Leaflet Sebagai Tools Promosi Bisnis, Ini yang Harus Kamu Tahu!

2 min read

Pertengahan 2022 sudah dimulai, rencana apa saja yang sudah kamu eksekusi, nih? Kalo akhirnya mengeksekusi ide bisnis yang sudah lama ingin Sobat ciptakan, selamat ya, karena kamu sudah berani! Atau kamu diterima kerja di bagian pemasaran di perusahaan impian sejak lama? Apapun itu, progress-mu sudah satu langkah di depan daripada kemarin. 

Sadarkah Sobat, bahwa promosi menjadi kegiatan penting dalam bisnis? Khususnya untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan produk, keduanya sangat berkontribusi pada peningkatan pendapatan perusahaan. Dalam promosi, banyak tools yang marketer gunakan, salah satunya yang masih mereka manfaatkan hingga sekarang adalah leaflet.

Mungkin kamu sudah familiar dengan brosur, pamflet dan leaflet, tapi bedanya apa, sih? Yuk, cari tau perbedaan ketiganya dengan terus membaca artikel ini, ya.

Baca juga: Content Creator Pemula, Ini 5 Langkah Awal untuk Memulai. Apa Saja?

Perbedaan Jenis Promosi

Ada 2 jenis promosi yaitu secara offline dan online
Ada 2 jenis promosi yaitu secara offline dan online

Sebelum mengetahui perbedaannya, ada bagusnya kamu tau jenis promosi dulu. Terdapat dua kagetori, yaitu promosi online dan offline.

Contoh dari promosi online seperti: 

  • Broadcast di grup media sosial di grup WhatsApp dan Line
  • Google ads
  • Instagram ads
  • Facebook ads
  • YouTube ads
  • Landing page.

Sedangkan contoh dari promosi offline adalah:

Rubrik iklan di koran dan majalah

Iklan komersial TV dan radio

Word of mouth

Brosur

Pamflet

Leaflet

Baca juga: WordPress dan Keunggulannya yang Pemula Harus Tahu!

Perbedaaan Brosur, Pamflet, dan Leaflet

Brosur, pamflet, dan leaflet sering digunakan sebagai media promosi
Brosur, pamflet, dan leaflet sering digunakan sebagai media promosi

Seperti yang sudah kita ketahaui, brosur, pamflet, dan leaflet termasuk jenis promosi offline. Nah, berikut adalah perbedaan ketiganya:

  • Brosur

Brosur adalah sebuah kertas yang dilipat menyerupai buku dalam 3 bagian dan bolak balik. Ia berisi informasi pada di sisi depan dan sisi belakang. Biasanya, ukuran standar brosur adalah A4 atau lebih kecil seperti A5, tetapi bergantung kembali dengan kesepakatan team.

Brosur berisi informasi produk atau jasa yang suatu perusahaan atau organisasi jual agar customer memiliki gambaran penuh atas apa yang mereka tawarkan. Nomor kontak, alamat, dan media sosial pun disertakan di dalamnya agar customer tau kepada siapa mereka perlu menghubungi.

  • Pamflet

Pamflet adalah salah satu media promosi berbentuk selembar kertas berisi informasi berupa tulisan dan gambar dari jasa dan/atau produk yang organisasi atau perusahaan tawarkan. Informasi yang tercantum dalam pamflet bisa hanya pada satu sisi atau bisa pada kedua sisinya, tergantung keputusan tim manajemen. Pamflet tidak hanya fokus pada bisnis saja, bisa juga digunakan untuk informasi itinerary pada paket perjalanan wisata atau rundown suatu event.

  • Leaflet

Leaflet lebih kita kenal sebagai surat selebaran. Alat ini merupakan media promosi cetak yang berisi tulisan dan gambar-gambar yang relevan dengan informasi produk atau jasa. Informasinya bisa terletak hanya pada satu sisi atau kedua sisinya. Leaflet pun berbentak kertas lipatan menjadi beberapa bagian seperti 2-3 bagian.

Informasi yang tercantum pada leaflet adalah informasi yang singkat dan padat mengenai tawaran jasa atau produk. Tujuannya agar customer langsung mendapat gambaran bisnisnya. Nama PIC, nomor kontak, media sosial, dan alamat kantor harus ada di dalam leaflet.

Secara umum ketiganya kurang lebih sama fungsinya, yaitu sebagai alat promosi offline dengan cara langsung memberikannya kepada calon customer. Misalnya ketika customer membeli suatu produk di tokomu baik offline maupun online. Sobat bisa menyelipkan leaflet mengenai produk service atau barang lainnya yang kamu tawarkan, loh!

Kamu juga bisa menambahkan voucher diskon pada pembelian selanjutnya untuk merangsang daya beli customer dan membuat mereka loyal terhadap produkmu. Ide lainnya adalah meminta pelanggan untuk membuat post story di media sosial mengenai produkmu. Kemudian, barulah Sobat memberinya penawaran bonus untuk pembelian selanjutnya.

Nah, sekarang Sobat sudah tahu leaflet merupakan media promosi offline yang masih cukup sering orang gunakan. Ada baiknya juga jika Sobat mengetahui kelebihan dan kelemahan surat selebaran ini!

Kelebihan

  1. Berisi informasi yang ringkas dan padat dengan bahasa sederhana sehingga isinya mudah dipahami.
  2. Media promosi langsung, artinya ketika pelanggan mendapatkan leaflet, maka bisa segera mereka baca
  3. Warna dan gambar yang mencolok membuat customer tertarik untuk membacanya

Kelemahan

  1. Jangkauan leaflet terbatas pada area tertentu saja
  2. Ada biaya cetak leaflet 
  3. Ada kemungkinan orang langsung membuangnya setelah membaca atau bahkan langsung sebelum tahu informasinya. Hal ini biasanya karena malas membawa atau terselip dengan barang lainnya.

Nah, begitulah sekiranya pengetahuan mengenai leaflet sebagai media promosi offline bisnis dari MySkill. Hal apa lagi yang kamu ketahui tentang alat pemasaran ini? Yuk, sharing pengetahuanmu di kolom komentar! 

Baca juga: 4 Langkah Persiapan Karier Untuk Wujudkan Dream Job, Catat!

MySkill merupakan platform penyedia layanan yang membantu anak muda Indonesia dalam merintis karier impiannya secara end-to-end. Produk MySkill antara lain e-learning bersertifikat dalam berbagai bidang seperti digital marketing, product management, data science, UI/UX Design, front end website development. Eh, ada upgrade CV, career mentoring, dan lain sebagainya juga. Langsung aja cek website https://myskill.id/!

Penulis: Salsabila

Editor: Alifa Justisia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *