6 Keuntungan Investasi Emas untuk Tabungan Masa Depan

Emas tidak hanya terkenal sebagai bahan perhiasan saja. Akan tetapi, logam mulia satu ini juga bisa digunakan sebagai ladang investasi. Pada dasarnya, emas memiliki nilai yang stabil dan menjanjikan. Maka dari itu, tak heran jika investasi emas banyak digandrungi. Adanya tabungan masa depan yang menjanjikan dari emas ini tentu hal yang menarik untuk diketahui lebih lanjut. Yuk, simak penjelasan di bawah ini mengenai keuntungan investasi emas!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Keuntungan Investasi Emas

1. Modal Terjangkau
6 Keuntungan Investasi Emas untuk Tabungan Masa Depan
Modal investasi emas sangat terjangkau

Jika kita bandingkan dengan jenis investment lainnya, modal untuk memulai investasi emas relatif lebih terjangkau. Berdasarkan situs logammulia.com, harga emas berkisar mulai dari Rp. 550.000 untuk setengah gram. Sementara itu, harga 1 gramnya bisa mencapai Rp. 990.000. Bahkan terdapat penawaran yang lebih murah jika kita membelinya di bawah setengah gram. Oleh karena itu, banyak orang yang bisa melakukan investasi emas. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Pencairannya mudah
6 Keuntungan Investasi Emas untuk Tabungan Masa Depan
Pencairan mudah sehingga cocok untuk dana darurat

Selain terjangkau, keuntungan lain dari investasi ini adalah pencairannya yang mudah. Pada dasarnya, investasi emas hampir sama dengan tabungan konvensional. Maka dari itu, kita bisa mencairkannya dengan mudah dalam bentuk uang tunai. Pencairannya pun bisa kita proses dimana saja. Selain itu, melalui investasi ini pula kita bisa melakukan pinjaman dengan lebih mudah. Jadi, tidak perlu khawatir ketika memerlukan dana darurat. 

Di samping itu, pembelian dan penjualan logam mulia ini terbilang mudah. Teman-teman bisa membelinya di perusahaan besar seperti PT Antam, Bank, toko perhiasan yang terpercaya, hingga di platform digital. 

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Stabil
6 Keuntungan Investasi Emas untuk Tabungan Masa Depan
Nilai emas cenderung stabil dari tahun ke tahun

Tidak serupa dengan investments lainnya seperti properti, nilai emas tidak terpengaruh oleh waktu. Harganya cenderung stabil di masa yang akan datang, sehingga kecil sekali kemungkinan pemiliknya mengalami kerugian. Bahkan, harganya sangat stabil dan telah terbukti sejak lama. 

Kestabilan tersebut terjadi salah satunya karena adanya demand dan supply pada pasar yang jelas. Tingkat permintaannya pun selalu tinggi, sehingga transaksinya terus berjalan. Oleh karena itu, risiko penurunan harganya juga minim serta cenderung stabil. Inilah salah satu alasan mengapa orang-orang banyak yang  memilih investasi emas. 

4. Terhindar dari Resiko Inflasi
6 Keuntungan Investasi Emas untuk Tabungan Masa Depan
Jenis Investment ini minim terdampak inflasi

Inflasi merupakan mimpi buruk bagi semua orang. Berbagai macam investments bisa terancam karena adanya inflasi. Melakukan investasi uang di negara berkembang akan sangat berisiko mengalami penurunan nilai. Akan tetapi, kasus tersebut berbeda jika teman-teman melakukan investasi emas.

Logam mulia satu ini mampu bertahan di tengah inflasi. Melalui investasi ini, kita mampu mengurangi risiko penurunan nilai akibat inflasi, karena kestabilannya. Maka dari itu, hal tersebut menjadi pilihan terbaik untuk melakukan investasi jangka panjang.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

5. Aman
6 Keuntungan Investasi Emas untuk Tabungan Masa Depan
Investasi emas terbilang aman seta minim kerugian

Melalui nilainya yang stabil dan mampu terhindar dari risiko inflasi, menjadikan investasi emas sebagai jenis investment yang cukup aman. Kita tak perlu terlalu khawatir, karena nilainya tidak fluktuatif di pasar. Jika membandingkan harga emas hari ini dengan beberapa bulan sebelumnya, akan terlihat betapa stabil nilainya bila dibandingkan aset lainnya. Bahkan, setelah bertahun-tahun nilai emas akan tetap aman. Hal tersebut bisa menjadi penjamin keamanan masa depan pemiliknya.

6. Pemeliharaanya Tidak Sulit
6 Keuntungan Investasi Emas untuk Tabungan Masa Depan
Pemeliharaanya tidak sesulit investment properti

Pemeliharaan investasi properti membutuhkan pengecekan dan perbaikan rutin yang menghabiskan banyak biaya. Berbeda dari properti, investasi emas tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan tenaga dalam pemeliharaanya. Kita hanya perlu menyimpannya di tempat yang aman selama bertahun-tahun. 

Menyimpan logam mulia di rumah memang terdengar riskan. Namun, jangan khawatir karena kita bisa menitipkan emas di bank, pegadaian, atau lembaga lain, supaya lebih aman. Selain itu, berkat perkembangan Industri financial technology, kini kita tak hanya bisa memilikinya secara fisik saja, tetapi juga dapat dalam bentuk digital. Sehingga tak perlu repot-repot lagi. 

Melalui pembahasan di atas, kita mengetahui bahwa investasi emas aman dan menjanjikan untuk tabungan masa depan. Agar memiliki masa depan yang terjamin, perlu adanya kesadaran dalam memulai investasi, maka gunakanlah uang dengan bijak. Siapa tau hasil dari tabungan tersebut bisa teman-teman gunakan dalam memulai bisnis.

Mau jadi Akuntan, Pajak atau Auditor? Baca panduan lengkap Akuntansi, Pajak dan Audit di sini

Selain emas, terdapat berbagai jenis investasi menjanjikan lainnya. Bagi yang tertarik melakukan investasi, bisa kita pelajari bersama di kelas MySkill.id. untuk Mengenal Investasi di Startup. Tunggu apalagi? Yuk, segera daftarkan diri guna perdalam wawasan tentang investasi!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan