Era yang serba digital ini memberi kemudahan bagi setiap orang untuk meraup rupiah di berbagai platform yang tersedia. Berbekal bantuan adsense yang merupakan peranakan dari Google inilah, kelak setiap pemegang channel atau creator berkesempatan menerima gaji berdasarkan angka traffic yang terkumpul. Kondisi serupa juga berlaku kepada Youtube Ads. Lantas apa saja syarat mendapatkan Youtube Ads yang harus terpenuhi?
Cari tahu lima aturan yang telah Youtube tetapkan bagi setiap content creator saat hendak memasang iklan pada platform mereka. Siapa tahu, kamu telah memenuhi kualifikasi untuk memasang Ads di sana. Check this out!
1. Pastikan Kamu Berdomisili di Wilayah yang Telah Terdaftar sebagai Partner Youtube
Pada opsi pusat bantuannya, Youtube telah merilis sederet daftar wilayah yang masuk dalam jaringan mereka. Setidaknya terdapat lebih dari 50 kawasan yang telah menjalin relasi dengan platform penayangan video paling masyhur tersebut. Untuk itu, pastikanlah terlebih dahulu apakah lokasimu saat ini telah bertaut dengan Youtube atau tidak. Bagaimana bisa beriklan kalau jaringannya saja tak tersedia di sana, bukan?
2. Tak Pernah Melanggar Ketentuan Content Merupakan Syarat Mendapatkan Youtube Ads
Layaknya platform sosial pada umumnya, Youtube pun turut memiliki kriteria sendiri bagi setiap pegiat kreatif pada laman mereka. Apabila hendak memasang adsense di sana, channel Youtube milikmu harus bebas dari segala pelanggaran, seperti violation, spam, pelecehan seksual, dan sederet report case yang bernada negatif.
Untuk menghindari hal tersebut, tentu kamu harus benar-benar memfilter jenis tayangan semacam apa yang pantas wara-wiri di kanal Youtube. Bijak menjadi creator, ya!
3. Untuk Memasang Youtube Ads Harus Punya 1.000 Subscribers?
Akumulasi angka pengikut di kanal Youtube juga masuk dalam pertimbangan apakah channel-mu telah layak memasang sebuah iklan. Pihaknya menyatakan ketersediaan pemasangan Youtube Ads hanya dapat berlangsung bila kamu telah memiliki lebih dari 1000 subscribers. Bukan tanpa sebab, semakin ramai jangkauan audiens, maka akan semakin membantu pula dalam proses pengembangan channel yang kamu punya!
Tak sulit mengumpulkan pengguna sebanyak itu, cobalah untuk memanfaatkan relasi dan keberadaan rekan sejawat untuk mendukung channel tersebut. Jangan ragu untuk mempromosikannya di berbagai platform social berbeda dengan turut menampilkan sajian tayangan yang menarik.
4. Mencapai 4.000 Jam Tayang dalam Setahun Terakhir jadi Syarat Mendapatkan Youtube Ads Lain
Selain jumlah pengikut yang cukup fantastis, kamu juga harus memperhatikan apakah jam tayang pada setiap video yang terupload telah menyentuh angka 4.000 jam dalam kurun waktu 12 bulan ke belakang. Capaian ini juga merupakan parameter untuk melihat sejauh mana keaktifan subscribers pada channel Youtube yang kamu punya.
Mengakali hal ini, kamu dapat terus produktif dengan menghasilkan sederet tayangan video menarik di pasar audiens. Bukan hanya soal kuantitas semata, tetapi juga perlu senantiasa untuk mempertimbangkan kualitas dari tayangan yang dihasilkan. Terus improve ide-ide terbaik untuk kanal Youtube milikmu!
5. Pastikan Kamu Telah Terhubung dengan Satu Akun Adsense Sebelum Menggunakan Youtube Ads
Sebelum beranjak menuju Youtube Ads, kamu harus memiliki sebuah akun adsense pada Google terlebih dahulu. Keberadaannya akan membantumu untuk menerima dana dari hasil pendapatan Youtube. Maka dari itu, baik antara Youtube dan Google Ads harus sudah bertaut. Jika ternyata belum memiliki akun, kamu akan segera diarahkan menuju laman pendaftaran Google Ads yang tersedia. Cukup mengikuti langkah-langkah yang ada, maka kamu dengan mudah akan terdaftar dalam list pengguna adsense pada Google.
Setelah melihat panduan untuk bergabung dengan Youtube Ads di atas, apakah channel Youtube milikmu telah memenuhi salah satu kualifikasi tersebut? Bila merasa belum, masih ada banyak waktu untuk mengembangkannya. Tak perlu berkecil hati. Yuk, beritahu kami suka duka menjadi content creator di Youtube dengan meninggalkan jejak digital di kolom komentar MySkill.id.
Baca Juga: Anggaran Iklan Kamu Habis dan Terbuang Secara Sia-Sia? Bisa Jadi Karena 6 Kesalahan Google Ads Ini!
Editor: Agnes Zefanya Yonatan