Franzeska Rosariz Wijaya Franzeska, lulusan Kimia yang tertarik dengan dunia kepenulisan sejak SMA. Gemar mendengarkan lagu dan menonton drama Korea. Di samping bekerja di industri F&B, ia juga bercita-cita menjadi seorang penulis.

5 Cara Bekerja di Perusahaan Multinasional dan Tips Suksesnya

3 min read

Perkembangan era globalisasi membuat kerja sama antar negara sangat mungkin terjadi, salah satunya dalam kegiatan ekonomi. Oleh karena itu, saat ini hadir berbagai perusahaan berskala internasional atau yang sering kita sebut dengan perusahaan multinasional. 

Perusahaan jenis ini memang sering kali menawarkan jenjang karier yang menjanjikan serta gaji tinggi. Namun, kualifikasi dan persaingan untuk dapat bekerja di dalamnya pun tidaklah mudah. Kali ini, MySkill akan membagikan informasi seputar perusahaan multinasional dan kiat sukses untuk bekerja di industri tersebut. Yuk, simak!

Apa Itu Perusahaan Multinasional?

perusahaan multinasional di Indonesia
Coca Cola, salah satu perusahaan multinasional di Indonesia

Perusahaan multinasional atau multinational corporation (MNC) adalah perusahaan yang mengembangkan diri di pasar internasional dengan mencoba hadir pada berbagai kota penting di seluruh penjuru dunia. MNC memiliki peranan penting dalam ekspor dan impor, transaksi internasional, hingga penanaman modal asing di beberapa negara tujuan tertentu.

Contoh company berskala multinasional yang ada di Indonesia, antara lain:

  • Acer Inc.
  • BMW
  • Coca-Cola
  • Freeport
  • Google
  • Honda
  • KFC
  • McDonald’s
  • Microsoft
  • Nestlé
  • Pepsi
  • Samsung
  • The Walt Disney Company
  • Toyota
  • Yahoo!

Baca juga: 7 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Ada Incaranmu?

Karakteristik Multinational Corporation

ciri-ciri perusahaan multinasional
MNC memiliki cabang perusahaan di beberapa negara berbeda

Perusahaan yang memiliki status multinasional umumnya memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dengan perusahaan lokal. Berikut beberapa di antaranya:

a. Mempunyai Anak Perusahaan atau Cabang di Luar Negeri

Sesuai namanya, yakni multinasional, perusahaan ini mempunyai bisnis di berbagai negara dan anak perusahaannya pun tersebar tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Bahasa Inggris umumnya menjadi bahasa pengantar untuk operasionalnya, walaupun terkadang juga bisa menyesuaikan dengan negara cabangnya.

b. Mempunyai Teknologi Canggih

Beberapa perusahaan yang sudah memperoleh gelar multinasional adalah perusahaan besar sehingga teknologinya pun sudah modern. Adanya teknologi canggih tersebut mampu membantu perusahaan induk dalam mengawasi berbagai anak perusahaan yang berada di luar negeri.

c. Kontrol Modal

Mengingat modal adalah salah satu aspek penting yang bisa memberikan dampak bagi suatu perusahaan, MNC biasanya mempunyai kontrol pada modal, baik modal di perusahaan induk maupun perusahaan cabang. Modal yang banyak akan memberikan kemudahan dalam hal pengembangan perusahaan agar semakin produktif.

d. Memiliki Visi dan Misi yang Mendunia

Memiliki cabang di berbagai negara membuat perusahaan tersebut harus bisa mempunyai visi dan misi yang bersifat mendunia. Pasalnya, apa yang dilakukan oleh perusahaan bisa berpengaruh pada kondisi global.

Kelebihan dan Kekurangan Bekerja di MNC

kelebihan bekerja di perusahaan MNC
Kamu bisa menambah wawasan mengenai budaya negara lain

Ada banyak keuntungan yang akan kamu peroleh jika mendapatkan kesempatan untuk bekerja di perusahaan berskala internasional. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Sistem kerja yang terstandarisasi, mulai dari sistem pembagian kerja, administrasi, hingga kewenangan telah diatur sehingga karyawan hanya perlu menjalankan prosedur.
  • Kondisi perusahaan sudah stabil sehingga kamu tak perlu terlalu cemas saat ada kondisi buruk.
  • Berkesempatan untuk bekerja di lingkungan multikultural dan menambah relasi dari berbagai negara.
  • Peluang untuk bekerja di luar negeri lebih besar.

Kendati demikian, setiap kelebihan tentu saja tak lepas dari kekurangan yang mengiringinya. Berikut ini beberapa tantangan yang harus kamu hadapi bila bekerja di multinational company:

  • Sulit beradaptasi dengan lingkungan baru dan perkembangan teknologi yang cepat.
  • Kendala saat berkomunikasi dengan rekan kerja dari berbagai latar belakang dan negara berbeda.
  • Memiliki banyak cabang di negara lain membuatmu harus siap melakukan meeting di luar jam kerja karena perbedaan zona waktu.
  • Persaingan antar karyawan yang sangat ketat.

Baca juga: 6 Tips Melamar Kerja bagi Fresh Graduate, Perlu Kamu Coba!

5 Tips Sukses Bekerja di Perusahaan Multinasional

Tips bekerja di perusahaan multinasional
Memahami komunikasi lintas budaya penting untuk menambah relasi

Mengingat bekerja di perusahaan multinasional tidaklah mudah, maka MySkill akan membagikan beberapa tips sukses agar kamu bisa survive ketika bekerja di perusahaan multinasional sebagai berikut:

a. Pahami Cara Komunikasi Lintas Budaya

Bekerja di suatu perusahaan internasional pastinya akan mempertemukanmu dengan rekan kerja hingga klien dari lintas budaya. Jika tidak memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni, maka kamu akan kesulitan saat berdiskusi atau bahkan untuk sekadar melakukan perbincangan santai. 

Oleh karena itu, selain mahir berbahasa asing, memahami cara komunikasi lintas budaya juga penting agar tidak terjadi kesalahpahaman saat kamu menyampaikan suatu hal.

b. Jangan Lelah untuk Belajar Hal Baru

Memiliki keinginan untuk terus belajar adalah salah satu sikap yang wajib kamu miliki jika bekerja di perusahaan kelas dunia. Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, maka kamu semakin berpotensi untuk meningkatkan kemampuan problem solving, leadership, dan semua hal yang dibutuhkan untuk menunjang kesuksesan.

c. Berlatih untuk Bekerja di Bawah Tekanan

Salah satu skill yang perlu kamu miliki untuk bekerja di perusahaan multinasional adalah mampu bekerja di bawah tekanan. Sebagian besar perusahaan menganggap bahwa skill yang satu ini sangatlah penting untuk dimiliki setiap karyawannya. Sebab, seseorang yang mampu bekerja di bawah tekanan pasti akan selalu positif dalam menghadapi segala tuntutan pekerjaan dan masalah yang ada.

d. Memperbanyak Networking

Kunci sukses kerja di perusahaan multinasional selanjutnya adalah menambah relasi atau networking. Kemampuan networking sangat penting karena kamu bisa mengenal banyak orang dan memiliki peluang besar untuk belajar sesuatu dari mereka.

e. Percaya Diri

Hal yang tak kalah penting adalah percaya diri. Tanpa kepercayaan diri yang tinggi, tentunya kamu akan kesulitan beradaptasi dengan lingkungan kerja. Tidak sedikit karyawan yang sulit fokus saat bekerja karena kurangnya kepercayaan diri. Padahal, selama kamu memiliki skill yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas, maka seharusnya kamu tidak perlu merasa minder.

Itu tadi informasi seputar perusahaan multinasional dan tips sukses untuk bekerja di dalamnya. Jika kamu memang tertarik untuk berkarier di perusahaan berskala dunia, jangan patah semangat untuk terus mengembangkan skill yang kamu miliki. Misalnya, kamu tertarik dengan dunia digital marketing, maka kamu bisa mengikuti kelas Mengenal Digital Marketing Framework bersama Myskill.

Editor: Arin Khurota

Franzeska Rosariz Wijaya Franzeska, lulusan Kimia yang tertarik dengan dunia kepenulisan sejak SMA. Gemar mendengarkan lagu dan menonton drama Korea. Di samping bekerja di industri F&B, ia juga bercita-cita menjadi seorang penulis.