Cara Membuat Link Dofollow/No Follow di WordPress

Dalam dunia SEO, penggunaan link dofollow dan nofollow adalah salah satu strategi penting yang dapat mempengaruhi peringkat situs web kita di mesin pencari. Mengetahui perbedaan dan cara membuat kedua jenis link ini di WordPress dapat membantu kita mengelola SEO situs dengan lebih efektif. Berikut adalah panduan lengkap mengenai link dofollow dan nofollow serta cara membuatnya di WordPress.

Perbedaan Link Nofollow dan Dofollow

Link Dofollow adalah link yang memungkinkan mesin pencari untuk mengikuti dan memberikan nilai (link juice) ke halaman yang dituju. Ini berarti bahwa link dofollow dapat membantu meningkatkan peringkat SEO dari situs yang kita tautkan.

Link Nofollow, sebaliknya, adalah link yang memberi instruksi kepada mesin pencari untuk tidak mengikuti link tersebut atau memberikan nilai SEO kepada halaman yang dituju. Nofollow link sering digunakan untuk mencegah spam dan menjaga agar peringkat SEO tidak terpengaruh oleh link yang tidak relevan atau tidak terpercaya.

Manfaat Dofollow dan Nofollow Link

Link Dofollow:

  1. Meningkatkan SEO – Dofollow link membantu meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari dengan memberikan nilai SEO.
  2. Meningkatkan Trafik – Link dofollow dapat membawa lebih banyak trafik dari situs web yang relevan dan berkualitas.
  3. Membangun Reputasi – Dengan memberikan link dofollow kepada situs web yang terpercaya, kita dapat membangun reputasi dan kredibilitas.

Link Nofollow:

  1. Mencegah Spam – Nofollow link digunakan untuk mencegah spam dan melindungi situs dari link yang tidak diinginkan.
  2. Mengontrol SEO – Dengan menggunakan link nofollow, kita dapat mengontrol link mana yang ingin diberi nilai SEO dan mana yang tidak.
  3. Keamanan – Nofollow link dapat digunakan untuk menghubungkan situs ke sumber yang mungkin tidak terpercaya tanpa mengorbankan peringkat SEO kita.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Cara Membuat Link Dofollow & Nofollow

Link Dofollow:
Secara default, semua link yang dibuat di WordPress adalah dofollow. Untuk membuat link dofollow, cukup tambahkan link seperti biasa di editor WordPress:

  1. Masuk ke editor WordPress.
  2. Sorot teks yang ingin kita tambahkan link.
  3. Klik ikon link (rantai) di toolbar.
  4. Masukkan URL yang diinginkan dan tekan Enter.

Link Nofollow:
Untuk membuat link nofollow, kita perlu menambahkan atribut rel="nofollow" ke dalam kode HTML link. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke editor WordPress.
  2. Sorot teks yang ingin kita tambahkan link.
  3. Klik ikon link (rantai) di toolbar.
  4. Masukkan URL yang diinginkan dan tekan Enter.
  5. Beralih ke mode teks (HTML) di editor.
  6. Tambahkan rel="nofollow" dalam tag anchor link, misalnya:
   <a href="http://example.com" rel="nofollow">Example</a>

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Membuat Nofollow Link di Seluruh Komentar

Untuk membuat semua link di komentar menjadi nofollow, kita dapat menggunakan plugin atau menambahkan kode ke dalam file functions.php di tema WordPress kita. Berikut adalah cara menggunakan plugin:

  1. Instal dan aktifkan plugin “NoFollow for External Link”.
  2. Setelah diaktifkan, plugin akan otomatis menambahkan atribut rel="nofollow" ke semua link eksternal di komentar.

Penutup

Memahami perbedaan antara link dofollow dan nofollow serta cara membuatnya di WordPress adalah keterampilan penting dalam mengelola SEO situs web. Dengan mengikuti panduan ini, kita dapat lebih efektif dalam mengontrol nilai SEO yang diberikan kepada link yang kita buat, serta menjaga situs web kita dari spam dan link yang tidak diinginkan. Manfaatkan kedua jenis link ini sesuai kebutuhan untuk mendapatkan hasil terbaik dalam strategi SEO kita.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill