5 Keyword Tools untuk Content Writer Pemula, Cek di Sini!

Keyword tools merupakan perangkat yang diperlukan content writer dalam menghasilkan tulisan yang ramah SEO (Search Engine Optimization). Sudahkah kalian tau bagaimana pentingnya untuk content writer? Keyword tools apa yang cocok untuk content writer pemula? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Mengapa Keyword Tools Penting bagi Content Writer?

Keyword atau kata kunci adalah serangkaian kata atau kalimat yang user gunakan untuk mencari dan menemukan sebuah informasi. Selain itu, kata kunci merupakan salah satu aspek penilaian dalam penulisan ramah SEO. Dengan demikian, hal ini juga berpengaruh pada peringkat suatu konten dalam SERP (Search Engine Result Page) atau halaman hasil pencarian. 

Guna mencapai hal tersebut content writer perlu memperhatikan kata kunci yang digunakan dalam setiap konten tulisannya. Tujuannya agar konten tersebut mudah terhubung dengan pengguna yang sedang mencari informasi terkait. 

Konten yang baik harus menggunakan kata kunci yang tepat. Untuk mendapat kata kunci yang tepat, content writer perlu melakukan riset kata kunci untuk menganalisis kata kunci yang sering user gunakan. 

Kita dapat menggunakan keyword tools untuk memudahkan riset kata kunci. Hal tersebut akan membantu kita untuk mengetahui kata kunci apa yang paling banyak dicari dan membantu kita membandingkan efektivitas antar 2 kata kunci.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut. 

Keyword Tools untuk Content Writer Pemula

Itulah pentingnya keyword tools dalam mempermudah content writer melakukan riset kata kunci. Berikut adalah keyword tools yang cocok untuk content writer pemula:

1. Google Keyword Planner
5 Keyword Tools untuk Content Writer Pemula, Cek di Sini!
Google Keyword Planner adalah tools simpel yang tersedia dalam Google Ads

Keyword tool yang ada di dalam Google Ads terbilang simpel dan menyediakan fitur dasar untuk keperluan SEO. Tool ini menyediakan sumber paling akurat untuk mengetahui data keyword. Kita akan diberikan data yang langsung berasal dari Google.

2. Google Trends
5 Keyword Tools untuk Content Writer Pemula, Cek di Sini!
Google Trends keyword tools gratis

Sama dengan poin sebelumnya, Google Trends juga dapat menjadi salah satu opsi gratis dari Google. Google Trends dapat membandingkan performa antar kata kunci. 

Penggunaan Google Trends ini terbilang simpel dan pengoperasiannya pun mudah,  sehingga sangat cocok untuk content writer pemula. Selain Google Trends dan Google Keyword Planner, Google juga menyediakan pilihan lain yang berfungsi sebagai keyword tools. Salah satunya adalah Google Search Console. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. MOZ Keyword Explorer
5 Keyword Tools untuk Content Writer Pemula, Cek di Sini!
MOZ Keyword Explorer cocok untuk pemula

Rasanya kurang lengkap jika kita membicarakan keyword tools untuk pemula tanpa menyebut nama MOZ Keyword Explorer. Cukup mudah bagi content writer pemula untuk memahami tool ini.

Melalui MOZ Keyword Explorer kita dapat mendapatkan keyword yang tepat. Di samping itu, tool ini juga bisa memberikan saran keyword menarik dan kreatif yang jarang terpikirkan oleh kita maupun kompetitor. Keunggulan lainnya kita dapat menggunakannya secara gratis, tetapi terbatas hanya untuk 10 kali pencarian data pada setiap bulannya. 

4. Ahrefs Keyword Explorer
5 Keyword Tools untuk Content Writer Pemula, Cek di Sini!
Ahrefs dapat menyarankan banyak kata kunci dari 10 jenis mesin pencarian

Selanjutnya kita akan membahas salah satu mesin pencari kata kunci terbaik saat ini. Ahrefs membantu kita dapat memilih keyword apa yang cocok untuk konten kita. Tool ini dapat menyediakan data laporan keyword yang luas. 

Tool ini dapat menyarankan ribuan kata kunci berdasarkan data pencarian dari 10 jenis search engine yang berbeda. Contohnya seperti Bing, Google, Youtube, dan Amazon. Ahrefs didasari clicks metrics. Volume pencariannya dihitung berdasarkan seberapa banyak user yang melakukan ‘click’ pada website setelah mendarat di SERP. Hal itu akan membuat data yang tampil lebih akurat.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

5. Semrush 
5 Keyword Tools untuk Content Writer Pemula, Cek di Sini!
Semrush keyword tools untuk oprimasi kata kunci secara organik

Salah satu keyword tool yang juga perlu masuk dalam list ini ialah Semrush. Dengan menggunakan Semrush, kita dapat mengoptimasi kata kunci secara organik dan menemukan cara baru untuk memasuki SERP.

Semrush dapat menampilkan 5-10 keywords yang sangat spesifik yang kompetitor telah gunakan. Tool ni juga memiliki fitur untuk menemukan long-tail keywords, fitur ini merupakan salah satu fitur terbaik dari Semrush. Selain itu, Semrush juga menyediakan free trial selama 7 hari untuk pengguna baru.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Dari tulisan di atas, kita jadi memahami bagaimana pentingnya riset kata kunci dan contoh 5 keyword tools yang cocok untuk pemula. Setelah mengenal keyword tools, alangkah baiknya kita juga pelajari lebih dalam mengenai penulisan ramah SEO melalui kelas Menulis Artikel Ramah SEO dari Myskill.id. Yuk, ikut kelasnya untuk menambah bekal sebagai content writer di industri digital!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan