Program Kartu Prakerja, Ini Keuntungan yang Bisa Didapatkan!

Program Kartu Prakerja merupakan sebuah program yang pemerintah buat dengan tujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan.

Pada Kartu Prakerja ini, tidak hanya ditujukan untuk fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan, tetapi juga para buruh, karyawan, dan pegawai. Jadi, semua warga yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar dan berkesempatan mendapat pelatihan. 

Hingga saat ini jumlah pendaftar Kartu Prakerja sudah mencapai 86 Juta orang. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari. Melihat banyaknya antusiasme masyarakat, Program Kartu Prakerja ini memiliki banyak fungsinya, lo! Mau tahu apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti aktivitas ini? Yuk, simak artikelnya bersama-sama!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Mendapatkan Insentif 

Program Kartu Prakerja, Ini Keuntungan yang Bisa Didapatkan!
Ini merupakan sebuah modal agar bisa mendaftar kelas pelatihan yang kamu inginkan

Apabila lolos seleksi Kartu Prakerja, kamu akan menerima bantuan dana sebesar Rp3.550.000. Dari total dana tersebut, sebanyak 1 juta tidak dapat kita uangkan. Sebab tujuan dari program ini adalah untuk membeli kelas pelatihan. Maka dari itu, dana tersebut wajib kamu gunakan untuk membeli kelas training dari lembaga-lembaga pelatihan yang menjadi mitra Kartu Prakerja.

Sedangkan untuk dana yang tersisa Rp2.400.000 bisa kamu uangkan dan akan pemerintah kirimkan sebesar Rp600.000 setiap bulannya selama 4 bulan. Serta jika kamu mengisi survei sebanyak 3 kali, kamu akan mendapatkan tambahan insentif sebesar Rp150.000. Insentif tersebut akan terkirim ketika kamu sudah selesai mengikuti pelatihan.

Ada satu pengecualian nih. Jika kamu tidak mengikuti pelatihan, maka tanda kepesertaanmu di website Kartu Prakerja akan hangus dan dana yang sudah kita dapatkan akan dikembalikan. Untuk itu, pastikan kamu mengikuti aturan yang berlaku, ya!

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Meningkatkan Keterampilan 

Program Kartu Prakerja, Ini Keuntungan yang Bisa Didapatkan!
Kunci adanya kelas pelatihan ialah untuk mengasah kemampuan seseorang agar terus berkembang

Siapa sih, yang di sini berkeinginan untuk meningkatkan keterampilan, mulai dari meningkatkan soft skill atau hard skill? Nah, dengan adanya Kartu Prakerja ini, kamu punya kesempatan untuk mengikuti berbagai kelas pelatihan dari mitra program ini, loh! Sebab, dalam program Kartu Prakerja ini, terdapat 165 lembaga pelatihan dengan 1700 program upskilling di berbagai bidang seperti kelas bisnis, keuangan, pemasaran, teknologi, dan masih banyak lagi. Tentunya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Meningkatkan Value Diri

Program Kartu Prakerja, Ini Keuntungan yang Bisa Didapatkan!
Seseorang akan mendapatkan dampak yang dihasilkan dari pencapaian yang ia raih ketika mengikuti pelatihan kerja

Jika sudah menyelesaikan pelatihan, pastinya kamu akan mendapatkan banyak ilmu dan keahlian yang baru. Bagi seseorang yang masih fresh graduate, ilmu teori dan praktik yang didapatkan nantinya bisa membantu untuk mendapatkan pekerjaan. Perlu kita ingat, tujuan dalam mengikuti program Kartu Prakerja ialah ingin meningkatkan value, belajar secara praktik, dan mengasah skill, ya. Maka dari itu, setelah menyelesaikan pelatihan, otomatis akan mendapatkan sertifikat yang bisa jadi point plus yang bisa kamu cantumkan di LinkedIn atau CV kamu.

Meningkatkan Produktivitas

Program Kartu Prakerja, Ini Keuntungan yang Bisa Didapatkan!
Mengikuti kelas pelatihan memang dapat membuat seseorang lebih produktif

Umumnya, setiap pekerja membutuhkan yang namanya sebuah portofolio atau hasil kerja pada saat melamar pekerjaan. Berkas ini sangat penting bagi pelamar yang ingin bekerja di industri kreatif. Untuk itu, apabila mengikuti kelas pelatihan dari program ini, kamu bisa membangun portofolio dari hasil praktik-praktik dari kelas yang kamu ikuti, ya. Selain meningkatkan produktivitas, hal ini dapat menunjang kuantitas dan kualitas yang baik bagi perusahaan.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Menjadi Profesional Dalam Bekerja

Program Kartu Prakerja, Ini Keuntungan yang Bisa Didapatkan!
Bersikap Profesional merupakan hal yang sangat penting saat sudah terjun di dunia kerja

Di era digitalisasi bersamaan dengan pandemi saat ini, sistem WFH sudah banyak perusahaan gunakan. Sayangnya, masih ada sebagian jobseeker atau karyawan yang saat ini bekerja tidak mempunyai etika. Bisa jadi, mereka belum sepenuhnya menyadari bahwa jika sudah terjun di dunia kerja, wajib sekali untuk bersikap profesional. Untuk itu, dengan banyaknya kelas-kelas yang bisa kita ikuti, hal ini dapat menunjang diri kita untuk berlatih profesional.

Bagaimana? Tertarik untuk mendaftar Kartu Prakerja? Program tersebut menguntungkan sekali. Sudah mendapatkan pelatihan gratis yang meningkatkan skill dan value, kamu juga diberikan insentif pula. Yuk, daftarkan diri kamu di prakerja.go.id dan ikuti langkah-langkahnya.

Menyambut pembukaan Kartu Prakerja gelombang baru, MySkill menghadirkan Kelas-kelas seputar Digital Marketing, Product Management, Data Science, dan Bimbingan Karir Mentoring, lo. Di kelas ini, kamu bisa belajar hard skill atau soft skill tentang bidang pekerjaan tertentu secara spesifik. Tambahan lagi, kamu akan belajar bersama instruktur yang expert di bidangnya.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill