Sebelum Melamar Pekerjaan di Website, Pahami 5 Tips Ini!

Bagi jobseekers, melamar pekerjaan adalah sebuah aktivitas yang membutuhkan banyak persiapan. Banyak persyaratan dan kualifikasi yang harus mereka penuhi untuk mendapat pekerjaan impian. Nah, di era digital saat ini, meskipun butuh banyak persiapan, untungnya sudah banyak sistem lamaran kerja yang bersifat online. Salah satunya melalui platform atau website lowongan kerja. Namun, sebelum melamar, kamu juga perlu menyiapkan banyak hal. 

Saat melamar pekerjaan, satu hal yang tidak boleh terlupa yaitu cek dan riset agar kamu bisa menentukan pekerjaan yang tepat sesuai jobdesk pilihan karier. Terlebih lagi, website yang ternyata memiliki banyak sisi yang perlu kita ketahui dan bahkan waspadai.

Yuk, simak beberapa tips berikut sebelum melamar pekerjaan di website agar lamaran yang kamu apply bisa lolos!

Cari Informasi Lengkap Mengenai Tempat Kerja yang Kamu Tuju

Cari tahu tentang perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan
Cari tahu tentang perusahaan yang akan kamu lamar

Pernahkah kamu mendengar istilah, “Sebelum mencapai titik gunung, kita perlu tahu dahulu isi yang ada di dalamnya”? Nah, sesuai dengan kalimat tersebut, sebelum tertarik dengan lowongan kerja di suatu perusahaan, Sobat perlu tahu dulu perusahan seperti apa yang dituju.

Hal tersebut akan membantu Sobat untuk membuat plan dan target yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Selain itu, kamu juga akan terhindar dari penipuan yang marak terjadi di website atau online.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Pahami Sumber Informasi Lowongan Pekerjaan 

Pahami sumber lowongan yang menjadi tujuan melamar pekerjaan
Pahami sumber lowongan pekerjaan

Sebelum mencari tahu tentang perusahaannya, alangkah lebih baik jika kamu juga mencari tahu dari mana sumber lowongan kerja tersebut berasal. Jika memang jobseeker website yang kamu akses adalah valid dan terpercaya, maka Sobat bisa coba untuk apply lamaran. Jangan lupa cross check juga pada media sosial perusahaan terkait, bisa melalui LinkedIn atau pun Instagram. Eh, kamu sudah tengok informasi lowongan kerja di sini belum?

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Bangun Koneksi Seluas Mungkin

dalam proses melamar pekerjaan, penting untuk meningkatkan branding dengan menjalin koneksi di sosial media
Tingkatkan branding dengan menjalin koneksi di sosial media

Di zaman yang serba canggih ini, personal branding itu penting ya, Sobat MySkill. Untuk mulai melakukan personal branding, bangun koneksi dengan HRD dari berbagai perusahaan atau dengan teman yang sudah bekerja lebih dulu di company tujuanmu. 

Tak hanya meningkatkan personal branding, menjalin koneksi akan membantu kamu lebih percaya diri untuk memberikan yang terbaik saat akan melamar kerja. Salah satu media sosial yang paling ampuh untuk personal branding adalah LinkedIn.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Riset Mendalam Soal Pekerjaan

Riset jenis pekerjaan yang kamu tuju
Riset jenis pekerjaan yang kamu tuju

Nggak ada salahnya untuk riset tentang kualifikasi dan jobdesc pekerjaan dari sebuah perusahaan sebelum Sobat memutuskan untuk apply. Kamu dapat menganalisa, kira-kira apa yang recruiter cari dari kandidat untuk memenuhi sebuah posisi pekerjaan. Saat ini, banyak fitur dan kelas persiapan karier yang bisa membantumu, Mulai dari bootcamp, review CV, webinar, dan lain sebagainya. Btw, MySkill punya ini semua, lo!

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Pahami Cara Kerja Website yang Dituju 

Pahami cara kerja website
Pahami cara kerja website

Seperti yang kita tahu, platform atau website lowongan kerja adalah perantara antara kandidat dengan perusahaan yang sedang hiring. Sebelum submit lamaran, pastikan Sobat sudah memahami bagaimana cara kerja platform tersebut. Pahami cara kerja website itu agar kamu dapat mengatur strategi yang tepat dan siap bersaing saat apply posisi.

Yeay, dari 5 tips di atas, kamu sudah pernah coba yang mana, nih? Kalau belum, coba ikuti setiap langkahnya sebelum mulai untuk melamar kerja, ya! Semoga bermanfaat!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Penulis: Cindy Febri Yanti

Editor: Alifa Justisia

Tinggalkan Balasan