7 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Ada Incaranmu?

Tidak bisa dipungkiri, selain karena passion, gaji merupakan salah satu aspek penting yang menjadi pertimbangan para jobseeker dalam mencari pekerjaan. Semakin tinggi ekspektasi gaji yang ditawarkan suatu profesi, maka semakin tinggi juga minat masyarakat untuk menekuni bidang tersebut. Kali ini, MySkill telah merangkum 7 profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia. Yuk, simak!

1. Staf Perbankan

7 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Ada Incaranmu?
Perbankan menerima lulusan dari berbagai jurusan

Profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia yang pertama adalah staf perbankan. Sektor ini senantiasa menjaring para pekerja baru setiap tahunnya. Tak hanya lulusan perbankan saja, tetapi jurusan-jurusan lain pun memiliki peluang untuk bisa bekerja di bank. 

Gaji awal yang ditawarkan rata-rata memang berkisar Rp5 juta, tetapi untuk ke depannya, kamu bisa berkarier sebagai pengontrol keuangan yang gajinya dapat mencapai Rp100 juta. Selain itu, ada juga profesi direktur keuangan yang gajinya berkisar antara Rp120 juta sampai Rp250 juta. Fantastis, bukan?

Mau jadi Akuntan, Pajak atau Auditor? Baca panduan lengkap Akuntansi, Pajak dan Audit di sini

2. Ahli Pertambangan dan Perminyakan

7 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Ada Incaranmu?
Industri perminyakan dan gas adalah sektor menjanjikan di Indonesia

Sudah menjadi rahasia umum, pertambangan dan perminyakan merupakan dua sektor yang banyak menjadi incaran karena prospek kariernya yang menjanjikan. Walaupun bidang pertambangan memiliki risiko yang cukup tinggi, tetapi gaji yang akan kamu dapatkan pun setimpal. 

Untuk fresh graduate, upahnya berkisar Rp8 juta dan dapat mencapai puluhan juta rupiah untuk level senior. Sayangnya, tidak setiap tahun kamu dapat melamar pekerjaan di bidang ini. Pasalnya, sektor pertambangan tidak membuka kesempatan kerja secara rutin.

Sementara itu, pada sektor perminyakan, PT. Pertamina yang merupakan perusahaan minyak nasional menawarkan rata-rata gaji untuk para fresh graduate sebesar Rp8 juta sampai Rp15 juta per bulan. Ada juga Total Oil Indonesia yang memberikan gaji Rp12 juta per bulan untuk fresh graduate dan Rp70 juta hingga Rp100 juta per bulan untuk level menengah dan senior.

3. Dokter Spesialis

7 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Ada Incaranmu?
Gaji dokter spesialis sepadan dengan perjalanannya yang panjang

Profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah dokter spesialis. Banyak orang mengincar profesi ini meskipun studi ilmu kedokteran jelas tidak mudah dan persaingannya pun sangat ketat. Selain pekerjaannya yang memiliki tanggung jawab besar, mendapatkan gelar kedokteran juga memerlukan proses yang cukup panjang. 

Kamu harus menjalani co-ass setelah lulus sarjana dan menempuh pendidikan pascasarjana jika ingin menjadi dokter spesialis. Oleh karena itu, tak heran profesi ini memiliki kisaran gaji tinggi. Rata-rata gaji dokter spesialis di rumah sakit pemerintah adalah Rp10 juta rupiah, sedangkan untuk rumah sakit swasta, gaji yang ditawarkan bisa mencapai Rp50 juta rupiah per bulannya.

4. Head of HRD

7 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Ada Incaranmu?
Manajer HRD berperan penting dalam kemajuan SDM suatu perusahaan

Seorang human resources development (HRD) memiliki peran yang besar dalam kemajuan sumber daya manusia di suatu perusahaan. Hal ini membuat pekerjaan pemimpin di divisi tersebut memiliki tawaran gaji yang tinggi.

Umumnya, pegiat dunia HR merupakan lulusan Psikologi. Akan tetapi, tidak jarang juga seorang sarjana dari jurusan lain menekuni pekerjaan di bidang yang satu ini. Gaji yang bisa kamu dapatkan untuk level manajer HR mencapai angka Rp30 juta rupiah.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

5. Pilot

7 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Ada Incaranmu?
Pilot memiliki gaji sekaligus risiko yang besar

Sebagai seseorang yang mengemban risiko dan tanggung jawab besar, pilot menjadi salah satu profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia. Seleksi masuk sekolah penerbangan pun sangat ketat, sebab seorang pilot profesional akan mengangkut lebih dari ratusan nyawa setiap harinya.

Rata-rata gaji pilot komersial untuk satu kali penerbangan bisa mencapai Rp20 juta hingga Rp50 juta rupiah. Hal ini sepadan dengan biaya yang harus kamu keluarkan bila menempuh sekolah penerbangan.

6. IT Specialist

7 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Ada Incaranmu?
Bidang IT menjanjikan gaji yang tinggi

Information technology (IT) menjadi salah satu bidang yang paling menjanjikan di era digital seperti sekarang. Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat internet menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat, terutama bagi kaum urban yang sibuk bergelut dengan pekerjaan.

Maka dari itu, perusahaan dari sektor mana pun akan membutuhkan tenaga ahli IT. Salah satu profesi paling terkenal di bidang ini, yaitu software developer, dapat memperoleh gaji sebesar Rp7 juta hingga Rp20 juta per bulan untuk level junior dan Rp20 juta sampai Rp40 juta per bulan untuk level senior.

7. C-Suite

7 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Ada Incaranmu?
C-suite, level profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia

Profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia yang terakhir adalah C-suite (corporate suite). Level ini mencakup chief executive officer (CEO), chief financial officer (CFO), dan chief operating officer (COO). Gaji yang bisa kamu dapatkan berkisar dari Rp150 juta hingga Rp250 juta per bulan, berlaku untuk berbagai sektor, seperti properti dan konstruksi, konsumen dan ritel, bisnis dan layanan keuangan, maupun industri dan manufaktur.

Itulah 7 profesi dari berbagai bidang dengan kisaran gaji tertinggi di Indonesia. Setiap bidang memiliki jenjang kariernya tersendiri dan tentunya tidak mudah untuk mencapai level gaji tertinggi di Indonesia dalam waktu sekejap. Oleh karena itu, kamu dapat mengasah soft skill dan hard skill-mu melalui E-Learning dan Bootcamp yang tersedia di MySkill. Yuk, cek sekarang juga!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill