10 Bahasa Pemrograman Dasar Terpopuler yang Wajib Dikuasai!

Bahasa pemrograman adalah alat yang digunakan untuk menulis instruksi-instruksi yang diperlukan untuk menjalankan program komputer. Ada banyak bahasa pemrograman yang tersedia, tetapi beberapa di antaranya lebih populer daripada yang lain. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 bahasa pemrograman dasar terpopuler yang penting untuk kita ketahui.

1. Python

Python adalah bahasa pemrograman yang serbaguna dan mudah dipelajari. Ini digunakan dalam berbagai bidang, termasuk pengembangan web, analisis data, kecerdasan buatan, dan pengembangan perangkat lunak.

2. Java

Java adalah bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk pengembangan perangkat lunak, permainan, dan aplikasi web. Java juga digunakan dalam pengembangan aplikasi Android.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

3. JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi web interaktif. Ini bekerja di sisi klien (di browser) dan di sisi server (dengan Node.js).

4. C

C# adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Ini digunakan untuk pengembangan aplikasi Windows, permainan, dan aplikasi web menggunakan platform .NET.

5. C++

C++ adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak, permainan, dan sistem operasi. Ini adalah bahasa pemrograman yang lebih kompleks dan kuat dibandingkan dengan C.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

6. PHP

PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengembangan situs web dinamis. Ini bekerja dengan server web seperti Apache dan dapat berintegrasi dengan database seperti MySQL.

7. Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman yang fokus pada kesederhanaan dan produktivitas. Ini sering digunakan dalam pengembangan web dengan kerangka kerja Ruby on Rails.

8. Swift

Swift adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Apple untuk pengembangan aplikasi iOS, macOS, watchOS, dan tvOS. Ini dirancang untuk menjadi lebih aman, lebih cepat, dan lebih mudah dipelajari daripada bahasa sebelumnya yang digunakan untuk pengembangan aplikasi Apple, yaitu Objective-C.

9. SQL

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengelola dan mengambil data dari database. Ini digunakan dalam pengembangan aplikasi database dan aplikasi web yang membutuhkan interaksi dengan database.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

10. HTML/CSS

HTML (HyperText Markup Language) dan CSS (Cascading Style Sheets) bukanlah bahasa pemrograman dalam arti sejati, tetapi penting untuk pembuatan halaman web. HTML digunakan untuk membuat struktur halaman web, sedangkan CSS digunakan untuk mengatur tampilan dan gaya halaman web.

Kesimpulan

Itu adalah 10 bahasa pemrograman dasar terpopuler yang penting untuk kita ketahui. Meskipun ada banyak bahasa pemrograman lainnya, familiaritas dengan bahasa-bahasa ini dapat memberikan kita dasar yang kuat untuk memulai belajar bahasa pemrograman yang lebih lanjut sesuai dengan minat dan kebutuhanmu. Jika tertarik untuk mempelajari bahasa pemrograman, mulailah dengan salah satu bahasa pemrograman dasar ini dan teruslah belajar untuk mengembangkan keterampilan pemrogramanmu.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan