Organizational Skill, Kenali Skill Ini agar Bekerja Lebih Efisien

Sebagai seorang pekerja yang baik, kita harus menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu. Namun, beberapa orang ternyata kesulitan memenuhi tuntutan itu dengan berbagai alasan, seperti karena menumpuknya pekerjaan. Nah, untuk mengatasi ini, kita perlu mempelajari dan mengasah organizational skill.

Organizational skill merupakan kemampuan yang bisa membantumu untuk bekerja dengan lebih efisien. Dengan menguasai keterampilan ini, sobat MySkill akan lebih mudah dalam mengatur jam kerja supaya bisa menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.

Dalam artikel ini, MySkill akan membahas tentang organizational skill, mulai dari pengertiannya, jenis, hingga cara meningkatkannya. Bagi kamu yang ingin mempelajari keterampilan yang satu ini, pastikan simak artikelnya sampai habis, ya!

1. Apa Itu Organizational Skill?

Organizational skill
Organizational skill penting untuk dimiliki setiap orang

Organizational skill merupakan keterampilan yang dapat membantu dalam menggunakan waktu, sumber daya, dan energi secara efisien dalam menyelesaikan pekerjaan. Skill ini berkaitan dengan keterampilan mengorganisasi segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan.

Kemampuan mengorganisasi ini adalah upaya untuk mengoptimalkan usaha di tempat kerja untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Dengan menguasainya, kamu bisa memprioritaskan dan merencanakan pekerjaan yang perlu diselesaikan. Dengan begitu, kamu bisa terus produktif dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Jenis Organizational Skill

Perencanaan adalah salah satu jenis organizational skill
Organization skill memiliki beberapa jenis

Keterampilan mengorganisasi ini terbagi lagi ke dalam beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis organizational skills yang harus sobat MySkill kuasai.

a. Manajemen Waktu

Mengatur waktu dengan baik adalah salah satu jenis organizational skill yang harus dikuasai. Dengan manajemen waktu yang baik, kamu tidak akan keteteran dengan pekerjaan yang menumpuk. Selain itu, kemampuan ini juga akan membuatmu mengeluarkan energi yang lebih sedikit karena tidak harus tergesa-gesa menyelesaikan pekerjaan. Bagi kamu yang ingin mencapai work-life balance, skill ini wajib kamu miliki.

b. Komunikasi

Keterampilan selanjutnya yang perlu dimiliki adalah kemampuan komunikasi. Dengan skill ini, kamu dapat dengan mudah menerima dan menyampaikan informasi di tempat kerja. Hal ini begitu penting karena dengan komunikasi yang efektif, kamu akan lebih mudah bekerja sama dengan orang lain ketika menyelesaikan pekerjaan.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

c. Motivasi Diri

Seseorang dengan organisasi diri yang baik pasti memiliki motivasi dan inisiatif yang besar untuk segera menyelesaikan tugas dan memberikan hasil terbaik. Ketika kita memiliki motivasi yang benar, kita juga akan terhindar dari sifat malas dan menunda-nunda pekerjaan atau proskatinasi.

d. Perencanaan

Seseorang dengan organisasi diri yang baik juga selalu merencakan sesuatu sebelum bertindak. Mereka selalu membuat rencana untuk memanfaatkan energi dan waktu sebaik mungkin agar pekerjaan terselesaikan dengan efisien. Kamu bisa mulai perencanaan ini dengan membuat to do list agar semuanya terencana dengan baik.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

e. Perhatian Terhadap Detail

Kemampuan ini juga merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam organization skill. Mereka yang memiliki organisasi diri yang baik akan selalu memastikan tugasnya terselesaikan dengan benar dan teliti sehingga tidak membuang waktu dan tenaga di kemudian hari.

3. Cara Meningkatkan Organizational Skill

Membuat catatan atau daftar pekerjaan adalah salah satu meningkatkan kemampuan mengorganisasi
Membiasakan merencanakan pekerjaan adalah cara meningkatkan organizational skill

Keterampilan ini penting untuk kita miliki agar kita bisa bekerja secara efisien dan bisa menghemat waktu dan tenaga. Untuk memiliki keterampilan ini, kamu harus terus mengasahnya. Berikut adalah cara meningkatkan organizational skill.

  • Pertama, membuat daftar pekerjaan. Kamu perlu membiasakan diri untuk membuat daftar pekerjaan sebelum mengerjakannya, ini merupakan kebiasaan yang bisa meningkatkan kemampuan organisasi. Coba buatlah daftar pekerjaan beserta dengan jadwal deadline.
  • Kedua, mengerjakan pekerjaan sesuai jadwal. Daftar pekerjaan yang sudah sobat MySkill susun tentu harus dikerjakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Jika tidak, maka daftar pekerjaan yang kamu buat jadi sia-sia.
  • Ketiga, komunikasi dengan tim. Jika bekerja di dalam sebuah tim, tentu kamu harus mengomunikasikan jadwal perencanaanmu kepada rekan-rekan kerja. Pastikan mereka memahami rencana yang kamu susun. Dengan begitu, pekerjaan tim akan selesai dengan baik dan tepat waktu.
  • Terakhir, manfaatkan tools. Saat ini sudah tersedia banyak pilihan tool yang bisa membantumu untuk menyusun daftar pekerjaanmu. Beberapa tool yang bisa membantu dalam meningkatkan organizational skill adalah Google Calendar, Notion, Trello, Evernote, dan sebagainya.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Demikianlah pembahasan dari MySkill mengenai organizational skill. Kemampuan ini adalah kemampuan yang wajib kamu miliki ketika berada di dunia kerja. Selain itu, tentu kamu juga harus menguasai kemampuan-kemampuan lainnya. Nah, MySkill menyediakan banyak kelas dengan berbagai bidang yang bisa kamu akses dengan harga terjangkau.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Wahda Nur Lestari

Tinggalkan Balasan