Geographical Pricing: Definisi, Jenis, dan Manfaatnya

Definisi Geographical Pricing

Geographical Pricing adalah strategi penetapan harga di mana perusahaan menetapkan harga produk atau layanan berdasarkan lokasi geografis konsumen. Strategi ini mempertimbangkan perbedaan biaya, permintaan, dan faktor-faktor lain yang berbeda antara wilayah atau negara yang berbeda.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Jenis-Jenis Geographical Pricing

  1. F.O.B. Origin Pricing: Dalam jenis ini, harga produk ditetapkan berdasarkan lokasi pabrik atau gudang perusahaan. Biaya pengiriman dan risiko kerugian selama pengiriman ditanggung oleh pembeli.
  2. Uniform Delivered Pricing: Dalam jenis ini, harga produk termasuk biaya pengiriman dan ditetapkan sama untuk semua wilayah. Perusahaan menanggung biaya pengiriman dan menetapkan harga yang sama untuk semua konsumen, tidak peduli di mana mereka berada.
  3. Zone Pricing: Dalam jenis ini, wilayah geografis dibagi menjadi zona-zona, dan harga produk ditetapkan berdasarkan zona. Zona-zona yang lebih dekat ke pusat distribusi mungkin memiliki harga yang lebih rendah daripada zona-zona yang lebih jauh.
  4. Basing-Point Pricing: Dalam jenis ini, harga produk ditetapkan berdasarkan harga dasar di suatu titik tertentu, yang disebut titik referensi. Biaya pengiriman dihitung berdasarkan jarak dari titik referensi tersebut.
  5. Freight Absorption Pricing: Dalam jenis ini, perusahaan menanggung biaya pengiriman sebagian atau sepenuhnya. Harga produk tetap sama di semua wilayah, tetapi biaya pengiriman ditanggung perusahaan.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut.

Manfaat Geographical Pricing

  1. Pengakomodasian Perbedaan Biaya: Geographical Pricing memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan harga dengan perbedaan biaya seperti biaya transportasi, pajak, dan regulasi di berbagai wilayah.
  2. Penyesuaian terhadap Permintaan: Strategi ini memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan harga dengan tingkat permintaan yang berbeda di berbagai wilayah. Harga dapat dinaikkan di daerah dengan permintaan tinggi dan diturunkan di daerah dengan permintaan rendah.
  3. Peningkatan Keuntungan: Dengan menyesuaikan harga berdasarkan wilayah, perusahaan dapat meningkatkan keuntungan dengan menetapkan harga yang optimal untuk setiap pasar.
  4. Peningkatan Daya Saing: Geographical Pricing memungkinkan perusahaan untuk bersaing lebih baik dengan pesaing di berbagai wilayah dengan menyesuaikan harga mereka dengan kondisi pasar lokal.
  5. Penetrasi Pasar: Dengan menawarkan harga yang kompetitif di berbagai wilayah, perusahaan dapat memperluas pangsa pasar mereka dan mencapai lebih banyak konsumen.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Geographical Pricing adalah strategi yang penting dalam penetapan harga yang mempertimbangkan faktor-faktor geografis yang berbeda di berbagai wilayah. Dengan menggunakan strategi ini secara efektif, perusahaan dapat meningkatkan keuntungan, memperluas pasar, dan meningkatkan daya saing mereka di pasar global.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan