Dhea Salsabila Dhea Salsabila. Mahasiswi Komunikasi dan Penyiaran Islam yang begitu tertarik dengan dunia literasi. Gemar merangkai aksara bersama alunan biola. Di sela-sela kesibukan kuliah, ia juga mengelola bisnis online di bidang halal fashion.

7 Pekerjaan yang Cocok untuk Tipe Kepribadian INFJ

2 min read

INFJ merupakan salah satu tipe kepribadian menurut tes MTBI (Myers-Briggs Type Indicator) yang menunjukkan kecenderungan sifat introvert dalam diri seseorang. INFJ sendiri memiliki kepanjangan introversion, intuition, feeling, dan judging.

Introversion menunjukkan bahwa seseorang tersebut bersifat introvert atau senang menghabiskan waktu sendirian. Sementara itu, intuition adalah seorang yang berfokus pada ide, konsep, dan kreativitas.

Adapun feeling memiliki makna sosok yang mampu mengambil keputusan berdasarkan emosi dan nilai, sedangkan judging berarti lebih suka terhadap sesuatu yang sudah terjadwal atau teratur.

Dengan mengetahui jenis kepribadian diri, seseorang akan lebih mudah untuk mengenali potensi dan karier yang sesuai. Nah, buat kamu yang memiliki kepribadian INFJ tapi masih bingung memilih profesi apa yang tepat, yuk, simak rekomendasi 5 pekerjaan yang cocok untuk seorang dengan tipe MBTI ini sebagai berikut!

1. INFJ sebagai Musisi

INFJ
Karier musisi bagi seorang INFJ

Pekerjaan pertama yang recommended untuk tipe MBTI ini adalah musisi. Kepribadian ini memiliki kemampuan menciptakan inovasi atau ide-ide menarik serta potensi feeling yang baik. Hal tersebut tentu sangat berkaitan dengan kehidupan musisi yang sering melakukan aransemen atau membuat lagu-lagu baru.

2. INFJ sebagai Konselor

INFJ
Intuisi INFJ yang kuat sangat cocok untuk menjadi konselor

Konselor merupakan tenaga profesional yang bertugas untuk memberi pelayanan terhadap siswa atau masyarakat guna mencari solusi atas masalah yang mereka alami. Tipe INFJ memiliki intuisi yang kuat sehingga dapat membaca dan memahami problematika klien.

Tidak hanya itu, seseorang dengan kepribadian jenis ini mempunyai daya analisis yang sangat baik. Oleh karena itu, mereka dapat menyimpulkan hal-hal terselubung dalam diri klien dengan bantuan alat tes kepribadian.

Selain konselor, kamu juga bisa menjadi psikolog yang mana pekerjaannya tidak jauh berbeda dengan konselor.

3. INFJ sebagai Penulis

INFJ
Menjadi penulis adalah sarana INFJ untuk berbagi makna kehidupan

Seorang dengan kepribadian INFJ dinilai senang terhadap pekerjaan yang bersifat memberikan makna dalam hidup. Menjadi penulis sangat memungkinkan kamu untuk berbagi ilmu, pengalaman, dan kisah-kisah inspiratif kepada orang lain.

Kamu juga bisa menulis novel atau cerita fiksi karena tipe ini memiliki daya imajinasi yang tinggi sehingga bisa menciptakan alur out of the box sesuai karakter tokoh.

4. Entrepreneur

INFJ
Profesi entrepreneur adalah wadah INFJ untuk berkreasi

Rekomendasi karier untuk tipe MBTI ini yang berikutnya yakni menjadi pebisnis atau entrepreneur. Pekerjaan ini berkaitan dengan promosi produk yang membutuhkan kreativitas dan ide-ide yang menarik.

Alasan lain mengapa wirausaha patut dicoba oleh tipe kepribadian ini yaitu INFJ memiliki jiwa kompetitif serta senang memengaruhi orang lain. Di samping itu, persaingan bisnis yang semakin ketat akan lebih menantang bagi seorang INFJ agar selalu melakukan inovasi dan kreasi produk.

Baca juga: Yuk, Kenali Tes Kepribadian DiSC dalam Proses Rekrutmen!

5. Guru

INFJ sebagai tenaga pendidik

Tenaga pendidik ternyata juga salah satu profesi yang cocok untuk introvert, lo! Kepribadian tipe ini lebih peka terhadap kondisi murid atau mahasiswa sehingga dapat menentukan strategi belajar yang tepat dan optimal.

6. Desainer Grafis

Kemampuan artistik untuk menjadi desainer grafis

Seorang dengan kepribadian introversion, intuition, feeling, dan judging yang artistik tentu memandang pekerjaan desainer grafis sebagai passion yang sangat tepat. Perpaduan antara warna, garis, dan jenis font menjadi daya tarik tersendiri bagi pemilik kepribadian tipe ini.

Keunggulan lain dari pekerjaan ini adalah kamu bisa melakukannya dari rumah atau di mana saja tanpa harus datang ke kantor. Cukup tunggu pelanggan datang sembari meningkatkan skill agar kualitas desainmu makin meningkat.

Baca juga: 10 Skills yang Wajib Dimiliki Desainer Grafis agar Bisa Sukses

7. Seniman

Seniman sebagai pekerjaan yang tepat bagi INFJ

Pekerjaan ke-7 yang recommended untuk tipe INFJ yakni seniman. Ada banyak jenis seni yang bisa kamu tekuni, seperti menari, melukis, dan lain-lain. Terlebih, pekerjaan di bidang seni tidak terlalu membutuhkan interaksi dengan orang lain sehingga sangat cocok bagi pemilik kepribadian introvert.

Itulah 7 rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk tipe kepribadian INFJ. Masih bingung menentukan karier apa yang sesuai? Yuk, kunjungi website MySkill.id untuk mencari tahu lebih dalam seputar jenis-jenis profesi masa kini! Jangan lupa juga untuk mengikuti berbagai E-Learning atau Bootcamp bersama MySkill.id agar kemampuan kamu semakin meningkat!

Editor: Deden Usman Hafidi

Dhea Salsabila Dhea Salsabila. Mahasiswi Komunikasi dan Penyiaran Islam yang begitu tertarik dengan dunia literasi. Gemar merangkai aksara bersama alunan biola. Di sela-sela kesibukan kuliah, ia juga mengelola bisnis online di bidang halal fashion.