Mau Kerja di Startup? Ini 5 Skill yang Wajib Kamu Kuasai

Dewasa ini, startup atau ‘perusahaan rintisan’ berkembang semakin pesat. Kira-kira, apakah Sobat MySkill berniat untuk join ke perusahaan seperti itu? Untuk bisa kerja di startup, ada beberapa skill yang harus kamu kuasai terlebih dahulu, nih.

Penasaran? Berikut MySkill sajikan 5 skill yang perlu Sobat kembangkan jika tertarik melamar kerja di startup. Baca sampai habis supaya peluangmu meniti karier di industri perusahaan rintisan semakin besar!

1. Skill Komunikasi dan Penjualan

skill kerja di startup komunikasi dan penjualan
Kemampuan komunikasi dalam bekerja sangat penting untuk Sobat kuasai

Perusahaan umumnya mencari keuntungan dalam berbisnis, tak terkecuali dengan startup. Sekalipun suatu perusahaan mempunyai visi yang mulia, tetap saja, semua tidak terlepas dari mencari keuntungan di dalamnya. 

Ada yang mengatakan bahwa kesuksesan bisnis itu bergantung pada kepuasan kebutuhan pengguna. Dalam hal ini, peran pengguna menjadi prioritas. Nah, skill yang Sobat butuhkan dalam menghubungkan bisnis dan pengguna adalah komunikasi dan penjualan.

Sebab, kemampuan komunikasi yang baik akan menciptakan persahabatan baru, kemitraan, dan juga peluang penjualan, lo!

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

2. Critical Thinking dan Problem Solving

Critical Thinking dan Problem Solving
Serius dalam memecahkan masalah dengan berpikir kritis

Ketika bekerja di startup, biasanya Sobat akan menjumpai pilihan-pilihan yang sulit. Pilihan sulit ini hadir bukan sebagai penghalang, melainkan faktor yang mampu memajukan perusahaan. Maka dari itu, langkah tepat yang harus kamu lakukan adalah dengan menentukan pilihan.

Memilih pilihan yang tepat bukanlah perkara yang mudah. Butuh critical thinking alias ‘pemikiran kritis’ untuk melakukannya. Oleh sebab itu, Sobat harus mulai membiasakan diri berpikir kritis agar bisa menjadi seorang pemecah masalah.

Namun, bukan hanya untuk karier di startup saja, critical thinking dan problem solving juga perlu Sobat terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Percaya, deh, dengan kemampuan tersebut, kamu bakal lebih mudah melewati setiap permasalahan hidup.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Technical Skill untuk Kerja di Startup

technical skill
Kamu harus memiliki technical skill jika ingin kerja di startup

Sebagian besar startup bergerak di bidang teknologi. Jadi, technical skill benar-benar sangat dibutuhkan, Sobat. Technical skill sendiri meliputi kemampuan HTML atau CMS, bahasa pemrograman, SEO, dan sebagainya.

Untuk mengembangkan skill ini, caranya gampang, lo! Apalagi, zaman sekarang sudah canggih. Jadi, Sobat bisa memanfaatkan internet untuk mencari kursus-kursus yang menawarkan technical skill. Sumbernya udah banyak banget, kok!

Dengan bekal technical skill, perusahaan pasti akan lebih mudah menerimamu untuk membantu jalanya bisnis mereka. Gimana, Sobat? Masih ragu untuk mengembangkannya?

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

4. Kemampuan Analisis Data

kemampuan analisis data
Data telah membuka banyak peluang kerja yang relevan

Pernah dengar istilah “The Sexiest Job of the 21st Century”, gak? Jadi, istilah ini merujuk pada pekerjaan yang berhubungan dengan data science, Sobat. Pekerjaan yang satu ini mulai populer, lo, akhir-akhir iniā€”dan analisis data ini merupakan bagian dari data science

Keberadaan data yang sangat penting dalam menentukan sebuah keputusan telah membuka banyak peluang pekerjaan yang relevan. Startup pun tidak ketinggalan menjadikan data dalam menentukan arah bisnisnya. Oleh sebab itu, jika ada rencana untuk kerja di startup, skill ini patut kamu perhitungkan, nih.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

5. Menjadi Self Starter supaya Bisa Kerja di Startup

skill kerja di startup self starter dan inisiatif
Mulailah bergerak dan jadilah pribadi yang inisiatif

Istilah untuk seseorang yang sangat inisiatif biasa kita kenal sebagai self starter. Self starter ini berguna sekali untuk menunjukkan bahwa dirimu adalah pribadi yang bisa diandalkan.

Dalam hal ini, bangunlah portofolio sesegera mungkin, Sobat. Sebab, startup akan sangat menyukai orang-orang yang membuat proyek mereka sendiri. Apalagi jika proyekmu berkaitan dan mampu menguntungkan startup, auto lolos, deh, kamu.

Untuk bisa kerja di startup, Sobat perlu menguasai kelima skill di atas. Jika kamu ingin mengembangkan jenis kemampuan lainnya, MySkill punya segudang e-learning dan bootcamp, nih.

Dengan mengikuti program tersebut, niscaya, peluangmu berkarier di perusahaan rintisan bakal semakin besar. Maka dari itu, ayo bangun dan kembangkan kemampuanmu dari sekarang!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Fria Sumitro