Apa itu Navigasi Website? Contoh & Cara Buatnya

Navigasi website adalah sistem yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi dan berpindah antara berbagai halaman atau bagian dalam sebuah situs web. Ini termasuk menu, tautan, dan elemen-elemen interaktif lainnya yang dirancang untuk memudahkan pengguna menemukan informasi yang mereka cari dengan cepat dan mudah.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Mengapa Navigasi Website Penting?

Navigasi yang baik merupakan bagian integral dari pengalaman pengguna yang sukses di sebuah situs web. Ini membantu pengguna untuk:

  1. Menemukan Informasi dengan Mudah: Navigasi yang intuitif memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menemukan apa yang mereka cari tanpa harus bingung atau kebingungan.
  2. Meningkatkan Retensi Pengguna: Dengan navigasi yang efektif, pengguna lebih cenderung untuk tetap berada di situs web lebih lama karena mereka tidak kesulitan mencari informasi yang mereka butuhkan.
  3. Meningkatkan Keterlibatan: Navigasi yang baik membantu pengguna menjelajahi berbagai halaman dalam situs web, meningkatkan keterlibatan mereka dengan konten kita.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Komponen Utama Navigasi Website

  1. Menu Navigasi Utama: Ini adalah menu yang biasanya terletak di bagian atas atau samping situs web. Ini berisi tautan-tautan utama ke halaman-halaman penting seperti Beranda, Tentang Kami, Layanan, Produk, dan Kontak.
  2. Tautan Footer: Tautan-tautan ini biasanya ditempatkan di bagian bawah situs web dan mencakup tautan-tautan ke halaman-halaman penting lainnya serta informasi kontak dan hak cipta.
  3. Breadcrumbs: Ini adalah alat navigasi tambahan yang menunjukkan kepada pengguna tempat mereka berada di situs web. Misalnya, “Beranda > Produk > Kategori > Produk Spesifik”.
  4. Pencarian: Sebuah kotak pencarian memungkinkan pengguna untuk mencari informasi tertentu dalam situs web.

Cara Membuat Navigasi Website yang Efektif

  1. Pertimbangkan Pengalaman Pengguna: Buatlah navigasi yang mudah dipahami dan intuitif. Pastikan pengguna dapat menemukan apa yang mereka cari dengan cepat dan mudah.
  2. Gunakan Desain Responsif: Pastikan navigasi kita terlihat dan berfungsi dengan baik di berbagai perangkat, mulai dari desktop hingga ponsel pintar.
  3. Pilih Struktur Navigasi yang Tepat: Susun menu dan tautan-tautan dengan cara yang logis dan terorganisir. Gunakan kategori dan subkategori untuk membantu pengguna menemukan informasi dengan lebih mudah.
  4. Uji Coba dan Tinjau: Lakukan pengujian pengguna untuk melihat bagaimana mereka berinteraksi dengan navigasi kita. Tinjau analitik untuk melihat apakah ada halaman yang kurang diakses atau masalah navigasi lainnya.

Contoh Navigasi Website yang Baik

  1. Google: Navigasi sederhana dengan menu dropdown yang mudah dipahami dan pencarian yang kuat.
  2. Amazon: Struktur navigasi yang terorganisir dengan baik dengan kategori dan subkategori yang jelas.
  3. Apple: Navigasi yang ramping dengan fokus pada produk utama mereka, dengan tautan ke layanan dan dukungan di bagian bawah.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca Graphic Designer di sini.

Dengan memahami pentingnya navigasi website dan menerapkan prinsip-prinsip dasarnya, kita dapat menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik dan meningkatkan kesuksesan situs web kita.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill