Pernah mendengar istilah NSM pada bidang manajemen produk digital? NSM atau North Star Metric merupakan satuan ukur yang dalam pemanfaatannya dapat menunjukkan prediksi soal keberhasilan sebuah bisnis dalam rentang waktu yang cukup lama. Ini dapat menjadi solusi yang baik dalam merangkul pelanggan dalam skala besar dan berkelanjutan. Kamu pasti masih bertanya-tanya, apa sih pentingnya mengaplikasikan NSM bagi perusahaan?
Yuk, langsung cari tahu bersama MySkill.id dalam empat hal bermanfaat soal penggunaan NSM sebagai upaya pengembangan bisnis yang kamu punya! Mungkin ini adalah peluang besar yang sempat terlewat dari pandangan, jadi jangan sampai terulang lagi. Check it out.
1. NSM dan Kontribusinya dalam Pengembangan Perusahan
Sebagai parameter dalam memprediksi keberhasilan di masa yang akan datang, NSM tentu sedikit banyak akan memberikan bocoran perihal rangkaian kemungkinan yang akan terjadi. Untuk itulah, keberadaannya akan membuat perusahaanmu menjadi aware dan bersiap akan segala hal dalam kurun waktu tertentu.
Setelah mengantongi informasi terkait kemungkinan tersebut, maka akan lebih mudah bagimu dalam menjadi navigator, menunjukkan kemana arah perusahaan ini akan berkembang. Bisnismu menjadi lebih terstruktur, bukan? Menguntungkan!
2. Menghasilkan Team Work yang Lebih Fokus dan Terarah
Mengetahui kemungkinan yang akan terjadi seperti pada poin sebelumnya, perlahan menghasilkan kinerja yang lebih fokus dan detail pada segala aspek. Ini juga masuk dalam list mengapa NSM itu perlu kamu gunakan, loh. Kamu dan team jadi tidak terlalu bingung dalam menentukan skala prioritas setelah memanfaatkan north star metric ini.
Team work yang terarah juga sangat menguntungkan, loh! Kondisi tersebut akan menghasilkan kinerja yang lebih mengutamakan efektivitas dalam segi waktu dan tenaga nih, sobat MySkill.id. Pekerjaan yang tepat sasaran adalah salah satu tujuan yang menjadi idaman setiap perusahaan!
Baca Juga: Mengenal Bullseye Framework dan 4 Cara Merintisnya
3. NSM Membantu Optimasi Produk, Loh!

Tidak hanya menghemat dalam segi waktu dan tenaga, ternyata eksistensi NSM dalam sebuah bisnis juga akan berguna dalam optimasi produk. Optimasi dalam hal ini merujuk kepada peningkatan nilai atau value dari produk tersebut. Semakin kuat serta berkualitas nilai pada produkmu, semakin bertambah pula rasa percaya para konsumen. Mereka tentu akan betah untuk terus menggunakan barang dari perusahaanmu!
Secara tidak langsung, kondisi tersebut juga turut membantu peningkatan laba produksi, loh. Pelanggan yang puas akan terus kembali dan “menabung” uang pada bisnismu. Tunggu apalagi?
4. NSM Ikut Andil dalam Memberikan Manfaat Terkait Pemecahan Masalah pada Bisnis
Bukan hanya sekedar mendeteksi hal-hal yang perlu kamu perbaiki, north star metric ini juga dapat membantu dalam pemecahan masalah tersebut. Ia akan menunjukkan beberapa kendala serta part pada produk yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.
Sinyal seperti ini seharusnya akan membuat bisnismu tergolong aman dalam menghadapi permasalahan jangka panjang. Sebab sebelum “virus” merebak dan merusak sistem utama, kamu dan team telah lebih dulu menghalaunya lewat berbagai penanganan terbaik!
Apakah NSM telah menawarkan benefit yang cukup untuk menunjang keberlangsungan bisnismu? Bila iya, jangan risau lagi memikirkannya! Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap soal manajemen produk digital ini? Langsung saja bergabung pada kelas pilihan milik MySkill.id.
Segera akses laman MySkill.id serta checkout kelas Product Growth dengan Data & Eksperimentasi pada kategori yang tertera di menu, ya! Terdapat lima pembahasan yang bisa jadi sumber informasi aktual yang belum tentu kamu temukan di tempat lain. Belajar online yang efektif dengan harga ramah di kantong? Ya cuma MySkill.id!
Baca Juga: Gunakan 5 Jenis Digital Marketing Ini Supaya Produk Kamu Mudah Dilirik Konsumen
Editor: Agnes Zefanya Yonatan