6 Tips Melamar Kerja bagi Fresh Graduate, Perlu Kamu Coba!

Bagi fresh graduate, peralihan dari masa perkuliahan ke dunia kerja tentunya bukan hal yang mudah. Dengan minimnya pengalaman, kamu harus cerdik dalam memanfaatkan sumber daya untuk mendapat pekerjaan yang sesuai dengan minat dan skill yang kamu miliki. Oleh karena itu, MySkill akan membagikan tips melamar kerja yang diharapkan dapat membantu fresh graduate sepertimu. Yuk, simak!

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

1. Siapkan CV Terbaikmu 

tips melamar kerja
Pelajari bagaimana membuat CV yang baik dan benar

Tips melamar kerja yang pertama adalah menyiapkan CV terbaik yang kamu punya. Sebagai orang yang baru terjun dalam dunia pencarian kerja, curriculum vitae (CV) merupakan modal kuat yang harus kamu manfaatkan sebaik mungkin. Bagi fresh graduate, tidak ada salahnya untuk memasukkan semua pengalaman yang kamu punya dari bangku perkuliahan. Pengalaman organisasi, kepanitiaan, lomba, volunteer, apa pun itu yang mungkin menambah nilai di CV-mu.

Bukan tidak mungkin, setiap pengalaman tersebut bisa menceritakan suatu kualitas yang mungkin memang dicari perusahaan. Nantinya, saat tahap wawancara, barulah kamu bisa memaparkan pengalaman-pengalaman itu dan menghubungkannya dengan posisi yang kamu lamar.

Namun, perlu kamu ingat juga bahwa CV yang kamu gunakan sebaiknya spesifik. Hindari menggunakan satu CV untuk semua lamaran kerja. Intinya, kamu perlu menelaah CV-mu berulang kali sebelum melamar pekerjaan di bidang atau tempat yang berbeda.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

2. Melamar Sebelum Kelulusan

melamar kerja sebelum lulus
Tidak perlu menunggu lulus untuk melamar kerja

Bagi kamu yang tidak ingin menganggur lama setelah lulus dari bangku kuliah, maka alangkah baiknya kamu mulai mencari lowongan dan melamar kerja menjelang kelulusanmu. Tidak perlu menunggu lulus terlebih dahulu karena proses screening biasanya akan memakan waktu yang cukup lama.

Jika mulai melamar di semester akhir masa kuliah, maka kemungkinan kamu bisa direkrut tak lama setelah kelulusan akan semakin besar. Dengan begitu, kamu tidak perlu menganggur lama setelah wisuda. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, bukan?

3. Jangan Terlalu Pemilih

tidak memilih pekerjaan
Hindari memasang standar terlalu tinggi saat melamar kerja pertama kali

Semua orang tentunya ingin mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan, tak terkecuali fresh graduate. Kendati demikian, ketika kesempatan berharga menghampirimu, ada baiknya kamu tidak menolaknya. Sebab hal ini bisa kamu pertimbangkan sebagai pengalaman kerja awal atau batu loncatan untuk karier selanjutnya.

Oleh karena itu, lamarlah pekerjaan di banyak perusahaan sesuai dengan bidang yang kamu inginkan. Bila perlu, kamu bisa membuat daftar setiap harinya untuk melamar di beberapa perusahaan. Lakukan dengan konsisten dan yang terpenting, jangan mudah putus asa.

4. Cek Relasi

tips melamar pekerjaan adalah jalin relasi
Networking adalah salah satu tips melamar kerja yang penting

Tips melamar kerja bagi fresh graduate yang selanjutnya adalah membangun relasi atau networking. Saat hendak memasukkan lamaran, kamu bisa mengecek terlebih dahulu, apakah ada alumni kampus atau kenalanmu yang bekerja di perusahaan itu juga?

Jika ada, maka kamu bisa bertanya pada orang tersebut untuk memahami kriteria kandidat seperti apa yang diinginkan oleh perusahaan yang hendak kamu lamar. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui lebih dalam tentang seluk beluk perusahaan itu, seperti kesempatan berkembang, budaya perusahaan, dan sebagainya.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

5. Bersihkan Media Sosial

bersihkan sosial media
Buatlah kesan yang baik pada media sosialmu

Meski kelihatannya sepele, tetapi media sosial merupakan salah satu aspek penting yang perlu kamu perhatikan saat melamar kerja, khususnya sebagai fresh graduate. Pasalnya, tidak sedikit recruiter yang akan mencari informasi pelamarnya lewat media sosial. 

Mereka akan menarik first impression berdasarkan apa yang terlihat pada media sosialmu. Oleh karena itu, jangan sampai ada hal-hal yang tidak sopan di profilmu. Selain membagikan pengalaman yang positif saja, akan lebih baik lagi jika Sobat bisa belajar personal branding untuk menciptakan citra yang baik di mata perekrut.

6. Latihan Interview

latihan wawancara
Kepercayaan diri penting dalam wawancara kerja

Tips melamar kerja yang terakhir adalah latihan interview. Setelah mengirim dokumen lamaranmu, jangan lupa juga mempersiapkan diri untuk wawancara nanti, sebab tahap ini adalah tahap terpenting dalam melamar pekerjaan. Bukan hanya menganalisis tentang pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ditanyakan, tetapi kamu juga bisa mencoba mempraktikkannya di depan cermin.

Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa meningkatkan kepercayaan diri dan mengetahui aspek mana yang bisa kamu tingkatkan. Selain itu, kamu juga bisa melihat kembali kelebihan dan kekuranganmu. Saat memaparkan kekuranganmu pada HRD nanti, jangan lupa juga untuk mengiringinya dengan cara mengatasi hal tersebut dengan skill yang kamu miliki.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Itulah 6 tips melamar kerja bagi fresh graduate yang diharapkan dapat bermanfaat untuk proses pencarian kerjamu. Jangan lupa untuk menunjukkan sikap percaya dirimu, tetapi tetap rendah hati. Sebab, sifat inilah yang memungkinkanmu untuk terus berkembang.

Sebagai informasi tambahan, MySkill menyediakan berbagai macam kelas yang tentunya dapat membantumu dalam pengembangan karier. Contohnya, kelas mengenai langkah Sukses Menghadapi Wawancara Kerja yang bisa kamu ikuti agar interview-mu berjalan lancar.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Arin Khurota