Fathya Tyas Yudila Utami Fathya Tyas Yudila Utami, 20. Sedang dalam masa studi pada tahun ketiga di jurusan Antropologi Sosial. Sengaja tidak belajar berenang agar tetap tenggelam dalam arus sastra yang memabukkan. Menamai dirinya sebagai buruh tulis yang tuna kata, sebab terkadang huruf-huruf jahil tidak pulang ke dalam kepala. Bercita menerbitkan anak-anak kata yang telah lahir sejak lama dalam satu, dua, seribu halaman (bila mampu) agar diketahui pernah berbagi udara yang sama dengan mahluk bumi lainnya.

Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dilakukan Mahasiswa

2 min read

Seiring berkembangnya zaman, pola pikir manusia pun turut mengalami perubahan. Salah satunya datang dari kalangan mahasiswa, nih. Mereka yang awalnya hanya memiliki orientasi belajar saat berada di perguruan tinggi, kini mulai beralih memikirkan kemungkinan untuk mendapatkan upah dari hasil pekerjaan sampingan yang mereka tekuni. Belum lagi mengingat kondisi pandemi yang turut berimbas kepada sektor perekonomian keluarga. 

Selain untuk menambah uang saku, upah yang mereka terima pun sedikit banyak dapat membantu memperbaiki kondisi keuangan di masa seperti ini. Ini dia tujuh referensi pekerjaan sampingan yang bisa kamu tekuni di sela-sela perkuliahanmu, sobat MySkill.id. Yuk scroll down sampai akhir, siapa tahu bisa jadi inspirasi yang menguntungkan untukmu!

1. Mahasiswa dan Kedai Kopi Masa Kini

Pekerjaan sampingan semua mahasiswa, barista.
Pagi mahasiswa, malam jadi barista

Bagi kamu yang suka mengerjakan tugas di coffee shop ala anak muda masa kini pasti sudah tidak heran melihat para barista muda lalu-lalang di sana. Ya, mengambil part-time sebagai seorang barista di kalangan mahasiswa bukanlah suatu hal yang asing lagi. Terlebih buat kamu memang mempunyai ketertarikan dengan seni meracik kopi. Ibarat hobi yang menguntungkan, tentu pekerjaan ini tidak akan terlalu terasa melelahkan bagimu.

2. Menggali Cuan lewat Online Business ala Mahasiswa

Mau uang mengalir lewat modal main HP? Buka online shop aja!
Main HP mulu tapi tetap bergaji? Buka online shop aja!

Menjalankan sebuah online store rasanya tidak terlampau sulit bagi para mahasiswa mengingat budget yang ada dapat dengan mudah kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, tidak perlu bersusah payah mencari pegawai untuk menjalankannya. Hanya berbekal dengan sebuah smartphone dan jaringan internet, kamu sudah bisa membuka bisnis online impianmu. Menjadi boss untuk dirimu sendiri tentu tidak akan rumit, bukan?

3. Mengambil Tawaran Pekerjaan Sampingan sebagai Freelancer

Tawaran pekerjaan sampingan sebagai freelancer.
Takut bekerja akan menyita waktu belajar? Yuk, cobain freelance aja

Kesempatan menarik yang bisa jadi sumber penghasilanmu adalah menjadi seorang freelancer. Kamu tidak perlu merasa khawatir akan kesulitan untuk mengikuti flow pekerjaan tersebut. Freelancer merupakan pekerjaan yang sangat mengutamakan fleksibilitas, baik dari segi waktu, maupun lokasinya. Sehingga tentu tidak akan menyita waktu perkuliahanmu, nih. Kamu tetap bisa belajar sambil menghasilkan uang!

