ISFJ, Ini 6 Prospek Karier yang Cocok untuk Kamu, Apa Saja?

ISFJ merupakan satu dari 16 tipe kepribadian menurut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Tipe kepribadian ini termasuk yang paling banyak dimiliki oleh populasi dunia, yaitu sekitar 13,8 persen. Karakter utamanya, antara lain introversion (I), sensation (S), feeling (F), dan judging (J), dengan detail sebagai berikut:

  • Introversion, artinya orang ini memiliki karakter introvert atau lebih suka menghabiskan waktu sendirian.
  • Sensation, berarti orang ini lebih menyukai informasi yang konkret dan detail daripada ide, konsep, atau gambaran besar.
  • Feeling, artinya pemilik kepribadian ini membuat keputusan berdasarkan emosi atau perasaan ketimbang informasi objektif.
  • Judging, berarti orang ini lebih suka sesuatu yang terencana dan teratur daripada hal yang spontan dan fleksibel.

Setiap orang memang memiliki kebebasan untuk menekuni pekerjaan yang mereka sukai. Namun, tak jarang indikator jenis MBTI ini digunakan untuk mengarahkan kecocokan seseorang terhadap profesi tertentu. Berikut ini 6 prospek karier yang cocok untuk tipe kepribadian ISFJ. Yuk, simak!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. ISFJ sebagai Konselor

karier yang cocok untuk ISFJ
Sebagai pendengar yang baik, ISFJ cocok menjadi konselor

Mendapat sebutan “The Protector” berdasarkan The Career Project membuat seseorang dengan tipe kepribadian ISFJ dipandang cocok untuk berkontribusi pada masyarakat karena ketulusannya dalam membantu dan melayani orang lain. Salah satunya adalah menjadi seorang konselor, baik konselor pendidikan maupun kesehatan mental.

Konselor kesehatan mental berperan untuk menangani isu emosional, sosial, maupun fisik kliennya yang muncul akibat stres atau masalah yang berkaitan dengan pekerjaan, sekolah atau keluarga. Seorang konselor umumnya bekerja di lembaga pendidikan, perusahaan, pusat rehabilitasi, atau bisa juga membuka praktik sendiri. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. ISFJ sebagai Perawat

profesi kedokteran
ISFJ yang punya jiwa sosial tinggi cocok bekerja di bidang kesehatan

Prospek karier kedua yang cocok untuk tipe kepribadian “pelindung” adalah perawat. Dengan menjadi seorang perawat, kamu dapat menunjukkan kepedulian pada orang lain sekaligus menggunakan keterampilan dan keinginan untuk bekerja teratur sesuai dengan prosedur.

Meski menyimpan karakter introvert sekalipun, ISFJ cenderung memiliki keterampilan sosial yang kuat karena kepekaannya terhadap perasaan orang lain. Dengan demikian, pemilik tipe kepribadian ini cenderung tidak mengalami masalah saat menjadi perawat, serta dapat berinteraksi dan memahami pasiennya dengan baik.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

3. Jadi Akuntan? ISFJ Bisa Banget!

akuntan untuk ISFJ
Profesi akuntan membutuhkan ketelitian tinggi

Sebagai seseorang dengan kepribadian yang peka terhadap detail dan berorientasi pada kerapian, akuntan juga bisa menjadi profesi yang cocok untuk ISFJ. Pasalnya, pekerjaan ini menuntut ketelitian dalam melakukan manajemen data keuangan, menganalisis dan melakukan konsultasi finansial, hingga memastikan laporan keuangan telah sesuai dengan ketentuan yang ada.

Adapun, profesi akuntan terdiri dari beberapa jenis, yaitu akuntan perusahaan atau internal, akuntan pemerintah, akuntan publik, akuntan pendidik, akuntan manajemen, akuntan investasi, akuntan biaya, dan akuntan proyek.

4. Psikolog

ISFJ cocok bekerja sebagai psikolog
Selain jiwa sosial, kemampuan analisis juga penting bagi psikolog

Untuk ISFJ yang cenderung memiliki empati tinggi, tentunya psikolog merupakan prospek karier yang cocok untukmu. Berbeda dari konselor, psikolog memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi, yaitu harus menempuh pendidikan S2 Psikologi terlebih dahulu.

Selain itu, psikolog akan menangani klien secara khusus sesuai dengan bidang atau keahliannya, seperti psikolog anak, psikolog klinis, psikolog sosial, dan sebagainya. Dengan keahlian tersebut, seorang psikolog dapat menerapkan teori untuk menangani gangguan yang dialami pasiennya, misalnya dengan cara psikoterapi atau teknik psikoanalisis tertentu.

Oleh karena itu, selain wajib memiliki kemampuan komunikasi, mendengar, dan hubungan interpersonal yang baik, seorang psikolog juga harus memiliki kemampuan yang kuat dalam analisis dan observasi. Nah, kualifikasi-kualifikasi tersebut sangat cocok dengan tipe kepribadian ISFJ.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

5. Administrator

ISFJ sebagai staf administrasi
ISFJ sebagai staf administrasi

Dengan alasan yang sama seperti akuntan, profesi administrator juga cocok untuk ISFJ yang punya ketelitian tinggi. Meskipun jenis pekerjaan ini memang tak banyak disukai orang dan kerap kali masih dipandang sebelah mata, kenyataannya administrasi merupakan aspek penting yang dibutuhkan hampir semua perusahaan, lo. Selain itu, profesi ini juga menarik dan sangat cocok bagi kamu yang ingin bekerja di balik layar.

6. Human Resources (HR)

Staf HR bertugas mengurus SDM di suatu perusahaan

Prospek kerja selanjutnya yang cocok untuk tipe kepribadian The Protector ini adalah human resources. Tanggung jawab seorang staf HRD, antara lain menilai dan memenuhi kebutuhan karyawan, membantu karyawan baru menyesuaikan diri, melakukan orientasi karyawan, serta mengatur dan menjaga dokumen para pekerja. 

Semua tugas tersebut membutuhkan skill komunikasi, peka terhadap detail, dan pengambilan keputusan matang yang biasanya dimiliki oleh seseorang dengan karakter introversion, sensation, feeling, dan judging ini.

Itulah rekomendasi karier yang cocok untuk tipe kepribadian ISFJ. Kendati demikian, tak menutup kemungkinan juga bagi kamu untuk menekuni pekerjaan lain, termasuk yang berhubungan dengan banyak orang. Untuk meningkatkan skill dan mengembangkan kariermu, yuk, ikuti berbagai E-Learning atau Bootcamp bersama MySkill.id!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Arin Khurota