5 Produk Google Ini Bisa Bantu Meningkatkan Bisnis Kamu

Perkembangan teknologi menawarkan berbagai kemudahan dalam kehidupan kita, tak terkecuali dalam berbisnis. Di sisi lain, kemudahan itu juga membuat kompetisi antar bisnis semakin kuat.  

Eits, tapi jangan khawatir karena Google punya 5 produk yang bisa membantu meningkatkan bisnis kamu supaya bisa tetap kompetitif dengan para pebisnis lain. Kira-kira, apa aja ya? Yuk, langsung kita simak bareng-bareng melalui artikel di bawah ini!

1. Google Ads

Google Ads adalah salah satu bentuk Search Engine Marketing (SEM)

Kalau kamu ingin mempromosikan bisnis dengan Search Engine Marketing (SEM), Google Ads adalah fitur yang pas untukmu. Google Ads menggunakan sistem Pay-Per-Click (PPC) yang membuat kamu hanya diharuskan untuk membayar apabila ada orang lain yang mengklik iklan yang ditampilkan.

Cara kerja Google Ads cukup mudah. Pertama, kamu harus membuat akun Google Ads terlebih dahulu di www.ads.google.com. Setelah itu, kamu bisa langsung menawar keyword yang ingin kamu gunakan untuk iklanmu. Kalau sudah, buatlah 4 baris iklan berbasis teks yang simpel, dan voila! Iklanmu akan muncul saat orang lain mencari keyword yang kamu pilih. 

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Google Keyword Planner

Pemilihan keyword yang tepat dapat memaksimalkan iklanmu

Ketika menggunakan Search Engine Marketing (SEM), pemilihan keyword adalah hal yang paling menentukan keefektifan iklanmu. Untungnya, Google menawarkan Google Keyword Planner untuk membantu kampanye SEM. 

Produk gratis dari Google ini dapat memberikan informasi tentang seberapa sering suatu keyword dicari oleh target konsumenmu. Tidak hanya itu, Google Keyword Planner juga memberikan estimasi harga yang harus kamu tawar untuk sebuah keyword. Jadi, kamu bisa lebih mudah mencari keyword apa yang efektif dan nggak bikin kantong kering.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

3. Google Trends

Google Trens untuk mencari topik yang sedang update
Membuat konten yang sedang trending bisa meningkatkan bisnismu

Kalau kamu lebih mengandalkan Search Engine Optimization (SEO) instead of Search Engine Marketing (SEM), Google Trends adalah produk yang cocok buat kamu. 

Seperti namanya, Google Trends membantu kamu mencari tahu apa yang sedang trending di wilayah dan waktu tertentu secara gratis. Melalui Google Trends, kamu bisa mengetahui kata kunci apa yang sedang ramai dibicarakan untuk memaksimalkan kampanye SEO yang kamu lakukan. 

Data yang kamu dapatkan dari Google Trends juga menjadi sumber inspirasi dalam membuat konten promosi yang bisa mendongkrak popularitas bisnismu. Untuk mengenal lebih jauh apa itu SEO, kamu bisa cek artikel 5 Tips Optimalisasi SEO pada WordPress untuk Tingkatkan Viewers.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

4. Google Search Console

Ingin meningkatkan bisnis? Evaluasi situs bisnis dengan Google Search Console
Evaluasi situs bisnis dengan Google Search Console

Google Search Console adalah alat gratis yang bisa berguna untuk melihat performa sebuah situs web. Alat ini juga dapat membantu kamu untuk mengoptimalkan konten agar traffic situs web bisa semakin ramai. 

Melalui alat ini, kamu bisa mengetahui perangkat apa yang pengunjung gunakan untuk mengakses situs, konten apa yang paling populer, hingga keyword apa yang membawa pengunjung hingga bisa sampai ke situsmu. 

Kerennya lagi, Google Search Console akan memberikan notifikasi apabila ada gangguan yang terjadi di situs web kamu. Jadi, kamu akan selalu up-to-date tentang segala sesuatu yang terjadi di situs bisnis. 

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

5. Google Analytics

Produk google untuk meningkatkan bisnis
Memahami karakter konsumen dengan Google Analytics

Google Analytics dan Google Search Console memiliki fungsi yang cukup mirip, yaitu untuk menganalisis situs web. Bedanya, Google Search Console lebih fokus pada performa situs web, sementara Google Analytics lebih fokus pada karakteristik  pengunjung situs web. 

Melalui Google Analytics, kamu bisa mengetahui bagaimana traffic situs web, dari mana pengunjung situs web berasal, dan berapa lama waktu yang mereka habiskan di situs web kamu. Data-data ini bisa kamu gunakan untuk menghasilkan konten promosi yang lebih spesifik, dan langsung tertuju pada konsumen dengan target market yang sesuai.

Ternyata, banyak juga ya produk Google yang bermanfaat untuk meningkatkan bisnis. Kira-kira, produk apa nih yang paling cocok buat bisnis kamu? Tulis di kolom komentar, ya! Oh ya, kalau ingin pendapatan bisnis kamu semakin meroket, jangan lupa untuk pelajari lebih jauh tentang Digital Marketing. Semua konsep Digital Marketing bisa kamu temukan di bootcamp Digital Marketing dari MySkill. Di sana, kamu bisa langsung praktik dan mendapat portofolio setelah kelas berakhir. Keren, kan?

Semoga artikel ini bermanfaat. Semangat dan semoga bisnismu semakin sukses! 

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Penulis: Shabila Annisa Diningsih

Editor: Intan Aulia Husnunnisa

Tinggalkan Balasan