Cara Membuat Website Multibahasa di WordPress

Dalam era globalisasi ini, memiliki situs web yang dapat diakses dalam beberapa bahasa adalah langkah strategis untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan WordPress, salah satu platform manajemen konten paling populer di dunia, membuat website multibahasa menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Artikel ini akan membahas keuntungan membuat website multibahasa, apakah Anda perlu melakukannya, dan beberapa plugin populer yang dapat digunakan untuk mencapainya.

Keuntungan Membuat WordPress Multibahasa
  1. Mendapat Lebih Banyak Traffic: Dengan menyediakan konten dalam berbagai bahasa, website Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang berbicara dalam bahasa yang berbeda, yang berpotensi meningkatkan lalu lintas situs.
  2. Menjangkau Lebih Banyak Audiens: Dengan memiliki versi situs web yang tersedia dalam beberapa bahasa, Anda dapat menjangkau audiens internasional dan memperluas basis pengguna Anda.
Apakah Anda Perlu Membuat Multibahasa di Website?

Keputusan untuk membuat situs web multibahasa tergantung pada jenis bisnis dan audiens Anda. Jika bisnis Anda memiliki audiens yang berbicara dalam beberapa bahasa atau beroperasi di pasar global, maka membuat website multibahasa akan sangat bermanfaat.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Cara Membuat Multibahasa di WordPress

Ada beberapa cara untuk membuat situs web multibahasa di WordPress, tetapi penggunaan plugin adalah salah satu metode paling populer dan efektif. Berikut adalah beberapa plugin yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Transposh: Plugin ini memungkinkan Anda untuk menerjemahkan konten situs web Anda secara otomatis menggunakan layanan terjemahan online. Selain itu, pengguna dapat menyunting terjemahan secara manual.
  2. Polylang: Polylang memungkinkan Anda membuat situs web multibahasa dengan mudah dengan menambahkan terjemahan untuk setiap entri, halaman, kategori, dan tag.
  3. Weglot: Plugin ini menawarkan solusi terjemahan otomatis dan profesional untuk website WordPress Anda. Ini menyediakan integrasi yang mudah dan cepat serta dukungan terjemahan manusia.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Jadi, Mana Cara yang Terbaik?

Pilihan plugin terbaik untuk membuat situs web multibahasa tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Transposh cocok untuk pengguna yang mencari solusi otomatis dengan opsi penyuntingan manual, sementara Polylang menawarkan pendekatan yang lebih sederhana dan ramah pengguna. Weglot, di sisi lain, merupakan pilihan yang baik untuk pengguna yang menginginkan terjemahan profesional dengan dukungan manusia.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Kesimpulan

Membuat situs web multibahasa di WordPress bukan hanya tentang meningkatkan aksesibilitas dan keterlibatan pengguna, tetapi juga tentang menjangkau audiens global dan meningkatkan visibilitas merek Anda di pasar internasional. Dengan menggunakan plugin yang tepat, kita dapat dengan mudah menerjemahkan dan mengelola konten dalam beberapa bahasa, membuka peluang baru bagi pengembangan bisnis online kita.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/