Fathya Tyas Yudila Utami Fathya Tyas Yudila Utami, 20. Sedang dalam masa studi pada tahun ketiga di jurusan Antropologi Sosial. Sengaja tidak belajar berenang agar tetap tenggelam dalam arus sastra yang memabukkan. Menamai dirinya sebagai buruh tulis yang tuna kata, sebab terkadang huruf-huruf jahil tidak pulang ke dalam kepala. Bercita menerbitkan anak-anak kata yang telah lahir sejak lama dalam satu, dua, seribu halaman (bila mampu) agar diketahui pernah berbagi udara yang sama dengan mahluk bumi lainnya.

Kenali Lebih Dekat CRM serta 5 Manfaat Menguntungkan Bagi Bisnismu bila Menggunakannya

1 min read

Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu strategi marketing yang menjadi pilihan para pebisnis dalam mengembangkan usaha yang mereka rintis. CRM sangat mengutamakan kepuasan pelanggan dengan menghadirkan pelayanan yang maksimal demi menjaga kredibilitas produk. Sebenarnya apa sih manfaat dari mengaplikasikan CRM pada sebuah bisnis? Tunggu apalagi, yuk segera scroll down dan cari tahu bersama MySkill.id di sini!

1. Memperkuat Citra Sebuah Brand di Masyarakat

Citra brand dari produkmu akan lebih melekat di konsumen ketika menggunakan strategi CRM.
Eksistensi brand di tengah-tengah masyarakat

Secara tak langsung, strategi CRM ini dapat membuat publik terngiang-ngiang dengan produk yang kamu punya. Bahkan hanya dengan melihat kemasannya saja, mereka sudah dapat mengenali sebuah brand, loh! Ini merupakan salah satu contoh berhasilnya penggunaan customer relationship management yang baik. Eksistensi brand milik perusahaanmu jadi lebih kuat di pasaran. Menguntungkan, bukan?

2. Terjalinnya Relasi dengan Para Konsumen

Hubungan dengan konsumen akan terjalin dengan baik.
Hubungan yang terjalin dengan para konsumen akibat dari  pengaplikasian CRM

Sejalan dengan namanya, memang CRM ini merujuk kepada kemampuan perusahaan dalam menciptakan sebuah keterikatan dengan para konsumen. Menghasilkan pelanggan yang puas, tentu perlahan-lahan memunculkan hubungan di antara keduanya. Untuk itu, kamu harus terjun terlebih dahulu untuk mengenali berbagai hal yang menjadi kebutuhan konsumen di sektor pasar. 

Setelah mengantongi informasi tersebut, bekerjalah bersama team dalam merumuskan produk yang sesuai. Relasi yang terjalin ini akan sangat bermanfaat untuk jangka panjang, loh. Konsumen yang telah terikat hubungannya dengan perusahaanmu tanpa sadar juga bisa jadi agen marketing lewat beragam testimoni yang mereka sampaikan kepada rekan sejawatnya.

Baca Juga: Cepat dan Mudah, Tingkatkan Bisnismu dengan 6 Teknik Penjualan Online Ini!

3. Selamat! CRM Dapat Menciptakan Kepercayaan Konsumen Terhadap Produkmu

Pelanggan setia siap datang ke bisnismu!
Satu lagi pelanggan setia yang berhasil terpikat produkmu

Apabila sudah berhasil membangun relasi dengan para konsumen, secara tak langsung mereka telah menaruh kepercayaan terhadap produkmu! Satu lagi langkah yang memuaskan, nih. Paling tidak, telah ada pelanggan yang akan senantiasa setia mengantri untuk mendapatkan produk yang kamu punya. Selamat! 

4. Peluang Repeat Order Setelah Penggunaan Strategi CRM

SIap-siap terima repeat order.
Beli lagi dan lagi, termasuk keberhasilan pada pemanfaatan CRM

Kumpulan costumer yang telah percaya kepada kualitas suatu produk, tentu tidak akan segan-segan melakukan repeat order! Tindakan tersebut tentu bukan hanya menampilkan kepuasan dari pihak konsumen, melainkan juga sebuah keuntungan bagimu. Apabila pelanggan selalu melakukan repurchase tentu ini akan menjadi pemasukan tetap bagi perusahaan! Tidak jarang peningkatan laba juga terjadi akibatnya.

5. Efisiensi Biaya Produksi Merupakan Salah Satu Manfaat dari CRM

Biaya produksimu akan lebih efektif dengan memanfaatkan strategi CRM.
Tidak perlu lagi mengeluarkan biaya produksi yang membludak!

Setelah mengetahui empat manfaat CRM di atas, kamu tentu sudah dapat membaca peluang keuntungan dalam bisnis ketika menggunakan strategi tersebut. Kondisi ini akan sangat membantu mengontrol pengeluaran dari biaya produksi. Mengingat produk yang dihasilkan mulai terfokus kepada hal-hal yang memiliki potensi besar dalam bersaing di pasaran.

Secara tidak langsung, hal ini merupakan proses eliminasi dan cutting terhadap beberapa komponen yang dirasa tidak perlu bagi produkmu. Kamu dan team jadi bisa lebih berhemat dan memanfaatkan dana tersebut untuk kepentingan lainnya. Sangat menjanjikan! 

Bagaimana, tertarik menjajal strategi CRM pada bisnis yang kamu rintis? Strategi ini bisa memberikan peluang yang baik bila kamu berminat. Kita tidak akan mengenal sebuah keberhasilan tanpa mencobanya terlebih dahulu. Untuk menambah pengetahuan, kamu juga dapat mengakses laman MySkill.id serta bergabung pada kelas digital marketing yang kami punya. 

Online class khusus materi Customer Relationship Management (CRM) Marketing juga ada, loh. Buruan daftar untuk dapatkan harga yang affordable dan segudang ilmu bermanfaat. Dimana lagi kalau bukan di MySkill.id!

Baca Juga: Gunakan 5 Jenis Digital Marketing Ini Supaya Produk Kamu Mudah Dilirik Konsumen

Editor: Agnes Zefanya Yonatan

Fathya Tyas Yudila Utami Fathya Tyas Yudila Utami, 20. Sedang dalam masa studi pada tahun ketiga di jurusan Antropologi Sosial. Sengaja tidak belajar berenang agar tetap tenggelam dalam arus sastra yang memabukkan. Menamai dirinya sebagai buruh tulis yang tuna kata, sebab terkadang huruf-huruf jahil tidak pulang ke dalam kepala. Bercita menerbitkan anak-anak kata yang telah lahir sejak lama dalam satu, dua, seribu halaman (bila mampu) agar diketahui pernah berbagi udara yang sama dengan mahluk bumi lainnya.