Arneta Aqila Arneta Rahma Aqila, 20. Mahasiswa Administrasi Publik FISIP UNDIP, angkatan 2019. Menggemari kegiatan menulis dan mengedit sejak tahun 2018 dimulai dari mengikuti berbagai perlombaan puisi yang ramai di media sosial, kini Arneta juga sedang menulis ceritanya di aplikasi Wattpad. Arneta sangat menyukai komik dan ia memiliki banyak komik yang ada dirumahnya.

5 Tips Buat Kamu Yang Ingin Menggunakan Email Marketing

2 min read

Sering kita temukan banyak marketer yang selalu menggunakan berbagai cara dalam mempromosikan produk. Terlebih lagi dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang setiap saat, menuntut para penjual untuk mampu berpikir kreatif dan menargetkan kampanye apa yang cocok. Terdapat berbagai macam cara marketing, salah satunya email marketing.

Email marketing sendiri merupakan salah satu cara marketing yang usianya paling lama dari yang lain, tetapi masih menjadi salah satu pilihan para marketer dalam mempromosikan produknya. Terlebih lagi email marketing termasuk cara paling mudah. Eits, tetapi kamu perlu mengingat bahwa menggunakan email marketing juga memiliki strategi loh!

Nah, jangan khawatir dan jangan risau juga kalau kamu ingin mencoba cara tersebut. Melalui artikel ini MySkill.id akan memperkenalkan dan mengajak kamu untuk memperdalam berbagai tips yang dapat kamu gunakan dalam email marketing. Yuk, kita perhatikan:

1.     Siapkan Dahulu Email Target Pelanggan

siapkan email target
Lakukan research mengenai pelanggan

Sebelum menggunakan email marketing persiapkan dahulu berbagai macam keperluan yang akan digunakan, terutama email para target pelanggan kamu. Lakukan research terlebih dahulu dengan menentukan target kampanye pemasaran, kemudian buat catatan tersebut dengan rapi. Setelah itu, baru kamu mencatat email para target kamu. Email tersebut dapat kamu temukan di media sosial. Jadi jangan lupa untuk persiapkan hal tersebut ya!

2.     Buatlah Segmentasi Pada Target Kamu

buat segmentasi pada target
Segmentasikan target kamu

Setelah kamu melakukan pemasaran melalui email dan mendapatkan feedback dari pelanggan, buatlah catatan untuk mensegmentasikan keinginan dari target kamu. Para pelanggan pasti memiliki keinginan yang berbeda dan tentunya dengan menggunakan cara ini akan mempermudah kamu dalam mengenali apa yang diinginkan oleh pelanggan. Selain itu, dengan kamu melakukan segmentasi akan mendorong efektivitas dan efisiensi kamu dalam melakukan email marketing.

3.     Tuangkan Kreativitas Dalam Judul Email Marketing Untuk Menarik Pelanggan

buat judul email marketing secara kreatif
Ayo buat judul yang menarik

Langkah berikutnya adalah buatlah judul yang menarik perhatian pelanggan. Tuangkan kreativitas melalui pembuatan judul promosi produk kamu. Kamu dapat menuliskan judul tersebut melalui subject email, body email, maupun Call To Action (CTA). Eits, tetapi jangan lupa untuk menyesuaikan judul dengan target segmentasi yang telah kamu buat sebelumnya ya!

Baca juga : Hati-Hati! Hindari 4 Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Digital Marketing!

4.     Ingat, Tetap Bangun Komunikasi Yang Baik

bangun komunikasi yang baik
Berikan pelayanan terbaik kamu

Komunikasi yang baik adalah kunci utama dalam memasarkan produk kamu. Ingat bahwa pelanggan adalah raja. Jika kamu mampu untuk melayani dengan baik pasti pelanggan kamu akan merasa nyaman dan tentunya membuat suasana menjadi lebih nyaman. Jadi jangan lupa untuk selalu berkomunikasi dengan baik ya!

5.     Evaluasi Mendorong Efektivitas Email Marketing

evaluasi email marketing kamu
Ayo lakukan evaluasi!

Setelah semuanya telah kamu lakukan, langkah terakhir adalah melakukan evaluasi. Meski hal ini sangat sederhana tetapi banyak yang melupakan pentingnya evaluasi dalam penjualan. Dengan melakukan evaluasi kamu dapat memantau kembali apakah strategi pemasaran kamu sudah sesuai target. Bahkan kamu dapat melakukan perbaikan dan menambah ide baru karena evaluasi tersebut.

Itulah 5 tips dalam penggunaan email marketing. Jika kamu ingin belajar lebih banyak mengenai cara pemasaran secara digital maupun strategi dari membuat konten yang menarik, sobat MySkill.id bisa mempelajarinya lebih lanjut melalui kelas yang ditawarkan oleh MySkill.id. Kamu bisa mengakses kelas “Membuat Strategi Konten Untuk Pemasaran”.

Di kelas ini kamu akan memperoleh modul lengkap dan mempelajari berbagai macam hal mengenai memahami Insight & merancang strategi, memetakan tahap interaksi audiens, merancang konten di setiap tahap, mengenali media distribusi konten, menentukan format konten, mengevaluasi keberhasilan, dan sebagainya. Menarik bukan! Jadi jangan lupa ya!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Editor : Apreliani Dwiastuti

Baca juga : Wajib Dicoba! 5 Teknik Online Marketing Paling Efektif untuk Bisnis

Arneta Aqila Arneta Rahma Aqila, 20. Mahasiswa Administrasi Publik FISIP UNDIP, angkatan 2019. Menggemari kegiatan menulis dan mengedit sejak tahun 2018 dimulai dari mengikuti berbagai perlombaan puisi yang ramai di media sosial, kini Arneta juga sedang menulis ceritanya di aplikasi Wattpad. Arneta sangat menyukai komik dan ia memiliki banyak komik yang ada dirumahnya.