4 Manfaat Fintech Bagi Kehidupan Sehari-hari, Sudah Tahu?

Halo Sobat! Di era yang serba canggih ini, kamu pasti sudah tak asing lagi dengan sebutan fintech bukan? Kehadiran financial technology (fintech) di kalangan masyarakat memang semakin lekat dalam aktivitas sehari-hari. Berbagai kemudahan dan manfaat yang ditawarkan kian beragam. Tak heran, fintech sebagai salah satu inovasi layanan keuangan berbasis digital semakin memperluas jangkauan dan berperan signifikan dalam peningkatan volume transaksi uang elektronik di Indonesia. 

Melansir data Bank Indonesia menunjukan bahwa volume transaksi uang elektronik mengalami peningkatan selama tiga bulan terakhir di tahun 2021. Hal ini menunjukan bahwa masyarakat semakin akrab dengan fitur dan layanan yang tersedia. Semua menjadi lebih mudah hanya dalam satu genggaman, yaitu smartphone. Lantas, apa saja sebenarnya manfaat fintech bagi kehidupan?

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Fintech Mendukung Inklusi Keuangan

Inklusi keuangan tumbuh
Inklusi keuangan tumbuh dengan munculnya fintech dalam kehidupan masyarakat

Inklusi keuangan adalah hak bagi masyarakat untuk memiliki akses terhadap berbagai layanan lembaga keuangan yang berkualitas, tepat waktu, dan informatif. Menurut Peraturan Presiden No. 114 Tahun 2020 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI), target indeks inklusi keuangan pada tahun 2024 sebesar 90%. Kehadiran fintech turut mendukung upaya pemerintah dalam memperluas cakupan produk dan layanan keuangan hingga ke wilayah pelosok. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Fintech Membantu Pendanaan UMKM

Modal usaha untuk para pelaku UMKM semakin mudah didapatkan melalui fintech
Modal usaha untuk para pelaku UMKM semakin mudah didapatkan

Jika dulu pinjaman hanya bisa terjangkau bagi mereka yang memiliki jaminan usaha yang sudah berjalan. Kini, pinjaman dapat kita lakukan melalui salah satu jenis fintech, yaitu Peer to Peer (P2P) Lending. Instrumen ini mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman yang lebih praktis dan modern

Pinjaman dapat kita tunaikan hanya dengan melalui registrasi website atau aplikasi tanpa batasan ruang dan waktu. Persyaratan pinjaman juga menjadi lebih mudah dan terjangkau bagi pelaku UMKM yang baru merintis usahanya. Penawaran bunganya pun tidak sebesar bunga bank pada umumnya. Oleh sebab itu, hadirnya fintech menjadi solusi pendanaan bagi para pelaku UMKM yang akan membangun bisnisnya. 

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Beragam Fitur Layanan

Berbagai kebutuhan dapat terpenuhi melalui fintech
Berbagai kebutuhan dapat terpenuhi

Kehadiran fintech berperan cukup signifikan dalam aktivitas sehari-hari. Mulai dari perencanaan keuangan, peminjaman, investasi, dan pembayaran. Konsep payless mulai banyak diterapkan dalam berbagi channel dan merchant dengan penawaran diskon dan promo yang menarik. Hal ini semakin memikat masyarakat untuk bertransaksi melalui jaringan-jaringan fintech yang tersedia.

Tak hanya itu, kehadiran inovasi baru ini mempermudah layanan dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga seperti halnya pembayaran listrik, pembelian pulsa, dan transfer. Beragam fitur layanan yang ada menjadikan financial technology sebagai startup yang paling berkembang.

4. Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

mendorong perputaran ekonomi yang semakin cepat
Hadirnya fintech mendorong perputaran ekonomi yang semakin cepat

Kemudahan akses masyarakat dalam mendapatkan bantuan dana membuat masyarakat dapat menggunakan dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan konsumtif. Dengan begitu, taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

Semakin banyaknya merchant yang mendukung penggunaan transaksi pembayaran online, juga membuat keterjangkauan transaksi lebih mudah kita akses dan meningkatkan daya beli masyarakat. Hal ini turut mendorong perputaran ekonomi yang semakin cepat di era digital. Selain itu, inovasi mutakhir tersebut turut berperan dalam membuka lapangan pekerjaan.

Di era digital, fintech berperan penting dalam kehidupan karena banyaknya manfaat yang didapatkan. Selain membuat berbagai layanan keuangan menjadi lebih praktis, financial technology juga berpengaruh dalam memajukan perekonomian. Perannnya yang begitu signifikan menjadikan fintech sebagai startup yang menjanjikan.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yukjoin Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan. So, tunggu apalagi?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Penulis: Utami Nur Hidayati

Editor: Alifa Justisia