Bidang Usaha yang Menjanjikan di Masa Pandemi, Apa Saja?

Semenjak adanya pandemi Covid-19, para pelaku bidang usaha mulai mengalami penurunan keuntungan. Tidak sedikit dari mereka yang harus kehilangan para pekerja hingga terpaksa menutup usahanya karena kebijakan PPKM.

Namun, siapa sangka? Beberapa pelaku bisnis di luar sana justru berhasil meraup keuntungan berlipat selama masa pandemi. Hal tersebut membuktikan bahwa pandemi dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi sebagian orang.

Nah, untuk mengisi waktu luang di sela-sela work from home, tidak ada salahnya kamu juga ikut mencoba beberapa bisnis sederhana yang terbukti menguntungkan. Berikut adalah 5 rekomendasi bidang usaha yang menjanjikan di masa pandemi.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

1. Bisnis Pulsa, Paket Data, dan E-Payment

Bidang Usaha
Paket data dan e-payment sebagai bisnis menjanjikan di masa pandemi

Sebelum virus korona merebak di seluruh dunia, era digital sebenarnya telah lebih dulu menjadikan pulsa dan paket data sebagai kebutuhan primer bagi mayoritas penduduk.

Ketika masa pandemi tiba, seluruh aspek kehidupan masyarakat yang semula tatap muka beralih menjadi virtual, mulai dari pembelajaran, pekerjaan, dan lain-lain.

Bahkan, seminar dan pelatihan pun kini turut dilaksanakan secara online. Hal tersebut semakin membuka peluang bagi usaha jual beli pulsa dan paket data untuk menjadi salah satu bidang usaha yang menjanjikan.

Selain modal yang kecil, berjualan pulsa dan paket data juga tergolong mudah, sehingga siapa pun bisa menjalankan usaha ini. Agar lebih lengkap, kamu bisa menambah layanan jasa e-payment untuk pembayaran listrik, PDAM, dan lain-lain.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

2. Jasa Desain Grafis

Bidang Usaha
Jasa desain grafis untuk online shop menjadi bisnis yang menjanjikan di masa pandemi

Kebijakan lockdown dan pembatasan kegiatan selama masa pandemi mendorong sejumlah bisnis untuk beralih memasarkan produknya secara online. Mengingat, hampir semua orang enggan keluar rumah dan memilih untuk berbelanja lewat e-commerce.

Pada dunia bisnis online, content marketing yang menarik seolah menjadi nyawa dan penentu keberhasilan dalam pemasaran sebuah produk. Tak heran, banyak pelaku bisnis yang berupaya membuat tampilan produknya semenarik mungkin.

Itulah alasan mengapa desain grafis menjadi salah satu bidang usaha yang menjanjikan. Kamu bisa menawarkan jasa kepada pegiat online shop atau UMKM untuk pembuatan logo, stiker, dan desain packaging agar bisnis mereka terlihat semakin berkualitas.

Untuk mengawali karier dan mempermudah mendapat job, kamu bisa mengunggah portofolio atau hasil desainmu melalui Instagram serta media sosial lainnya.

Tak perlu khawatir kalau kamu belum berpengalaman di dunia desain, kamu bisa mencoba untuk berkreasi lewat aplikasi yang pemula friendly, seperti Canva dan PicsArt.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

3. Bidang Usaha Kuliner dan Frozen Food

Bidang Usaha
Kuliner merupakan usaha yang menjanjikan sepanjang masa

Selama masa pandemi, masyarakat memilih untuk mengurangi frekuensi makan di tempat umum. Hal ini menyebabkan usaha kuliner seperti kafe dan restoran menjadi salah satu bisnis yang paling terdampak dan mengalami penurunan pendapatan secara drastis.

Meski demikian, kuliner masih memiliki peluang besar untuk menjadi salah satu usaha yang menjanjikan di masa pandemi. Kamu hanya perlu sedikit mengubah strategi seperti bekerja sama dengan layanan pesan antar atau memasarkannya secara online di media sosial.

Selain itu, bisnis kuliner yang terbukti menguntungkan adalah bisnis makanan beku atau frozen food, karena dalam situasi pandemi, masyarakat cenderung membeli bahan makanan yang mudah dimasak dan tahan lama.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

4. Bidang Usaha Produk Fashion, Skincare, dan Kosmetik

Permintaan produk fashion, skincare, dan kosmetik meningkat selama pandemi

Peluang usaha yang menjanjikan di masa pandemi selanjutnya yakni produk fashion, skincare, dan kosmetik. Penutupan mal dan pusat perbelanjaan membuka kesempatan untuk kamu mempromosikan bisnis ini secara online melalui media sosial dan e-commerce.

Salah satu alasan mengapa usaha fashion, skincare, dan kosmetik semakin tinggi peminat yakni orang-orang memiliki lebih banyak waktu luang untuk merawat diri, terlebih banyak beauty vlogger yang menciptakan dan mengikuti berbagai tren make up.

Di antara produk skincare dan kosmetik yang recommended untuk kamu jual yakni face mist, sheet mask, moisturizer, lip tint, dan masih banyak lagi, sedangkan untuk jenis fashion, kamu bisa menjual produk kaos, hoodie, dan pakaian santai untuk dipakai selama di rumah.

Baca juga: 5 Inovasi Digital Marketing agar UMKM Semakin Berkembang!

5. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Menjadi reseller atau dropshipper untuk meminimalisir risiko bisnis

Jika kamu baru saja memulai karier sebagai pebisnis, menjadi reseller atau dropshipper sepertinya adalah pilihan yang tepat. Selain hanya butuh modal yang kecil, seorang reseller atau dropshipper juga minim risiko saat terjadi kerugian dalam bisnis.

Adapun beberapa barang yang bisa kamu jual yakni kebutuhan pokok, produk kesehatan seperti masker, hand sanitizer, set alat makan seperti sendok, garpu, botol minum pribadi, sedotan stainless, dan lain-lain.

Itulah 5 bidang usaha yang menjanjikan di masa pandemi. Sejauh ini, memang mayoritas bisnis online memiliki peluang yang lebih menjanjikan, mengingat kondisi Covid-19 kurang memungkinkan masyarakat untuk selalu berbelanja secara offline.

Oleh karena itu, yuk, gabung kelas Pemasaran Digital bersama MySkill.id agar semakin paham tentang strategi menggunakan media sosial dan e-commerce!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Deden Usman Hafidi