4. Masih Mahasiswa Kok Udah Ngajar? Siapa yang Larang!

Mengajar bisa jadi pilihan pekerjaan sampingan untuk mahasiswa juga, lho!
Sembari kuliah kamu juga dapat menjadi guru private, loh

Jika kamu merasa memiliki kualifikasi dalam mengajar, cobalah untuk memanfaatkannya. Terlebih lagi, di masa pandemi seperti ini ada beberapa orang tua yang mencari tenaga tutor tambahan untuk kebutuhan sekolah anak mereka, loh. Pastikan kamu benar-benar mampu sebelum memutuskan untuk mengambil pekerjaan ini, ya. Jangan sampai hanya memikirkan keuntungan semata, kamu jadi lupa akan kemampuanmu sendiri.

Baca Juga: Wajib Coba, Ini Dia Manfaat Bekerja di Startup!

5. Ikut Andil dalam Survei Online sebagai Pekerjaan Sampingan

Survei online bisa jadi pekerjaan sampingan buat mahasiswa.
Survei online, si pendulang uang jajan bagi mahasiswa

Kamu pasti pernah melihat akun yang menawarkan pengisian sebuah survei di laman social media, seperti Twitter bukan? Nah, beberapa penyedia survei biasanya akan memberi upah atas partisipasimu. Semakin banyak kamu mengisi form yang ada, kemungkinan meraup pundi-pundi rupiah pun semakin lebar! Walaupun nominalnya tidak seberapa, tetapi lumayan untuk menambah uang jajan.

6. Gabung jadi Driver Online? Oke Banget buat Mahasiswa Nih

Jadi abang ojek online sambil nunggu jam kuliah? Bisa aja!
Jadi abang ojek online sambil nunggu jam kuliah? Bisa dicoba

Bagi kamu yang punya cukup waktu di sela-sela perkuliahan, bisa banget untuk bergabung jadi salah satu driver online di aplikasi ternama itu, loh. Terlebih lagi jika fasilitas akomodasi yang kamu miliki terbilang memadai. Ya, sembari bekerja kamu jadi bisa lebih mengenal banyak tempat di kotamu karena terbiasa wara-wiri mengantarkan pelanggan! Namun, kamu harus cukup sabar karena orderan yang masuk seringkali tidak menentu.

7. Si Mahasiswa Tukang Jastip: Pekerjaan Sampingan yang Menyenangkan!

Sambil shopping sekalian dapet duit.
Part-time menyenangkan ala mahasiswa tukang jastip

Siapa di sini yang punya hobi jalan-jalan di pusat perbelanjaan? Nah, daripada kamu hanya berkeliling tanpa tujuan, cobalah untuk memanfaatkannya dengan membuka jasa titip. Itu loh, orang yang dengan senang hati mencarikan barang yang kamu inginkan dengan mematok kisaran harga tertentu untuk jasa tersebut. Bukan hanya menerima imbalan, kamu juga bisa memanjakan mata dengan berjalan-jalan di sana! Menyenangkan, bukan?

Selain tujuh pekerjaan sampingan di atas, sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang dapat kamu explore di luar sana untuk menghasilkan uang. Tidak ada salahnya mengambil part-time, tetapi jangan sampai kamu malah melalaikan tugas utamamu sebagai mahasiswa ya! Punya pengalaman unik saat mengambil part-time di sela perkuliahan? Yuk, bagikan ceritamu di kolom komentar MySkill.id.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Baca Juga: Bye Bye Nganggur! 5 Pekerjaan Ini Tetap Dapat Kamu Tekuni Meski Sedang Pandemi

Editor: Agnes Zefanya Yonatan

Fathya Tyas Yudila Utami Fathya Tyas Yudila Utami, 20. Sedang dalam masa studi pada tahun ketiga di jurusan Antropologi Sosial. Sengaja tidak belajar berenang agar tetap tenggelam dalam arus sastra yang memabukkan. Menamai dirinya sebagai buruh tulis yang tuna kata, sebab terkadang huruf-huruf jahil tidak pulang ke dalam kepala. Bercita menerbitkan anak-anak kata yang telah lahir sejak lama dalam satu, dua, seribu halaman (bila mampu) agar diketahui pernah berbagi udara yang sama dengan mahluk bumi lainnya.