Penulis Komunitas Sebuah komunitas menulis yang berada di bawah naungan liniMuda, mencakup MySkill dan SimulasiKu. Wadah untuk menuangkan karya para member komunitas yang menyukai dunia menulis artikel.

5 Cara ini Bantu Kamu Mengatasi Stres di Tempat Kerja

2 min read

Pekerjaan bisa menjadi sumber pendapatan seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, tetapi pekerjaan juga bisa menjadi sumber stres yang mengganggu. Stres dan pekerjaan tampaknya menjadi dua hal yang tidak terpisahkan. Pasalnya, stres dapat dipicu oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Beratnya beban pekerjaan, kurangnya waktu istirahat, hingga lingkungan kerja yang tidak sehat dapat memicu kamu stres di tempat kerja. Stres dapat berpengaruh terhadap menurunnya produktivitas serta mengganggu kesehatan fisik dan mental karyawan, seperti menyebabkan migrain, hipotensi, tipes, hingga depresi. Kira-kira bagaimana ya mengatasi stres di tempat kerja?

Jika kamu sedang mengalami stres di tempat kerja, sebaiknya kamu sesegera mungkin mengatasinya agar tidak terjadi dampak buruk terhadap kesehatanmu. Yuk simak 5 tips mengatasi stres di tempat kerja berikut ini agar kamu bisa kembali ke kondisi prima kamu!

1. Manajemen Waktu

Manajemen Waktu Bisa Bikin Pekerjaan Lebih Teratur
Manajemen Waktu Bisa Bikin Pekerjaan Lebih Teratur

Banyaknya beban pekerjaan yang menunggumu untuk diselesaikan seringkali menjadi penyebab utama stress di tempat kerja. Untuk mengatasinya, kamu perlu menetapkan skala prioritas disertai manajemen waktu yang baik. Kamu bisa menyusun skala prioritas berdasarkan urgensi dan deadline pekerjaan itu. Kamu juga perlu menyediakan waktu kosong untuk menyiapkan skenario terburuk jika bos kamu memberimu pekerjaan secara tiba-tiba. Dengan begitu, kamu bisa mengatur setiap pekerjaan yang bisa kamu selesaikan dalam satu hari agar tidak menumpuk.

2. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Lingkungan Kerja Jadi Faktor Eksternal yang Penting Mengatasi Stres
Lingkungan Kerja Jadi Faktor Eksternal yang Penting Mengatasi Stres

Kamu perlu menjaga hubungan baik dengan rekan kerja dan atasanmu. Pasalnya, saat kamu memiliki masalah dengan mereka, kamu akan merasa terbebani setiap kali datang ke tempat kerja. Selain itu, kamu juga bisa menciptakan kenyamanan di lingkungan kerjamu seperti dengan membeli bantal leher, menempelkan foto dan motivasi, atau dengan menjaga meja kerjamu tetap rapi dan bersih.

Baca Juga: Perhatikan 2 Hal Ini Buat Naikin Kepercayaan Diri Kamu dalam Bekerja!

3. Mengatasi Stres Dengan Istirahat yang Cukup

Istirahat Bisa Mengurangi Stres Kamu
Istirahat Bisa Mengurangi Stres Kamu

Istirahat menjadi salah satu kunci utama untuk mengatasi stres di tempat kerja. Saat kamu mengerjakan sesuatu secara terus-menurus, semakin lama kamu akan merasa jenuh dan penat. Untuk menyegarkan kembali pikiranmu, kamu bisa mengambil langkah mundur untuk istirahat sampai kamu siap menyelesaikan kembali pekerjaanmu. Tidur yang cukup, menikmati makanan favorit, hingga berkumpul dengan orang terkasih bisa menjadi penghibur saat kamu mulai strss di tempat kerja.

4. Mengatasi Stres paling Ampuh, Jangan Terlalu Perfeksionis!

Terlalu Perfeksionis Bisa Bikin Kamu Mudah Kelelahan
Terlalu Perfeksionis Bisa Bikin Kamu Mudah Kelelahan

Saat kamu terlalu perfeksionis dalam melakukan pekerjaanmu, kamu akan cepat merasa frustrasi karena terkadang apa yang kamu kerjakan tidak sesuai dengan ekspektasimu. Selain itu, kamu juga akan menghabiskan waktu lebih lama untuk mengerjakan satu pekerjaan. Kebiasaan terlalu perfeksionis akan menumpuk pekerjaan-pekerjaan lain yang harus kamu selesaikan. Kamu tetap perlu memberikan yang terbaik untuk pekerjaanmu sambil menyadari bahwa tidak ada yang sempurna. 

5. Berangkat Kerja Lebih Awal

Menghindari Macet di Pagi Hari Bisa Jadi Solusi Mengatasi Stres juga Loh
Menghindari Macet di Pagi Hari Bisa Jadi Solusi Mengatasi Stres juga Loh

Poin ini berlaku untuk kamu yang sudah bekerja dengan sistem WFO. Padatnya lalu lintas di pagi hari seringkali membuat kamu stres berada di jalan. Dengan berangkat lebih awal, kamu bisa menghindari kemacetan sehingga kamu bisa lebih segar saat tiba di kantor.

Tidak bisa dipungkiri, stres karena pekerjaan bisa menjadi masalah yang mengganggu kehidupan sehari-harimu. Kamu perlu segera mengetahui penyebabnya agar kamu bisa menyelesaikannya. Jika kamu bingung untuk memulai menyelesaikan masalahmu dari mana, kamu bisa melakukan salah satu dari lima tips untuk mengatasi stres di tempat kerja pada artikel ini. Nah kalau kamu punya cara lain untuk mengatasi stres karena pekerjaan, jangan lupa bagikan di kolom komentar, ya!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Disini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Penulis: Salsabila Dwi Andani

Editor: Dinan Fuzianti

Baca Juga: 7 Gaya Kepemimpinan, Mungkin Pimpinan Kamu Di Kantor Adalah Salah Satunya!

Penulis Komunitas Sebuah komunitas menulis yang berada di bawah naungan liniMuda, mencakup MySkill dan SimulasiKu. Wadah untuk menuangkan karya para member komunitas yang menyukai dunia menulis artikel.