informasi berisi pengetahuan, profesi yang bergerak di bidang media juga bisa berperan untuk memberi hiburan kepada masyarakat. Contohnya, menampilkan karya jurnalistik seperti feature atau komik yang isinya membahas kehidupan masyarakat sehari-hari.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

c. Penafsir (Interpreter)

Tidak semua peristiwa yang terjadi dapat langsung diserap dengan mudah oleh masyarakat. Oleh karena itu, seorang jurnalis memiliki tugas untuk menafsirkan dan menjelaskan arti dari peristiwa yang terjadi. Misalnya, dengan analisis berita dalam reportase atau komentar berita dalam tajuk rencana.

d. Wakil Publik dan Advokasi

Tugas jurnalis media yang lain adalah membela kepentingan masyarakat. Oleh karena itu, berita merupakan produk jurnalistik yang harus menjadi cerminan suara rakyat. Seorang wartawan bisa bertindak untuk mengkritisi kebijakan atau tindakan pemerintah yang dipandang merugikan rakyat.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Jenis-Jenis Jurnalisme

Jurnalis: Definisi, Tugas, dan Skill yang Harus Dimiliki
Science and technology journalism menjembatani ilmuwan dan masyarakat

Ada banyak bidang jurnalisme yang dapat menjadi pilihan jika kamu tertarik untuk menekuni profesi menjadi penyiar berita. MySkill akan membahas lima di antaranya:

a. Science and Technology

Seorang reporter sains dan teknologi harus mampu menerjemahkan bahasa-bahasa rumit sains ke dalam narasi yang simpel, ringan, dan mudah dipahami masyarakat umum. Kamu harus mampu mencari sumber ilmiah tepercaya, mengetahui kriteria “sains baik” dan “sains buruk”, serta menentukan ilmuwan yang kredibel untuk kamu wawancarai.

b. Interactive Data Journalism

Jenis jurnalisme yang satu ini akan banyak bermain dengan angka dan rumus, di mana data statistik menjadi bahan utama untuk membuat berita. Tanggung jawab utamamu bila terjun di bidang ini adalah mengumpulkan data, melakukan data cleaning, hingga mengolah data yang sebelumnya berupa tulisan atau angka ke dalam bentuk narasi dan infografis.

c. Jurnalisme Olahraga

Sebagai salah satu bidang yang tak pernah sepi peminat, seorang reporter olahraga tidak hanya sekadar menyampaikan informasi, tetapi juga harus mampu menarasikan setiap peristiwa secara detail hingga dapat membawa penonton untuk merasakan euforia setiap momen dari suatu acara olahraga.

d. Entertainment Journalism

Bidang infotainment memiliki tujuan utama untuk meliput event yang berkaitan dengan industri hiburan. Mulai dari selebriti, musik, film, fashion, teater, buku, dan bentuk kesenian lainnya.

e. Humanitarian Journalism

Jenis jurnalisme yang terakhir adalah humanitarian journalism atau kemanusiaan. Pada bidang ini, kamu akan melaporkan berita yang berkaitan dengan berita perang, berita damai, maupun berita mengenai bencana alam.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

4. Skill yang Harus Dimiliki Seorang Jurnalis

Jurnalis: Definisi, Tugas, dan Skill yang Harus Dimiliki
Kemampuan komunikasi penting dalam wawancara

Untuk menjadi seorang juru berita yang andal, tentunya ada beberapa skill dasar yang harus kamu kuasai. Berikut ini empat di antaranya:

a. Komunikasi dan Wawasan Luas

Sebagai penyiar berita, kamu harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan wawasan yang luas. Pasalnya, kamu akan bertemu dengan banyak narasumber dari berbagai latar belakang dan melakukan wawancara dengan mereka sebagai sumber informasi beritamu.

b. Writing Skills

Seorang wartawan juga dituntut untuk memiliki kemampuan menulis, terutama menulis berita. Kamu harus bisa menulis untuk berbagai media, baik media cetak seperti koran, media elektronik seperti televisi, maupun media digital.

c. Up to Date dengan Info Terkini

Pemberita tentu harus menjadi orang pertama yang paling tahu mengenai hal yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat untuk menggali informasi yang lebih lengkap. Maka dari itu, kamu harus selalu tanggap dengan segala peristiwa yang sedang terjadi di sekitarmu.

d. Attitude yang Baik

Salah satu hal yang mencerminkan jurnalis profesional adalah attitude. Seorang penyiar berita harus memiliki attitude yang baik, yaitu dengan menaati kode etik jurnalistik dan memahami etika dalam melaporkan sebuah berita.

Itulah serba-serbi profesi jurnalis, mulai dari peran, jenis, dan skill dasar yang harus dikuasai. Untuk melatih kemampuan menulismu, MySkill membuka kelas Menulis Artikel Ramah SEO yang bisa kamu ikuti dengan harga terjangkau. Tak hanya itu, ada juga berbagai Bootcamp yang bisa membantumu dalam pengembangan karier.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan